by

Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil, Ampuh Sob!

Pemilik mobil kerap masih bertanya-tanya mengenai cara menghilangkan jamur kaca mobil. Mengingat keberadaan jamur yang menempel tentunya tak sedap untuk dipandang.

Terlebih jika jamur di kaca mobil kalian mengganggu visibilitas ketika berkendara. Dampaknya dapat membuat pandangan pengemudi dan penumpang menjadi kabur ketika menghadapi hujan.

Apalagi saat berkendara di malam hari, sering kali muncul bias cahaya lampu dari mobil lainnya. Jamur yang membandel membuat pandangan akan menurun.

Untuk diketahui, jamur kaca timbul akibat lapisan kerak yang ditinggalkan air ketika mengering. Kalau dibiarkan dalam kurun waktu yang lama, dapat menyebabkan tumpukan kerak yang semakin tebal. Kaca pun jadi tak terlihat jernih, alhasil jarak pandang ikut menurun.

Cara menghilangkan jamur kaca mobil sebenarnya bsia dilakukan dengan mudah. Asalkan si pemilik mobil mengetahui secara rinci teknis membersihkan dengan cermat.

Paling gampang mungkin saja bisa menggunakan cairan pembersih yang dijual bebas di toko swalayan ataupun salon mobil dan juga toko sparepart.

Obat penghilang jamur itu juga punya banderol yang beragam, dari yang paling murah hingga mencapai ratusan ribu rupiah. Selain menggunakan cairan pembersih, ada juga alternatif yang bisa jadi pilihan.

Contohnya menggunakan cairan pembersih akuarium, yang cenderung berbanderol mudah. Ketersediaan cairan ini berlimpah, kalian tinggal membelinya di toko-toko terdekat di rumah Anda.

Baca juga  Kupas Tuntas Kebijakan PSBB Jilid 2 di Jakarta

Pun begitu, cairan pembersih jamur akuarium ini sebaiknya hanya digunakan dalam kondisi terdesak dan tidak dianjurkan untk kaca mobil Eropa.

Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil Dengan Bahan Tradisional

cara menghilangkan jamur kaca mobil
Berikut cara menghilangkan jamur kaca mobil yang cukup ampuh untuk dilakukan

Lebih dalam membahas cara menghilangkan jamur kaca mobil, ada alternatif yang bisa jadi pilihan untuk membersihkan kaca mobil. Mungkin bahan yang digunakan tak pernah terpikirkan oleh kalian.

Adalah pasta gigi dan alkohol yang bisa jadi pilihan untuk membersihkan kaca mobil kalian. Alkohol dengan kadar 50 hingga 90 persen sejak dahulu dikenal cukup ampuh membersihkan kaca.

Sedangkan pasta gigi berwarna putih (non gel) menjadi cairan pembersih alternatif yang cukup andal menghilangkan jamur kaca mobil. Kalau kalian mendapati jamur di kaca, sebaiknya bisa langsung menggabungkan alkohol dan juga pasta gigi untuk membersihkan noda.

Cara menghilangkan jamur kaca mobil dengan alkohol dan pasta gigi ini, langkahnya kamu bisa bersihkan dahulu kaca dengan alkohol. Selanjutnya gunakan pasta gigi di titik jamur yang sulit dibersihkan.

Selanjutnya, kalian perlu membasahi kain bersih berbahan lembut dengan alkohol. Lalu gosokkan ke titik jamur menempel di kaca. Penggunaan alkohol sendiri bertujuan agar tidak meninggalkan bercak di permukaan kaca.

Baca juga  Kisaran Biaya Kursus Mengemudi Mobil, Mahal?

Nah, yang perlu diingat agar aman terhadap cat mobil. Anda perlu menggunakan hand sanitizer berbentuk gel. Cairan yang kental tentu penguapannya lebih lama dan sulit menetes ke bodi mobil.

Khusus penanganan jamur yang membandel, kalian bisa olesi bagian tersebut dengan pasta gigi hingga merata dan tunggu hingga kering. Butiran lembut yang terkandung pada pasta gigi mampu mengikis jamur yang menempel.

Setelah kering, kalian bisa bilas bekas odol dengan air bersih sembari digosok dengan kain lembut. Lalu lanjutkan bilas dengan air dan pastikan permukaan kaca bersih dari sisa-sisa pasta gigi.

Perlu diingat, setelah dirasa bersih, pemilik mobil harus mengeringkan kaca menggunakan lap microfiber agar tak ada lagi sisa air yang menempel.

Pilihan Cairan Penghilang Jamur di Kaca Mobil

Tips menghilangkan jamur di kaca mobil
Tips menghilangkan jamur di kaca mobil

Tak hanya bisa mengandalkan alkohol dan pasta gigi, cara menghilangkan jamur kaca mobil bisa menggunakan cairan-cairang tertentu. Jika menggunakan obat anti-jamur, bisa mengangkat deposit mineral pada kaca kendaraan Anda.

Sebagai informasi, terdapat perbedaan antara pembersih kaca mobil dengan cairan pembersih kaca akuarium. Obat pembersih kaca mobil memakai bahan kimia yang aman untuk manusia, dalam hal ini tidak membuat iritasi kulit.

Sementara untuk cairan pembersih kaca akuarium biasanya memiliki kandungan kimia yang cukup keras. Dalam penggunaannya sebaiknya kamu bisa menggunakan sarung tangan latex.

Baca juga  Mengenal Kelebihan Busi Iridium dan Cara Merawatnya

Jika tidak, kulit bisa iritasi ataupun mengalami luka dan pengelupasan. Oleh karena itu, penggunaan cairan akuarium tidak dianjurkan untuk membersihkan kaca mobil.

Penggunaan pembersih kaca pun harus selektif. Karena ada sejumlah produk yang mengandung ammonia atau bahan kimia hydroflouride. Kebanyakan kaca mobil, tidak cocok dengan kandungan kimia tersebut.

Salah satu cairan yang cukup aman adalah glass cleaner. Pembersih khusus kaca mobil ini biasanya berupa cairan kental dan pekat.

Glass cleaner tidak cuma membersihkan kaca tapi juga memberikan kilau optimal. Alhasil visibilitas pengemudi akan kembali seperti semula, kaca pun bisa mengkilap seperti baru.

Sekadar informasi, glass cleaner yang baik mampu mengangkat minyak atau oli sekaligus membersihkan jamur yang sudah masuk ke dalam pori-pori kaca.

Kerak air yang sudah membandel pun relatif mudah dihilangkan. Residu yang ditinggalkan ada yang berwujud seperti bedak sehingga berpotensi mengotori bodi mobil.

Semoga informasi mengenai cara menghilangkan jamur kaca mobil ini dapat bermanfaat buat untuk kalian.

Baca juga:

Terbaru