Kamis, Maret 28, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Jangan Menaruh Helm Sembarangan, Ini Tips Meletakkan Helm Yang Benar

by Baghendra Lodra
cara menyimpan helm yang benar

Hai, Sobat Moladin. Sering menaruh helm di spion gak sih kalau motor lagi parkir? Menaruh helm di spion lebih praktis memang saat mau keluar dari parkiran, apalagi kalau parkirnya cuma sebentar, misalnya parkir di minimarket atau di ATM. Tidak perlu buka tutup jok motor ataupun ke tempat penitipan helm. Tapi tahu gak sih, ternyata menaruh helm di kaca spion dapat berakibat buruk pada helm kalian.

[product product=”Kawasaki Ninja 250 FI” images=”https://cdn.moladin.com/motor/kawasaki/Kawasaki_Ninja_250_FI_2100_67389_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/kawasaki/kawasaki-ninja-250-fi-sports-4-langkah-2-silinder-segaris-dohc-250cc?utm_source=Kawasaki_Ninja_250_FI&utm_medium=blog_cara-menyimpan-helm-yang-benar_button_biru&utm_campaign=utm_name%3DKawasaki_Ninja_250_FI” price=”Rp. 1.750.000,-*” description=”*Angsuran mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

Baru tahu kan info ini. Nah supaya lebih jelas lagi, yuk simak beberapa cara menyimpan helm yang benar.

Parkir Lama, Hindari Menaruh Helm di Spion

hindari penempatan helm di spion

Alasannya cukup sederhana sebenarnya, sob. Kaca spion motor kalian biasanya memiliki ujung yang lancip. Ujung lancip ini bisa merusak padding atau lapisan di dalam helm. Semua bikers pasti tahu lah fungsi busa yang ada di dalam helm. Antara lain berfungsi meredam daya benturan saat kita terjatuh atau mengalami kecelakaan. Kalau terus-terusan terkena benda lancip pastinya akan merusak busa di dalam helm yang cukup penting menjaga keselamatan kalian.

Baca juga  Rangkaian Motor Sport Terbaik Honda di Indonesia, Yuk Simak

Kepadatan busa dalam helm memang akan berkurang seiring berjalannya waktu, tapi alangkah baiknya apabila kita menjaga keawetan busa dengan menaruhnya secara benar. Kalau kalian hanya sebentar parkirnya, tidak sampai 30 menit menaruh helm di kaca spion, masih bolehlah dilanggar ketentuan ini. Tapi kalau kalian parkir lebih dari 30 menit, sob, lebih baik helm kalian simpan di bagasi motor. Kalian juga bisa menitipkan helm kesayangan ke tempat penitipan helm.

[product product=”KTM RC 200″ images=”https://cdn.moladin.com/motor/ktm/KTM_RC_200_10012_81785_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/ktm/ktm-ktm-rc-200-2017-sports-four-stroke-200cc?utm_source=ktm_rc_200&utm_medium=blog_cara-menyimpan-helm-yang-benar_button_biru&utm_campaign=utm_name%3Dktm_rc_200″ price=”Rp. 1.668.000,-*” description=”*Angsuran mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

Apalagi pas musim hujan, menaruh helm di bagasi dan menitipkannya menghindarkan helm kalian basah karena hujan. Tidak seru dan tidak nyaman pastinya mengendarai motor dengan kondisi helm basah. Selain bikin bau helm dan kepala, kalian juga rentan ketombean, hiyyy.

Taruh dalam Posisi Terbalik

5 Rekomendasi Helm Ringan dan Aman Harga Mulai Rp300 Ribu

Setelah selesai dipakai, baiknya kalian menaruh helm dengan posisi terbalik atau posisi Visor terbuka. Hal ini untuk menghalau udara lembab yang terperangkap dalam helm kalian, sob. Kalau kalian menaruh helm dengan posisi aliran udara tertutup, helm menjadi lembab dan berbau karena uap lembab tidak bisa keluar. Keringat yang menempel di sisi dalam pun susah kering.

Baca juga  Tips Merawat Motor Setelah Digunakan Mudik Jarak Jauh

Jangan Pakai Kamper

jangan pakai kamper

Sebagian dari kalian mungkin masih menggunakan kamper alias kapur barus saat menyimpan helm. Biar helm tetap wangi dan kering seperti baju kalian. Tapi sebenarnya kamper atau kapur barus itu berbahaya lho, sob, buat helm kalian. Udara yang dilepaskan kamper bisa merusak EPS (Expanded Polystyrene Styrofoam) pada cangkang helm. Mulai dari sekarang, jauhkan kamper dari helm kalian ya, sob.

Nah, setelah baca info cara menyimpan helm ini pastikan kalian menaruh helm di tempat yang benar ya, sob. Jangan asal taruh dan rawat dengan baik. Sebab helm adalah salah satu perlengkapan berkendara yang sangat penting. Jinny pamit dulu, kita ketemu di informasi selanjutnya ya.

[product product=”Yamaha Vixion All New” images=”https://cdn.moladin.com/motor/yamaha/Yamaha_Vixion_All_New_2076_73440_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/yamaha/yamaha-vixion-all-new-naked-liquid-cooled-4-stroke-sohc-150cc?utm_source=yamaha_vixion_all_new&utm_medium=blog_cara-menyimpan-helm-yang-benar_button_biru&utm_campaign=utm_name%3Dyamaha_vixion_all_new” price=”Rp. 1.100.000,-*” description=”*DP mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika