oleh

5 Cara Menghilangkan Karat Pada Mobil, Bisa Pakai Lemon!

Mungkin saat ini kamu sedang mencari tahu cara menghilangkan karat pada mobil. Karat pada kendaraan memang menjengkelkan, karena biki tampilan mobil jadi tidak enak dipandang.

Yang lebih mengerikan lagi jika karat menggerogoti mobil di lokasi yang tidak tejangkau. Hal ini tentunya merugikan karena mengurangi struktur kekuatan body dan sasis mobil. 

Karat pada mobil sudah seharusnya segera dihilangkan dengan cara yang tepat. Karena seiring perkembangan waktu, karat pada mobil akan menyebar dari satu titik ketitik lainnya.

Belum lagi karat akan menyebar jika ditambah tingkat kelembaban udara.

Maka dari itu kami akan menyampaikan cara melakukan tindakan pencegahan dan menghilangkan karat dengan langkah yang benar. Berikut ulasannya.

1. Amplas dan Lakukan Cat Ulang

Cara Menghilangkan Karat Pada Mobil
Singkirkan karat pada bodt mobil dengan cara menggunakan amplas. Jika Karat sudah tebal, bisa menggunakan alat seperti sender atau grinder.

Cara menghilangkan karat pada mobil yang pertama adalah dengan melakukan pengamplasan pada bagian yang karat. 

“Misalkan pada body mobil sudah ada bintik karat kecil, tidak ada salahnya bagain tersebut diamplas, jika karatnya masih berupa bintik-bintik diamplas halus juga hilang,” kata Putera mekanik mobil di bilagan Otista Jakarta Timur.

Beda halnya jika karat sudah kronis, kamu bisa menggunakan sander dan grinder jika permukaan yang terjadi karat cukup luas.

Baca juga  7 Cara Mengatasi Pintu Mobil Berbunyi, Mudah!

Setelah kamu memastikan bagian yang berkarat sudah bersih, tinggal gunakan cat primer sebagai lapisan pertama, cat di lapisan kedua dan clear coat untuk bagian finishing. Jangan lupa cuci dan poles mobil bagian yang di cat supaya hasilnya bagus.

2. Dempul

Cara Menghilangkan Karat Pada Mobil
Dempul ampuh menutup body mobil yang bolong akibat karat. Tapi supaya hasilnya maksimal, dalam mendempul mobil harus dilakukan dengan cara yang benar.

Cara memghilangkan karat berikutnya adalah dengan cara mendempulnya. Tindakan ini hampir mirip dengan poin sebelumnya, namun perbedaanya cara ini digunakan apabila karat sudah melubangi bagian mobil.

Langkahnya adalah dengan membersihkan bagian berkarat dengan menggunakan amplas atau grinder, lalu setelah itu tutup dengan dempul supaya lubang dapat tertutup dengan baik.

Selanjutnya, kamu bisa mengecat dengan cat primer sebagai lapisan pertama, cat di lapisan kedua dan clear coat untuk finishing. Namun sebelum melakukan pengecatan pastikan sudah meratakan dempul dengan menggunakan amplas.

3. Cuka

Cara Menghilangkan Karat Pada Mobil
Cuka putih mengandung sekitar 5% asam asetat, yakni senyawa organik yang tidak berwarna namun berbau asam menyengat. Kandungan asamnya ini tidak jauh berbeda dengan bahan pembersih.

Dikatakan laman Auto2000 cuka juga bisa menjadi senyawa cairan yang ampuh untuk menghilangkan karat dengan cara mudah.

Baca juga  12 Cara Mengganti Minyak Rem Mobil, Jangan Salah!

Cuka putih mengandung sekitar 5% asam asetat, yakni senyawa organik yang tidak berwarna namun berbau asam menyengat. Kandungan asamnya ini tidak jauh berbeda dengan bahan pembersih.

Menurut laman National Science Foundation, asam asetat dapat mengangkat kotoran, noda, dan bakteri yang menempel pada suatu benda.

Dalam hal ini termasuk pada noda karat yang melekat pada permukaan besi. Langkah yang harus kamu lakukan adalah bongkar bagian yang terkena karat dan rendam dengan air cuka selama 1-2 hari.

Apabila karat masih terlihat, kamu bisa melanjutkan perendaman hingga karatnya hilang. Kamu juga bisa menggunakan sikat untuk hasil yang lebih efektif.

4. Lemon dan Jeruk Nipis

Cara Menghilangkan Karat Pada Mobil
Cara menggunakan lemon atau jeruk nipis adalah dengan menaburi bagian yang berkarat dengan garam lalu rendam dalam air lemon atau jeruk nipis.

Selain cuka, lemon atau jeruk nipis juga ampuh membasmi karat membandel pada permukaan mobil. Kandungan dalam buah lemon juga sangat efektif untuk menghilangkan karat pada mobil dengan cara yang cukup mudah.

Langkah yang harus kamu lakukan adalah dengan menaburi bagian yang berkarat dengan garam lalu rendam dalam air lemon atau jeruk nipis. kamu juga bisa menggunakan sikat atau penggosok alumunium untuk hasil lebih efektif.

Baca juga  6 Penyebab Air Radiator Mendidih dan Cara Mengatasinya

4. Baking Soda

Cara Menghilangkan Karat Pada Mobil
Baking soda bersifat basa, kebalikan dari asam.

Berikutnya cara menghilangkan karet pada mobil bisa menggunakan baking soda. Bahan aktif dalam baking soda ternyata sangat ampuh untuk menyingkirkan berbagai macam noda termasuk juga menyingkirkan karat dari mobil.

Baking soda memiliki sifat kimia yang unik. Baking soda dikenal juga dengan istilah natrium bikarbonat dan sebenarnya garam. Jika kamu cicipi rasanya seperti garam dalam versi yang ringan.

Sama seperti garam, baking soda adalah senyawa netral yang terbentuk dari ion bermuatan positif atau kation, dan ion bermuatan negatif atau anion.

Sealin itu baking soda pH-nya lebih tinggi dari netral. Artinya, zat ini sedikit basa, kebalikan dari asam. Karenanya baking soda merupakan zat pembersih yang baik.

Nah cara menggunakan baking soda pada karat mobil adalah dengan menyikat bagian karat pada mobil dengan air yang sudah dicampur dengan baking soda.

Lakukan beberapa kali untuk hasil yang lebih baik.

5. Rust Remover

Cara Menghilangkan Karat Pada Mobil

Cara menghilangkan karat pada mobil berkutnya bisa menggunakan rust remover. Di pasaran cairan ini banyak di jual.

harganya berkisar dari puluhan ribu hingga ratusan ribu, tergantung merek dan ukuran.

Terkait ukuran, rust remover juga bisa dijual dengan ukuran kecil mulai dari 80ml, jadi kamu tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk menghilangkan noda karat yang berukuran kecil.

Adapun cara menggunakan rust remover adalah dengan merendam bagian yang berkarat selama 15 menit hingga 8 jam, tergantung usia karfat. Berikutnya sikat dengan menggunakan sikat besi.

Demikian ulasan terkait cara menghilangkan karat pada mobil. Kiranya ulasan ini bisa menjadi refrensi untuk kamu yang ingin membersihkan karat pada mobil.

Jangan nlupa untuk pantau terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Terbaru