by

Cara Menghilangkan Bau Mobil Baru yang Murah Meriah

Tak semua pemilik kendaraan menyukai aroma kendaraan anyar. Untuk itu, sebaiknya perlu mempelajari cara menghilangkan bau mobil baru.

Meski bagi sebagian orang bau mobil baru sejatinya begitu menyenangkan. Mungkin mengingat perjuangan untuk membeli, ataupun sekadar memang menyukai aroma mobil baru yang biasanya begitu khas.

Sebelum menghilangkan aroma mobil baru, sebaiknya pemilik mobil mengetahui lebih dulu dari mana bau tersebut berasal. Biasanya aroma mobil baru berasal dari sejumlah sumber, tergantung jenis dan proses produksinya.

Namun sebagian besar tentu berasal dari interior yang umumnya memiliki material plastik yang direkatkan oleh lem. Bahan-bahan perekat itu biasanya mengeluarkan senyawa organik yang menguap.

Jumlah uap itu, sejatinya sangatlah sedikit. Namun jika terus-menerus terjadi di kabin tertutup dapat mengakibatkan aroma semakin kuat, alhasil bau terendus ke siapapun yang berada di dalam kabin.

Penyebab bau di mobil baru juga bisa berasal dari pelumas, cat, karpet, pelapis jok, dan vinil. Sebenarnya aroma mobil baru tidak bertahan selamanya, biasanya kadarnya bakal hilang 20 persen setiap pekan seiring mobil digunakan.

Baca juga  Cara Membuat Shampo Mobil Dengan Biaya Hemat

Jadi semakin sering mobil digunakan, maka aroma mobil baru yang ada di dalam kabin bakal lebih cepat hilang. Buat kalian yang penasaran ingin mengetahui cara menghilangkan bau mobil baru, berikut ini Moladin akan memberikan tips jitu menghilangkan aroma mobil baru:

Jemur Mobil di Panas Matahari

Cara menghilangkan bau mobil baru dengan mudah
Cara menghilangkan bau mobil baru dengan mudah

Membahas lebih dalam mengenai cara menghilangkan bau mobil baru. Sebenarnya aroma mobil baru tidaklah membahayakan bagi kesehatan.

Mengingat setiap pabrikan mobil tentunya sudah melakukan riset, termasuk aroma di area kabin. Banyak cara menghilangkan bau mobil baru yang bisa dilakukan pemilik mobil.

Upaya yang mungkin bisa kalian lakukan, mungkin bisa dengan memanaskan mobil baru di bawah sinar matahari. Ketika memarkirkan kendaraan, sebaiknya jendela dalam kondisi terbuka.

Cara menghilangkan bau mobil baru ini cukup mudah dan cepat, proses jemur mobil itu hanya membutuhkan waktu antara 5 hingga 10 menit. Kemudian hidupkan AC, agar aroma mobil baru cepat hilang.

Pakai Pengharum Alami Bisa Menghilangkan Bau Mobil Baru

cara menghilangkan bau mobil baru
Biji kopi bisa jadi bahan alami untuk menghilangkan bau mobil baru

Langkah lainnya yang bisa diterapkan adalah menggunakan pengharum mobil dengan aroma yang disukai pemilik mobil. Pun begitu, memilih parfum mobil tak boleh sembarangan, karena dapat berbahaya bagi kesehatan.

Baca juga  5 Ciri-Ciri Mobil Harus Ganti Oli, Pemilik Wajib Tahu!

Dalam memilih parfum mobil sebaiknya yang aman bagi kesehatan. Jangan memilih parfum yang terlalu menyengat karena dapa mengakibatkan pusing atau gangguan pernafasan.

Sebaiknya gunakan pengharum mobil dengan bahan alami. Selain lebih aman untuk kesehatan, bahan yang digunakan pun harganya murah dan mudah didapatkan.

Sebagai contoh, mungkin memilik mobil bisa menggunakan pengharum mobil seperti biji kopi, kayu manis, dan lemon. Membuat pengharum seperti ini juga bukanlah perkara sulit.

Jika kamu pilih penggunaan biji kopi, pemilik mobil cukup memasukkannya ke dalam wadah atau kantong yang sudah diberi lubang untuk sirkulasi udara.

Langkah lainnya yang mungkin bisa kalian lakukan mungkin menggunakan baking soda sebagai alternatif. Caranya mudah, cukup menaburkan baking soda ke seluruh bagian kabin, khususnya area sumber bau.

Setelah itu kalian bisa diamkan selama semalaman. Selama meletakkan biji atau bubuk kopi maupun menaburkan baking soda di dalam kabin, sebaiknya kondisi kaca jendela mobil sedikit terbuka selama 24 jam.

Dengan cara ini, sirkulasi udara dalam mobil bisa lebih terjaga. Karena udara yang lama akan digantikan dengan udara baru. Terpenting, ketika proses ini dilakukan Anda harus memastikan mobil diparkir pada tempat yang aman.

Baca juga  5 Cara Bayar E-Tilang Agar Tidak Bingung

Keesokan harinya bersihkan baking soda yang ditabur menggunakan vacuum cleaner hingga bersih. Guna memaksimalkan hasil, pemilik mobil mungkin juga bisa menyemprotkan cuka apel ke dalam kabin kendaraan, khususnya area sumber bau.

Cuka apel juga dipercaya dapat menghilangkan aroma tak sedap dan menetralkan udara. Semprotkan secukupnya di titik sumber bau di kendaraan. Gimana sekarang sudah tahukan cara menghilangkan bau mobil baru?

Sejumlah langkah atau cara menghilangkan bau mobil baru di atas sejatinya cukup mudah untuk dilakukan. Peralatan yang dibutuhkan pun tak sulit untuk didapatkan.

Semoga informasi mengenai cara menghilangkan bau mobil baru ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Baca juga:

Terbaru