by

Catatan Penjualan Daihatsu di Oktober, Benarkah Naik?

Penjualan Daihatsu di masa pandemi mengalami pasang surut di Indonesia. Pun begitu, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) masih mampu mempertahankan posisi peringkat ke-2 dengan penjualan terbesar di Indonesia.

Jelang akhir tahun 2020, industri otomotif Tanah Air mulai memasuki masa pemulihan. Meski pada pertengahan tahun sempat berada di titik terendahnya, karena terdampak pandemi Covid-19.

Secara nasional, penjualan otomotif mengalami pertumbuhan menuju tren positif dibandingkan sebelumnya. Pasar otomotif terus meningkat, penjualan retail naik 6 persen jadi sekitar 46 ribu unit, sedangkan wholesales naik 1 persen jadi sekira 49 ribu unit.

Pertumbuhan pasar otomotif di Indonesia jelang akhir tahun tersebut juga turut mempengaruhi sejumlah pabrikan. Termasuk Daihatsu di Indonesia yang juga meraih penjualan positif.

Penjualan Daihatsu Januari – Oktober 2020

Penjualan Daihatsu Oktober 2020
Xenia merupakan kembaran dari Avanza yang cukup laris di Indonesia

Tercatat sejak bulan Januari hingga Oktober 2020, penjualan Daihatsu berhasil menduduki peringkat ke-2 dengan penjualan retail menembus angka 81.623 unit.

Torehan itu juga mampu meningkatkan market share Daihatsu menjadi 18 persen, jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2019 yakni sebesar 19 persen.

Baca juga  Rahasia Desain dan Perawatan Kendaraan Komersial Isuzu

Sementara untuk wholesales, penjualan Daihatsu tercatat menembus angka 77.471 unit dengan peningkatan market share menjadi 18,4 persen. Naik jika dibandingkan tahun sebelumnya, yakni sebesar 17,7 persen.

“Kami bersyukur penjualan Daihatsu hingga Oktober tetap mencatatkan hasil positif,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Lebih lanjut Ia pun menjelaskan, “Kami berharap peningkatan penjualan di sektor otomotif dapat membantu pemulihan perekonomian Indonesia secara keseluruhan”.

Pencapaian penjualan Daihatsu yang mulai membaik itu tak lepas dari tingginya permintaan untuk segmen kendaraan komersial. Penjualan retail Daihatsu pada Oktober 2020 menembus angka 8.135 unit.

Gran Max berkontribusi besar dalam penjualan Daihatsu di bulan Oktober lalu dengan torehan penjualan sebesar 2.827 unit, atau berkontribusi sebesar 34,8 persen

Di posisi kedua dihuni oleh Daihatsu Sigra yang mumbukukan penjualan sebanyak 1.782 unit  atau sekitar 21,9 persen dan Ayla terjual sebanyak 1.013 unit atau menyumbang 12,5% dari total penjualan Daihatsu di Indonesia.

Baca juga  Kiprah Daihatsu yang Sukses Produksi 30 Juta Mobil

Pemulihan pasar otomotif saat ini tak lepas dari pulihnya perekonomian Indonesia secara bertahap. Di mana Pemerintah Indonesia mengupayakan pemulihan ekonomi di masa pandemi saat ini.

Peningkatan ekonomi tersebut tercermin pada PDB (Produk Domestik Bruto) secara YoY (Year on Year). Walaupun memasuki kondisi resesi, namun terjadi peningkatan positif juga. Di mana pada Kuartal II berada di -5,32% menjadi -3,49% pada Kuartal III.

Selain itu, menurut laporan yang dikeluarkan oleh lembaga internasional seperti WEO – IMF (World Economy Outlook – International Monetary Fund) pada Oktober 2020.

Persentase penurunan ekonomi Indonesia sebesar -1,7 persen, dapat dikatakan bahwa kondisi perekonomian Indonesia relatif lebih baik dibandingkan kondisi perekonomian negara lainnya.

Baca juga:

Terbaru