Minggu, September 25, 2022

Cara Pakai Car Seat di Mobil yang Benar, Jangan Salah!

by Firdaus Ali
Cara pakai Car Seat di mobil

Jika kamu ingin berniat membeli Car Seat, ada baiknya kamu menyimak terlebih dahulu cara pakai Car Seat di mobil berikut ini. Sebab, jika pemasangannya tidak sesuai, maka resikonya anak yang duduk di atas Car Seat bisa terjatuh dari kursinya.

Car Seat atau perangkat kursi tambahan khusus bayi dan anak-anak sangat diperlukan demi keselamatan sang buah hati selama perjalanan dengan menggunakan mobil. Sebab, Pada dasarnya bayi maupun anak balita susah untuk duduk diam, termasuk saat perjalanan. Hal tersebut membuat mereka jadi lebih rentan mengalami cedera, baik itu ketika mobil mengerem mendadak maupun terjadi kecelakaan.

Umumnya, Car Seat diperuntukkan untuk anak umur 0 sampai 3 tahun. Sebab, kursi mobil idealnya diciptakan untuk orang dewasa atau anak di atas umur tersebut. Dengan kata lain, anak umur 0 sampai 3 tahun jika dipaksakan duduk di kursi mobil tentu tidak nyaman dan beresiko fatal jika mobil melakukan pengereman mendadak.

Car Seat sendiri mempunyai beberapa model dan spesifikasi sesuai untuk peruntukannya. Mulai dari Car Seat khusus untuk bayi dengan umur 0 sampai 1 tahun, serta Car Seat yang bisa mengakomodasi untuk anak sampai berusia 3 tahun.

Begitu juga dengan fiturnya, ada yang hanya bisa untuk duduk saja dan ada juga yang bisa disetel untuk posisi tidur. Selain itu, ada pula Car Seat yang bisa diputar menyesuaikan posisinya, menghadap ke depan atau ke belakang.

Baca juga  10 Tips Berkendara Mobil yang Aman Saat Hujan

Kesalahan Pakai Car Seat yang Jangan Ditiru

Rekomendasi Car Seat mobil terbaik

Oyster Car Seat

Nah, berbicara mengenai cara pakai Car Seat di mobil, nyatanya masih banyak orang tua yang keliru dalam mengaplikasikannya. Adapun beberapa kekeliruan yang sering terjadi seperti:

  • Car Seat dipasang di kursi depan
  • Tali pengikat Car Seat longgar
  • Memberi lapisan (bantal atau selimut)
  • Mengikat tali terlalu tinggi
  • Tidak memeriksa Car Seat dengan benar
  • Posisi bayi tidak sesuai dudukan Car Seat

“Masih banyak orang tua yang membeli Car Seat di toko onlen saya namun juga belum mengetahui cara pakai atau pasang yang benar. Biasanya saya akan mengirim link yotube cara pakai Car Seat di mobil sesuai dengan merek yang mereka beli. Namun jika pembelinya masih di wilayah saya, itu bisa saya bantu dengan cara saya datang langsung ke tempat pembelinya untuk mencotohkan cara pasang yang benar,” terang Riyang, salah satu penjual Car Seat onlen di Depok (8/7/2022).

Inilah Cara yang Benar Memasang Car Seat di Mobil yang Benar

1. Gunakan Car Seat sesuai usia dan berat anak

Cara pakai Car Seat di mobil

Sesuaikan Car Seat dengan berat dan umur anak

Cara pakai Car Seat di mobil yang pertama adalah dengan memperhatikan usia dan berat anak. Yup, dengan memperhatikan dua komponen tersebut tentunya Anda bisa menyesuaikan saat membeli Car Seat. Sebab jika Car Seat yang digunakan tidak sesuai dengan usia dan berat badan anak, maka tentu resikonya anak tidak nyaman serta posisi anak di Car Seat tidak sesuai alias tidak ideal.

Baca juga  5 Penyebab RPM Naik Turun di Mobil dan Solusinya

2. Sesuaikan posisi (menghadap ke depan atau belakang)

Cara pakai Car Seat di mobil

Sesuaikan posisinya (menghadap ke depan atau belakang)

Cara pakai Car Seat di mobil selanjutnya adalah dengan memperhatikan posisinya. Paling aman dan ideal adalah menempatkan car seat pada kursi baris kedua, kemudian untuk anak di bawah umur 2 tahun dianjurkan menghadap ke belakang. Rekomendasi tersebut dianjurkan oleh American Academy of Pediatrics (AAP). Tujuannya adalah mengurangi cedera serius saat terjadi benturan keras pada bagian kepala, leher, dan tulang belakang anak.

Selain itu, Car Seat juga tidak direkomendasikan dipasang pada kursi penumpang bagian depan karena adanya airbag. Hal tersebut malah akan beresiko anak terpental karena dorongan dari airbag yang keluar saat terjadi benturan.

Walau demikian, untuk anak berusia di atas 2 tahun boleh menggunakan car seat dengan menghadap ke depan.

3. Pastikan pemasangan Car Seat sudah benar

Cara pakai Car Seat di mobil

Pastikan semua tali dan komponen lain di Car Seat terpasang dengan benar

Cara pakai Car Seat selanjutnya adalah dengan memastikan pemasangannya sudah benar. Untuk anak bayi, idealnya diletakkan dengan kemiringan 45 derajat untuk menghindari kesulitan bernapas ketika si kecil duduk terlalu tegak. Namun begitu, jika produk car seat tidak bisa disetel, bagian bawah depan car seat bisa diganjal dengan gulungan handuk kecil agar posisi bayi agak rebah.

Baca juga  5 Cara Menghilangkan Karat Pada Chrome, Cukup Alumunium Foil

Kemudian, pastikan saat pemasangan Car Seat mengikuti petunjuk penggunaannya dan intruksi pemasangannya dengan teliti. Saat car seat sudah terpasang, uji terlebih dulu untuk memastikan apakah sudah kuat terpasang atau posisi sudah benar dengan cara mendudukkan anak (mobil dalam keadaan diam) dan memasang semua pengaman yang dimiliki car seat tersebut padanya.

Selain itu,  pastikan juga tali pengaman terletak sejajar atau di bawah bahu dan terpasang cukup ketat. Tali pengaman harus benar-benar terpasang pada pengamannya (hingga bunyi ‘klik’). Pada bayi yang sudah lebih besar, sudut kemiringan yang aman adalah 35 derajat.

Moladiners, itulah ulasan mengenai cara pakai Car Seat di mobil. Simak terus Moladin.com untuk mendapatkan informasi otomotif menarik dan terbaru lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika