oleh

Cara Pasang Spion Retractable, Tidak Sulit!

Mungkin saat ini kamu sedang mencari tahu cara pasang spion retractable. Spion jenis ini menarik karena membuat praktis sistem pelipatan spion, lantaran menggunakan motor penggerak alias elektrik untuk buka tutupnya. Jadi tidak perlu lagi lipat spion secara manual.

Spion retract ini juga sangat bermanfaat, karena dapat mempermudah pengguna mobil dalam berkendara. Khususnya saat berpapasan dengan mobil lain di jalan sempit atau saat sedang parkir di pinggir jalan.

Dengan kemampuanya yang retrakable spion bisa di buka tutup dari dalam mobil hanya dengan menekan tombol. Sayangnya, tidak semua mobil memiliki fitur bawaan ini.

Namun spion rectrack bisa dipasang dengan mudah, dengan cara plug and play, yakni menggabungkan socket to socket. Tidak ada pemotongan kabel atau perubahan komponen mobil, sehingga tidak merusak bagian mobil atau menganggu originilitas mobil.

Karena kemudahan ini, spion retrack banyak diburu. Di market place, harga spion retractable berkisar dari Rp 1-3 jutaan.

Tapi, jika kamu ingin membeli spion ini, juga harus paham jika spion ini dijual satu set yang terdiri dari beberapa bagian. Jangan sampai saat spion retrack mau dipasang ada komponen yang kurang.

Jika kamu membeli spion retrack, maka akan mendapat set motor penggerak. Lalu ada kabel untuk menyambungkan motor elektrik dengan tombol, dan switch pengatur spion.

Cara pasang spion retractable pun tidak sulit, bisa diaplikasikan sendiri di rumah. Maka dari itu berikut akan kami sampaikan panduan pasangnya.

Baca juga  Cara Membersihkan Oli Mesin yang Bercampur Air, Mudah!

Syarat Punya Fitur Retractable Mirror di Spion Mobil

Cara Pasang Spion Retractable
Kelebihan lain spion retrack adalah bisa melipat secara otomatis ketika remote mengunci dan otomatis terbuka ketika mesin mobil dihidupkan.

Cara pasang spion retractable tidak sembarangan. Jadi tidak asal pasang, perlu kamu ketahui dulu syaratnya.

“Yang terpenting mobil memiliki fitur electric mirror, karena sudah ada modul electricknya, inilah nanti yang digabungkan,” kata Putera mekanik mobil di bilangan Otista Jakarta Timur.

Putera menambahkan, pada prinsipnya spion retrack adalah proses mengubah cara melipat dan membuka spion secara manual menjadi elektrik.

“Kelebihan lain spion retrack adalah bisa melipat secara otomatis ketika remote mengunci dan otomatis terbuka ketika mesin mobil dihidupkan,” tambah Putera.

Ini Langkah-Langkah Pemasangan Retractable Mirror

Adapun cara pasang spion retractable atau retractable mirror terbilang mudah lantaran tidak ada potong kabel, bor, atau bor-boran. Berikut langkah-langkahnya, dengan contoh dilakukan pada Kijang Innova 2018. 

1. Buka baut yang nempel di doortrim.

2. Buka rumah twiter.

3. Buka doortrim.

4. Buka penel atau pegangan di doortrim, dan lepas soket-soketya. “Lalu di deket twiter, dekat kaca nanti ada 2 kabel spion, itu adalah kabel sen dan electric mirror. Lalu lepas soket-soketnya,” tambah Putera.

5. Setelah soket soketnya dilepas, buka tiga mur penyangga spion, dan lepaskan spionnya.

Baca juga  5 Cara Over Kredit Mobil, Dari Awal Hingga Akhir!

Selanjutnya buka cermin di spion, “Caranya, dorong bagian atas cermin kedalam,,,sehingga bagian bawah agak keluar, lalu tarik bagian bawah dengan perlahan.

6. Setelah kaca terlepas, buka 3 baut bintang penyangga spion di bagian bawah, alu buka 6 baut di dalem spion.

“Nanti disana akan ada 2 bagian kabel, lalu lepas dari soketnya. Selanjutnya cabut daleman spion, lepas semua kabel kabelnya, lalu ganti dengan produk spion retract aftermarket yang dibeli,” jelas Putera.

7. Setelah mengganti daleman spion, lepas 3 buat baut L yang ada di bagian bawah daleman.

8. Setelah semua kabel masuk ke jalurnya, pasang kembali semua baut-baut yang tadi dilepas, serta sambung kembali kabel yang tadi dilepas. Lalu lanjut pasang spion ke mobil Innova kamu.

9. Selanjutnya sambungkan kabel abu dan biru ke dalem soket yang masih kosong. Lalu tarik kabel dari pintu ke arah kabin Innova melewati karet pintu.

10. Setelah kabel berada di kabin, sambungkan kabel merah yang terdapat di retract ke strum, kabel hitam ke ground lalu, sambungkan soket hijau ke modul, lalu sambungkan soket hijau yang terdapat di modul ke switch retract.

“Setelah itu sambungkan kabel warna orange yang terdapat di modul ke central lock posisi close, lalu kabel ungu sambungkan ke kabel ACC ON
lalu kabel hijau sambung ke kabel lampu senja, spion rectrack pun siap digunakan,” kata Putera lagi.

Baca juga  Cara Membuat Shampo Mobil Dengan Biaya Hemat

Perlakuan Spion Retract Supaya Awet

Cara Pasang Spion Retractable
Salah satu perilaku yang membuat spion retrack awet adalah dengan tidak melipatnya secara manual. 

Meski tak sadar atau tak disengaja, jangan remehkan akibat lipat spion secara manual pada retractable mirror. Salah satu masalah yang kerap timbul dengan sistem electric retract adalah putaran spion tak lagi sempurna.

Selanjutnya spion retrack juga harus perlu perawatan supaya awet. Minimal kita bisa dengan benar cara menggunakannya.

Salah satu perilaku yanbg membuat spion retrack awet adalah dengan tidak melipatnya secara manual. 

Karena kebiasaan ini bisa mengakibatkan gear di dalam spion mengalami kerusakan. Gear itu sendiri berfungsi untuk menjaga agar putaran spion yang baru dilipat kembali normal.

“Kalau sudah bablas seperti itu mesti dikembalikan normal, karena akan terus begitu kalau tidak diperbaiki,” tambah Putera.

Karena perbaikan spion itu mesti dilakuan dengan mengganti motor spion, hal ini karena girnya serangkai dengan motor penggerak tersebut.

Permasalahan lain yang bisa terjadi pada spion retrack adalah masalah kelistrikan. Akibatnya bisa bermacam-macam, seperti tombol tidak berfungsi atau macet.

Malah bisa juga respon yang diberikan spion berbeda dengan tombol yang ditekan. Misal jika kamu menekan kanan, malah yang kelipat di sisi kiri. Begitu sebaliknya.

Kondisi itu biasanya muncul karena kesalahan slot kabel yang dipasang ke panel listrik. Umumnya terjadi pada spion rectract aftemarket. Demikian ulasan terkait cara pasang spion retractable. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Terbaru