by

5 Cara Merawat Kabin Mobil Setelah Perjalanan Mudik

Merawat kabin mobil harus rutin dilakukan agar kondisi interior selalu prima. Interior mobil yang bersih dan segar, tentu akan memberikan kenyamanan bagi penumpang di dalamnya.

Terlebih setelah melakukan perjalanan mudik atau berlibur saat momen lebaran ini. Umumnya mobil ditumpangi seluruh anggota keluarga, makan dan minum banyak pula di dalam kabin. Alhasil interior mobil pastilah sangat kotor.

Oleh karenanya merawat membersihkan setelah libur panjang adalah pilihan yang tepat. Apakah sulit melakukan perawatan interior mobil?

Ternyata tidak. Auto2000 merilis langkah-langkah sederhana merawat kabin mobil yang bisa kita terapkan sendiri. Berikut cara sederhana yang bisa dijalankan.

1. Copot dan Cuci Karpet Lantai

cara merawat kabin mobil - cuci karpet dasar
Karpet dasar ini bisa dicopot dan dicuci bersih dengan sikat dan sabun

Kalau mau merawat kabin mobil yang pertama kali dilakukan adalah copot seluruh karpet lantai. Hal ini dimaksudkan agar seluruh kotoran bisa terlihat dengan mudah secara kasat mata.

Lalu karpet yang dicopot, perlu dicuci bersih dan dikeringkan. Sambil menunggu kering, kamu bisa bersihkan komponen lain di interior mobil dengan beberapa peralatan khusus seperti penyedot debu, cairan kimia, hingga disinfectant.

Baca juga  Mitsubishi Lebaran Campaign 2021 Gantikan Posko Mudik

2. Manfaatkan Penyedot Debu

Merawat kabin mobil
Vacum cleaner menjadi salah satu perangkat wajib untuk membersihkan interior mobil

Masuk ke dalam kabin mobil, gunakan alat penyedot debu alias vacuum cleaner untuk membersihkan kotoran halus yang menempel di dalam kabin. Mulai dari area dashboard, panel pintu, jok, hingga kolong jok dan lantai jangan sampai terlewatkan.

Lanjut masuk ke bagasi mobil, termasuk rongga penyimpanan ban cadangan yang ada di bawah bagasi. Waspada celah antar panel sebagai lokasi bersembunyinya debu dan kotoran.

3. Bersihkan dengan Cairan Pembersih

Kembersihkan kabin mobil

Cara merawat kabin mobil selanjutnya gunakan cairan pembersih khusus. Ini diterapkan terutama untuk bagian jok, panel, langit-langit, dan lain-lain. Secara garis besar, material interior mobil berasal dari fabric, plastik, vinyl, kulit asli dan sintetis, kayu, serta logam.

Sesuaikan bahan pembersih yang dipakai dengan material kabin dan pelajari cara memakainya supaya tidak merusak panel interior.

4. Periksa Filter Kabin, Ganti Jika Tiba Waktunya

Merawat kabin mobil
Penggantian filter kabin cara menghilangkan bau ac mobil

Dalam merawat kabin mobil, beberadaan filter yang berfungsi sebagai penyaring kotoran tersebut kerap terabaikan. Padahal filter kabin memiliki peran yang begitu penting yakni menyaring kotoran dalam sistem sirkulasi AC.

Baca juga  Larangan Mudik, Polisi Tutup Akses ke Jawa Tengah dan Timur

Jangan disemprot angin bertekanan, filter kabin yang kotor harus diganti karena memegang peran penting dalam menjaga kebersihan udara di dalam mobil sehingga wajib menggantinya dengan yang asli dan bergaransi.

Usia filter kabin umumnya 25.000 Km. Jadi kalau sudah lebih jauh dari itu perjalanan yang kamu lakukan, perlu penggantian.

5. Matikan Kuman dengan Cabin Disinfectant

Merawat Kabin mobil

Langkah berikutnya dalam merawat kabin mobil adalah menyemprotkan cabin disinfectant. Auto2000 menganjurkan agar konsumen memilih produk cabin disinfectant yang tidak mengandung benzene yang termasuk dalam Substance of Concerns (SoC).

“Karena zat-zat tersebut dapat membahayakan manusia,” tulis Auto2000.

Umumnya di bengkel-bengkel mobil sudah memiliki layanan ini. Harganya bervariasi, kisaran mulai Rp 300 ribuan.

Hanya saja kalau kamu mau lakukan sendiri di rumah, bisa mulai dengan menyemprotkan disinfektan ke berbagai bagian yang sering disentuh oleh tangan seperti setir, handle pintu, dan lain-lain. Kemudian dikeringkan dengan lap.

“Setelah lebaran konsumen bisa menjaga kesehatan kabin mobil dengan cara membersihkannya secara menyeluruh, kata Aftersales Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara, , Minggu (16/5/2021).

Baca juga  Program Spesial Isuzu Jelang Lebaran 2021

Demikian ulasan tentang merawat kabin mobil. Untuk update berita otomotif lainnya simak terus Moladin.com.

Terbaru