by

10 Cara Mengkilapkan Body Motor, Bisa Coba di Rumah

Cara Mengkilapkan Body Motor – Setiap pemilik kendaraan tentunya ingin melihat body mobil maupun motor dalam kondisi mengkilap. Namun kebanyakan orang berfikir, untuk merawat body kendaraan membutuhkan biaya yang mahal.

Padahal sejatinya untuk mengkilapkan body motor, ada cara mudah, hemat, dan kamu bisa lakukan sendiri di rumah. Ketimbang kamu harus ke salon mobil ataupun motor, dan harus merogoh kocek yang besar.

Kali ini, Moladin bakal membeberkan secara rinci cara mengkilapkan body motor dengan mudah, hemat, tanpa harus repot ke salon. Seperti apa? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Jangan Gunakan Detergen Saat Mencuci

tips merawat motor
Pelek racing lebih mudah dibersihkan karena komponennya besar, berbeda dengan jari-jari yang perlu lebih telaten

Tidak hanya harus merawat mesin, body motor juga perlu perawatan. Terlebih buat kalangan anak muda yang umumnya sangat concern akan kebersihan kendaraan. Pun begitu, masih banyak masyarakat yang salah kaprah, menganggap mencuci motor dengan detergen bisa mengkilapkan body motor.

Mencuci motor dengan detergen, ternyata bisa memudarkan warna dari cat motor, lohh! Jika kamu ingin mencuci motor, alangkah baiknya menggunakan sampo motor yang memang diperuntukan untuk mencuci motor.

Pemilik kendaraan pun sepatutnya memilih sampo motor dengan benar. Hindari membeli sampo motor yang memiliki kandungan bahan seperti Hcl (acid hidrchlorid), NaOH (sodium hidroksida) dan KOH (potassium hidroksida).

Kandungan-kandungan tersebut ternyata berbahaya dan bisa merusak lapisan cat motor yang kamu punya.

2. Motor Jangan Terpapar Sinar Matahari Langsung

Parkir motor menghilangkan body yang mengkilap
Jangan parkir motor di bawah sinar matahari langsung

Sinar matahari sangat berdampak buruk bagi body motor kesayanganmu. Kendala yang biasa dialami, ketika kamu memarkirkan motor di kantor, swalayan, dan lainnya.

Jika terlalu lama terkena sinar matahari secara langsung yang mengandung ultraviolet, bisa mengakibatkan lapisan cat rusak. Maka hindari memarkirkan motor yang terkena langsung sinar matahari.

3. Cuci Motor Setelah Terkena Air Hujan

tips merawat motor musim hujan, bisa menghilangkan kilap motor
Bijaklah dalam berkendara saat kondisi hujan

Sebaiknya segera mencuci motor, setelah terkena air hujan minimal mengelap dengan air yang bersih. Air hujan yang mengandung asam nitrat, sangat tidak baik bagi cat motor.

Baca juga  Kenali Ciri-Ciri CDI Rusak dan Cara Mengatasinya!

Bila kamu tidak segera mencuci motor setelah terkena air hujan. Dapat menimbulkan karat atau korosi pada body motor, serta dapat merusak lapisan pada kilap cat motor.

Sebaiknya kamu pun tidak boleh langsung mengelap motormu, setelah terkena air hujan. Karena debu-debu yang menempel di motormu bisa membuat body jadi lecet.

4. Cara Mengkilapkan Body Motor, Bisa Menggunakan Kompon dan Poles

Kompon sebagai cara mengkilapkan body motor
Gunakan Kompon Putih Dengan Tidak Berlebihan Untuk Menghilangkan Baret Halus

Kompon dapat menghilangkan goresan halus, bentuknya seperti gel. Cairan poles biasanya ditemukan dibeberapa swalayan dan tidak memerlukan biaya yang cukup mahal.

Untuk menghilangkan goresan kamu harus menggosok body motor dengan kompon beberapa kali. Caranya juga tidak terlalu susah, cukup mengoleskan kompon dibody motor.

Gunakan kain yang lembut untuk menggosoknya dengan cara memutar. Setelah goresannya hilang, gunakan cairan poles sebagai cara mengkilapkan body motor.

Sebaiknya gunakan cairan poles setelah motor dicuci, agar tidak tercampur dengan kotoran yang dapat menibulkan goresan saat body motor digosok dengan cairan poles.

5. Menggunakan Beeswax, Cara Mudah Mengkilapkan Body Motor

CRF150L 4
Karburator Maupun Throttle Body Merupakan Komponen Penting Guna Suplai Udara dan BBM

Cara mengkilapkan body motor lainnya bisa menggunakan beeswax, yang sejatinya digunakan sebagai produk kecantikan. Menariknya beeswax ternyata mampu mengkilapkan body kendaraanmu.

Beberapa produk perawatan body motor yang diberedar dipasaran mengandung besswax, maka tidak perlu membeli beeswax dalam bentuk asli. Ternyata beeswax juga mempunyai keuntungan untuk motor menjadi lebih lembut, tidak mudah mengelupas dan menjaga warna asli dari kendaraan.

6. Minyak Goreng Bisa Membuat Body Motor Mengkilap

membersihkan blok motor
Ambil bensin dari tanki motor, masukkan ke wadah dan campur dengan cairan pencuci piring

Minyak goreng sejatinya tidak hanya digunakan untuk memasak saja. Namun juga mampu mengkilapkan body motor, namun ada cara yang perlu kamu ketahui.

Ada beberapa orang yang sudah membuktikannya, dan hasilnya tidak kalah jauh dari kendaraan yang dibawa ke salon motor. Cara menggunakan minyak goreng, biasanya digunakan setelah mencuci motor dengan bersih.

Baca juga  Perawatan Gear dan Rantai Motor ala Moladin, Usia Komponen Bisa Makin Awet!

Pastikan bahwa body sudah kering, karena minyak tidak akan berfungsi jika terkena air, ketika kamu mengoleskan ke seluruh bagian body motor.

7. Rutin Cuci Motor Jadi Cara Paling Ampuh Mengkilapkan Body Motor

cuci motor

Rutin mencuci motor, tentunya dapat menjaga body motor kamu tetap bersih. Jangan sampai kamu jarang mencuci motor, karena dapat menimbulkan kotoran atau debu yang menumpuk dan menimbulkan pelupasan pada cat body motor.

Apabila dibiarkan terlalu lama, maka warna pada body motor terlihat kusam. Buatlah jadwal untuk mencuci motor, usahakan secara rutin dalam waktu 1-2 kali seminggu.

8. Keringkan Body Motor, Setelah Dicuci

Ketika kamu memutuskan mencuci motor, pastikan proses pengeringan dilakukan hingga benar-benar kering. Jangan sampai ada air yang tersisa setelah mencuci motor yang mengendap di body motor.

Bila dibiarkan akan mengakibatkan karat atau korosi dan dapat memudarkan warna motor.

9. Bungkus Body Motor Dengan Skotlet

skotlet motor

Cara simpel yang mungkin bisa dilakukan untuk mengkilapkan body motor, bisa dengan menggunakan skotlet. Karena dapat melindungi body motor dari goresan dan paparan sinar matahari.

Skotlet juga bisa dipakai, agar body motor lebih kinclong dan sedap dipandang.

10. Menggunakan Minyak Kayu Putih Sebagai Cara Mengkilapkan Motor

Mengkilapkan body dengan minyak kayu putih
minyak kayu putih untuk body motor

Minyak kayu putih ternyata mampu membersihkan beberapa noda membandel, pada barang-barang elektronik dan hasilnya benar-benar kinclong. Begitupun dengan body motor, bisa membuat seperti baru.

Caranya juga mudah, pertama cuci motor dan lap sampai benar-benar kering. Lalu oleskan dengan minyak kayu putih secukupnya, gunakan dengan kain yang bersih dan halus.

Gosok secara perlahan supaya tidak lecet akibat gesekan kain. Kemudian lihatlah perbedaan body motor sebelum dan sesudah diberi minyak kayu putih.

Baca juga  10 Tips Naik Motor di Musim Hujan agar Selamat

Langkah Mencuci Motor Dengan Benar

Cuci motor secara rutin
Cuci motor secara rutin

Mencuci motor dengan benar wajib kamu ketahui, ketimbang kamu harus mencuci di tempat cuci langganan. Memang mencuci motor di tempat cuci lebih membuatmu hemat tenaga dan juga waktu.

Namun jika, kamu tahu cara mencuci motor yang benar. Mungkin kamu akan lebih memilih mencuci sendiri, karena sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah. Asal kamu tahu langkah-langkahnya.

Pertama mungkin kamu bisa bersihkan bagian atas terlebih dahulu, atau bagian bodi motor yang lebih rawan goresan, seperti tangki bensin, sayap, dan bodi lain yang dilapisi cat.

Gunakan sabun cuci motor yang ringan dengan lap yang halus dan disarankan untuk menggunakan air hangat.

Selanjutnya, kamu bisa membersihkan bagian sepeda motor yang dilapisi krom, tetap gunakan cara yang sama seperti membersihkan bagian bodi motor. Tapi setelahnya jangan lupa untuk disemir menggunakan semir khusus krom.

Bila sudah benar-benar bersih, kamu bisa membersihkan pelek motor. Bersihkan menggunaan sikat dan perhatikan bagian detail agar bisa bersih menyeluruh. Jangan lupa untuk membersihkan juga bagian cakram.

Beberapa bagian sepeda motor, tidak bisa hanya dibersihkan menggunakan air saja, seperti rantai dan gir. Tetap gunakan air untuk merontokkan kotoran, dan setelahnya jangan lupa untuk lumasi bagian rantai dan gir agar dapat bekerja dengan sempurna.

Dilanjutkan kamu gunakan lap baru yang bersih dan kering, lalu usap motor secara menyeluruh. Jika diperlukan kamu bisa menggunakan kompresor untuk membantu mengeringkan bagian-bagian tertentu.

Mudah kan membersihkan sepeda motor sendiri. Meski lebih membutuhkan tenaga, tapi setidaknya bisa menghemat pengeluaran dibanding harus dicuci ke tempat cuci motor.

Baca juga:

Terbaru