7 Cara Merawat Motor Harley Davidson agar Tetap Awet. Yuk, Praktikkan!

7 Cara Merawat Motor Harley Davidson – Harley Davidson menjadi salah satu merek motor gede (moge) yang paling terkenal. Tak sedikit uang yang perlu kamu keluarkan untuk memiliki motor berdesain klasik ini. Karena harganya yang mahal, beberapa orang berpendapat bahwa biaya perawatan yang dikeluarkan juga tidak murah.

Apa benar demikian? Sebagai jawabannya, coba simak 7 cara merawat motor Harley Davidson berikut ini.

1. Rutin Cek Tekanan Ban dan Rantai

Rutin Cek Tekanan Ban

Tips pertama yaitu cek secara berkala kondisi tekanan ban dan rantai. Motor Harley Davidson biasanya tak digunakan dalam aktivitas sehari-hari, akibatnya tekanan angin pada ban pun berkurang lebih banyak.

Oleh sebab itu, sebelum digunakan dalam keperluan touring misalnya, ada baiknya kamu menambah tekanan ban. Kalau kamu tidak melakukannya, bisa-bisa tekanan ban yang kurang pas membuat bagian peleknya cepat rusak.

Sebaliknya apabila tekanan ban terlalu tinggi, maka ban akan terasa keras sehingga  kurang baik dalam menyerap getaran. Lebih bahaya lagi, ban dengan tekanan tinggi bisa mengakibatkan kecelakaan karena pecah ban.

Lalu berapa sih tekanan ideal pada ban? Untuk ban depan, standar tekanan anginnya berkisar antara 30 psi untuk ban depan dan 34 psi untuk ban belakang.

Selain ban, kamu juga perlu mengecek ketegangan rantai. Usahakan agar rantai tidak terlalu kendur atau terlalu kencang.

 

2. Bawa Jalan Biar Mesin Panas

Bawa Jalan Motor Harley

Rutin memanaskan mesin motor menjadi satu dari 7 cara merawat motor Harley Davidson agar tetap awet. Berbeda dengan motor pada umumnya, cara memanaskan mesin Harley Davidson terbilang unik.

Alih-alih dipanaskan dalam kondisi diam, lebih baik kamu bawa jalan kalau ingin memanaskan mesin. Dibawa jalan di sini dapat diartikan sebagai berkendara ringan yang tak menuntut untuk menarik gas terlalu besar.

Cara ini dipercaya mampu membuat sistem jalur oli bekerja lebih baik. Dalam 2-3 hari, setidaknya lakukan pemanasan sekali agar kondisi mesin tetap terawat.

 

3. Gunakan BBM Kualitas Super

BBM Motor Harley

Tips selanjutnya adalah gunakan BBM dengan kualitas super. Seperti yang kamu tahu, mesin Harley Davidson punya kualitas dan teknologi yang tinggi. Agar proses pembakaran berjalan sempurna, paling tidak kamu harus menggunakan bensin dengan oktan 95 ke atas seperti Pertamax Plus.

Hindari penggunaan bensin oplosan karena bisa berdampak buruk pada bagian mesin yang terkomputerisasi. Oleh sebab itu, isilah bahan bakar sesuai yang disarankan. 

 

4. Lakukan Perawatan Busi dan Oli

Ganti Oli Rutin

 

Dalam sistem kerja mesin motor, oli memiliki peran yang penting. Oli berperan mengurangi gesekan antar komponen mesin sehingga tidak cepat rusak dan membuat mesin motor panjang umur. Selain itu, oli juga berperan sebagai pendingin karena tugasnya memindahkan panas dari mesin ke luar.

Mengingat perannya yang penting, itulah alasan mengapa kamu perlu mengganti oli secara berkala agar Harley Davidsonmu tetap awet. Oli bisa diganti ketika angka pada speedometer mencapai 8000 km.

Namun, mengingat moge satu ini jarang digunakan sebagai motor harian, paling tidak kamu bisa mengganti oli tiap 2 bulan sekali. Bila terlalu lama dibiarkan, oli akan mengendap dan bisa berdampak buruk pada mesin.

Bukan hanya oli, busi menjadi komponen mesin motor yang juga perlu diperhatikan sebelum melakukan perjalanan jauh. Busi berperan penting dalam proses pembakaran mesin.

Apabila busi mengalami masalah, beberapa risiko yang akan kamu rasakan di antaranya adalah motor jadi susah dihidupkan, akselerasi motor menurun, dan bikin bahan bakar jadi lebih boros.

Baca Juga :

 

5. Jaga Sistem Kelistrikannya

Jaga Sistem Kelistrikan

Pada seri Harley Davidson terbaru umumnya menggunakan sistem yang terkomputerisasi. Inilah alasan mengapa menjaga kelistrikan menjadi poin paling penting di antara 7 cara merawat motor Harley Davidson yang perlu kamu perhatikan.

Supaya sektor kelistrikan bekerja secara optimal, maka pastikan kalau aki juga berada dalam kondisi prima sebelum melakukan touring. Satu lagi, karena memiliki bagian yang dialiri listrik, maka kamu juga perlu menjaga Harley Davidson agar tidak terkena hujan yang lebat agar komponen tidak rusak. 

 

6. Hindari Pemakaian secara Asal

Hindari pemakaian secara asal

Hindari mengendarai Harley Davidson secara serampangan. Sebisa mungkin perlakukan motor satu ini secara lemah lembut. Salah satu caranya adalah saat memainkan gas, jangan langsung menariknya dengan kencang atau ngegeber, melainkan secara perlahan-lahan.  

 

7. Jangan Terlalu Sering Dibawa Touring

Jangan terlalu sering di bawa touring

Sah-sah saja mengikuti acara touring yang diselenggarakan komunitas di berbagai daerah. Tapi kalau mau melewatkan touring juga tak masalah. Malah sebaiknya jangan terlalu sering membawa moge kesayanganmu ini bepergian dalam jarak jauh. Cukup sesekali saja.

Itulah 7 cara merawat motor Harley Davidson yang bisa kamu praktikkan agar tetap terawat dan tidak cepat rusak. Bila diperhatikan, ke tujuh tips di atas tak begitu sulit untuk dilakukan dan cukup murah, bukan? Jadi, jangan malas untuk merawatnya, ya. Sebab, bila ada komponen yang rusak, kamu harus mengeluarkan biaya yang tak sedikit untuk servis.

Baca Juga :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *