by

Cara Mengencangkan Komstir Motor dan Perawatannya

Apabila bagian kemudi sepeda motor kamu sudah mulai goyang, bisa dipastikan komstir motor kamu sudah kendur. Berikut kita ulas cara mengencangkan komstir motor.

Sebelum mengetahui cara menyetel komstir motor ada baiknya kamu tahu dulu apa itu komstir. Komstir terletak pada bagian leher kemudi motor. Bagian ini sangat penting fungsinya.

Komstir terdiri dari dua bagian yakni bagian bawah dan bagian atas. Jika komstir atau kom leher mengalami kerusakan bisa di rasakan pengendara seperti kemudi yang berat atau malah kemudi jadi goyang (oblak)

Penyakit komstir memiliki beberapa penyakit seperti terlalu kendor atau terlalu kencang. Ciri-ciri kerusakan pada komstir hanya ada 2 yakni terlalu kencang atau kendur.

Bila komstir motor terlalu kencang, maka kemudi motor akan terasa belok sendiri pada saat berada dibelokan dalam kecepatan rendah,sedang,dan tinggi.

Variasi kekencangan komstir bisa mengakibatkan pengendara susah dalam menghandle performa kecepatan dalam berakurasi.

Akibatnya bisa menyebabkan kecelakaan karena pengendara sulit mengontrol motor saat terjadi insiden yang mungkin di luar dugaan dalam kecepatan tinggi.

Sedangkan apabila komstir terlalu kendor, saat mesin normal di kecepatan sedang, kamu tidak akan merasakan apa-apa dan pada kecepatan tinggi pun sama.

Akan tetapi kamu akan merasakan ketika bertemu polisi tidur atau lubang-lubang yang cukup memberikan guncangan pada sepeda motor saat kita berkendara, stang terasa goyang atau terdapat bunyi benturan pada saat di jalan yang berlobang atau rusak.

Baca juga  Gadai Motor Tanpa BPKB, Ini Langkah-Langkahnya!

Langkah-Langkah Mengencangkan Komstir Motor

Cara Mengencangkan Komstir Motor
Putar pakai obeng pipih dan ketok palu

Jika kamu belum pernah melakukan penyetelan komstir, pada dasarnya Cara mengencangkan komstir motor MegaPro atau motor naked lainnya sangatlah mudah. Oleh karenanya, tidak perlu ke bengkel. Cukup lakukan di rumah.

Mekanik Satria Restoration, Jainur Rohim mengatakan, bahwa menyetel komstir motor bisa dilakukan dengan cara memutar atau mengencangkan mur setelan yang posisinya di bagian bawah segitiga kemudi motor.

“Di bawah segitiga ada mur setelan yang ada semacam gerigi, itu bisa disetel sesuai keinginan pemilik motor,” ujar Jainur Rohim yang biasa dipanggil Mas Nur itu.

Disampaikan oleh Mas Nur, penyetelan komstir bisa menggunakan kunci khusus. Kalau tidak punya, bisa pakai obeng pipih lalu digetok dengan palu secara perlahan

“Di mur itu setelan ada semacam sekat, ujung obeng bisa mendorong mur supaya mutar dengan cara digetok pakai palu,” jelas Mas Nur.

Untuk hal ini Mas Nur mewanti-wanti, agar menggunakan obeng secara perlahan agar mur tidak berputar secara cepat. Setel komstir jangan terlalu kencang, supaya kemudi motor tidak keras saat dibelokkan. Cara tersebut merupakan langkah darurat yang bisa kamu lakukan saat ingin mengencangkan komstir motor kamu.

Baca juga  Mesin Juga Butuh Adaptasi, Begini Inreyen Motor Baru yang Benar!

Sebaiknya, untuk penyetelan komstir dilakukan dengan menggunakan kunci khusus untuk menyetel komstir motor.

“Kalau pakai obeng yang digetok resikonya mur setelan komstir bisa rusak, maka sebaiknya pakai kunci khusus atau getok secara perlahan-lahan saja,” tukas Mas Nur.

Lalu bagaimana cara mengencangkan komstir motor Beat atau motor matik lainnya? 

Sesungguhnya tidak ada perbedaan cara mengencangkan komstir motor. Bedanya jika motor jenis skuter matik kamu harus membuka cover leher motor matik dahulu. Langkah yang disebutkan di atas, bisa untuk motor apapun. Tahapannya juga sama.

Cara Mengganti Komstir Motor

Cara Mengencangkan Komstir Motor
Cara penggantian komstir cukup mudah

Apabila dengan cara menyetel di atas kemudi motor kamu masih berasa goyang dan tidak stabil, ada kemungkinan bearing komstir kamu sudah rusak.

Coba lakukan pengecekan pelor (ball bearing) pada bagian atas dan bawah leher motor. Biasanya, pelor yang sering mengalami masalah (haus) bukan pada bagian dudukannya.

Jika memang sudah tidak mungkin diperbaiki, segera lakukan penggantian bearing komstir motor kamu.

Berikut adalah cara mengganti bearing komstir motor:

  • Bongkar bagian komstir dan lepaskan bagian komponen komstir motor.
  • Oleskan terlebih dahulu stemplet atau gemuk di tempat bearing atau pelor diletakkan pada bagian komstir.
  • Atur posisi pelor dengan rata, jangan sampai ada celah, yang akan mengakibatkan komstir bisa goyang.
  • Pasang kembali komstir pada bagian leher motor dengan perlahan, agar pelor yang sudah di bubuhi stemplet atau gemuk tidak bergeser atau lepas.
  • Kencangkan kembali 2 buah bearing yang menjadi pengikat komstir dengan leher motor.
  • Setel sesuaikan dengan kenyamanan kamu saat berkendara.
Baca juga  7 Cara Membersihkan Blok Motor, Mudah dan Murah

Cara Merawat Motor Agar Komstir Awet

Cara Mengencangkan Komstir Motor
Rawat bagian komstir supaya motor nyaman dikendarai

Komstir merupakan komponen vital bagi sebuah sepeda motor. Ketika komponen ini bermaslah, kemudi motor tidak akan nyaman saat dikendarai.

Untuk itu, kamu perlu merawat bagian motor ini. Supaya motor kamu tetap nyaman saat dikendarai.

“Penting banget untuk merawat komstir motor, nyamannya motor pas dikendarai salah satunya tergantung dari komstir itu,” tegas Mas Nur.

Ada beberapa hal yang kamu harus perhatikan dalam merawat motor, agar bagian komstir motor kamu tetap awet.

Berikut adalah caranya:

  • Hindari menggunakan kecepatan tinggi di jalan yang tidak rata atau jalan rusak
  • Jangan melibas polisi tidur dengan kecepatan tinggi
  • Rajin mengecek bagian komstir motor
  • Berikan pelumas pada bagian komstir motor secara berkala

Nah itu tadi beberapa hal yang harus kamu perhatikan pada saat komstir motor kamu bermasalah.

Buat kamu yang mau tahu informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru