Cara Merawat Shockbreaker Motor, Mudah dan Cepat

by Tigor Sihombing
Cara Merawat Shockbreaker Motor

Kali ini Moladin akan membahas Cara Merawat Shockbreaker Motor. Setelah motor digunakan dalam jangka waktu tertentu, sering kali muncul keluhan bahwa motor terasa keras saat melintasi jalan berlubang atau polisi tidur. Hal ini biasanya menandakan adanya masalah pada shockbreaker.

Komponen ini sangat penting karena berfungsi sebagai peredam guncangan, menjaga kenyamanan, dan kestabilan saat berkendara.

Cara Merawat Shockbreaker Motor

Berikut adalah beberapa cara mudah dan cepat untuk merawat shockbreaker motor agar tetap dalam kondisi prima:

1. Hindari Membawa Beban Berlebih

Mengacu pada laman Honda Wahan 5 September 2024, disebutkan agar shockbraker awet sebaiknya jangan paksakan motor membawa beban yang melebihi kapasitas, karena ini akan membuat shockbreaker bekerja terlalu keras dan cepat aus.

Jika dibiarkan terus menerus, rod comp shockbreaker bisa bengkok dan membuat motor terasa tidak nyaman saat dikendarai.

2. Jaga Kebersihan Shockbreaker

Kotoran yang menempel pada shockbreaker bisa merusak seal atau piston, menyebabkan kebocoran oli. Akibatnya, daya redam shockbreaker berkurang dan berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Baca juga  7 Penyebab Mesin Ngebul Yang Harus Kamu Waspadai

Selalu bersihkan area shockbreaker secara berkala, terutama setelah berkendara di jalan berlumpur atau berdebu.

3. Kurangi Kecepatan di Jalan Rusak

Melaju dengan kecepatan tinggi di jalan yang tidak rata dapat meningkatkan beban kerja shockbreaker. Usahakan untuk berkendara perlahan di jalan-jalan seperti ini agar usia pakai shockbreaker lebih lama. Selain itu, komponen lain pada motor juga akan lebih awet jika tidak dipaksa bekerja terlalu keras.

4. Gunakan Aksesoris Asli

Menggunakan aksesoris tambahan seperti peninggi shockbreaker bisa mempengaruhi kinerjanya. Sebaiknya, gunakan aksesoris asli atau yang direkomendasikan oleh pabrikan agar shockbreaker dapat berfungsi dengan maksimal tanpa risiko kerusakan dini.

5. Rutin Ganti Oli Shockbreaker

Oli shockbreaker berfungsi untuk menyerap getaran. Seiring waktu, volume dan kualitas oli akan berkurang, sehingga performa shockbreaker menurun. Lakukan penggantian oli shockbreaker setiap 15.000 km untuk menjaga kenyamanan dan stabilitas berkendara.

Demikian ulasan Cara Merawat Shockbreaker Motor. Simak terus Moladin.com & channel Google News Moladin untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Baca juga  5 Penyebab Setang Motor Bergetar yang Harus Diketahui

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika