by

Catatan Penjualan Daihatsu di 2020, Ada Positifnya!

Penjualan Daihatsu di 2020 berhasil menembus angka 100.026 unit. Pencapaian itu mengalami penurunan sebesar 44 persen, jika dibandingkan tahun 2019 lalu.

Beruntung pada semester kedua tahun 2020, penjualan otomotif nasional mengalami pertumbuhan positif. Alhasil berdampak kepada kenaikan penjualan seluruh pabrikan, termasuk Daihatsu.

Pertumbuhan penjualan di semester kedua tahun 2020 lalu, setidaknya menjadi sinyal positif untuk memasuki tahun 2021. Meski saat ini pandemi tak kunjung selesai di Indonesia.

Mengacu pada penjualan ritel mobil seluruh Indonesia di tahun 2020 lalu. Tercatat membukukan penjualan sebesar 578 unit.

Torehan itu mengalami penurunan yang sangat drastis, mencapai 45 persen. Bila dibandingkan dengan tahun 2019 lalu.

Seperti diketahui, awal pandemi atau semester pertama tahun 2020 lalu. Penjualan otomotif di Indonesia merosot tajam. Bahkan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pun harus merevisi target penjualan otomotif secara nasional.

Para pabrikan otomotif di Indonesia setidaknya merasakan imbas dari pandemi yang melanda Indonesia, maupun global. Uniknya Daihatsu di tahun lalu berhasil meraih pencapaian positif dalam penjualan.

Baca juga  5 Kelebihan Daihatsu Xenia, Masih Layak Dibeli?

Meski secara garis besar, penjualan mereka mengalami penurunan yang juga cukup drastis.

Sigra dan Granmax Topang Penjualan Daihatsu di 2020

Penjualan Daihatsu di 2020
Torehan penjualan Daihatsu di 2020

Meskipun secara penjualan Daihatsu di 2020 mengalami penurunan mencapai 44 persen. Namun ada torehan positif dari pencapaian itu.

Ya, market share Daihatsu mengalami kenaikan sebesar 0,3 persen menjadi 17,3 persen hingga akhir tahun 2020. Torehan itu setidaknya jadi angin segar bagi pabrikan.

Terlebih penjualan Daihatsu di 2020 itu bisa menjadi acuan untuk meraih pencapaian positif di tahun 2021. Ini.

Adapun kontribusi besar dalam penjualan Daihatsu masih didorong oleh tiga produk unggulan mereka, yakni Daihatsu Sigra, Daihatsu Gran Max Pikap, dan juga Daihatsu Terios.

Daihatsu Sigra berhasil jadi produk terlaris Astra Daihatsu Motor sepanjang tahun 2020 lalu. Penjualan MPV LCGC itu tercatat sebanyak 26.219 unit atau menyumbang 26,2 persen dari total penjualan Daihatsu di 2020.

Di posisi kedua disusul Gran Max Pikap yang menyumbang 24,3 persen dari penjualan Daihatsu. Dengan total penjualan sebesar 24.297 unit.

Baca juga  Menilik Lebih Dalam Spesifikasi Daihatsu Sirion

Ketiga dengan penjualan tertinggi ditorehkan oleh segmen sport utility vehicle (SUV), yakni Daihatsu Terios yang berhasil terjual sebanyak 14.493 unit atau sekitar 14,5 persen dari total penjualan Daihatsu di Indonesia.

“Daihatsu bersyukur dapat menutup tahun 2020 dengan market share 17,3%. Penurunan penjualan Daihatsu juga masih lebih baik dibandingkan penurunan pasar secara nasional,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Sejalan dengan itu, bukan tidak mungkin penjualan Daihatsu di Indonesia akan kembali pulih pada tahun 2021 ini. Mengingat ADM sejatinya tengah menyiapkan serangkaian produk teranyar untuk pasar domestik.

Paling ditunggu ialah Daihatsu Rocky yang diproyeksi bakal rilis di tahun ini. Well.. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian.

Baca juga:

Terbaru