Jumat, April 19, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Cek Kondisi Rantai Setelah Perjalanan Jauh, Rentan Kendor, Begini Cara Atasinya

by Jinny
Merawat Sepeda Motor

Halo sobat Jinny, gimana perjalanan mudik kemarin? Pastinya melelahkan ya. Tapi jangan lupa ya cek kondisi rantai motor setelah mudik, biar salah satu komponen ini makin awet. Pemeriksaan rantai sepeda motor setelah digunakan untuk mudik perlu dilakukan untuk menjaga rantai tetap dalam keadaan ideal. Kondisi selama perjalanan ke kampung halaman membuat rantai rentan kendor yang bisa diakibatkan oleh beberapa hal. Saat kalian menghadapi kondisi jalanan yang macet dan beban ekstra dari barang bawaan serta penumpang, menyebabkan rantai motor kalian rentan kendor.

[product product=”Honda Supra X 125 Fi” images=”https://cdn.moladin.com/motor/honda/Honda_Supra_X_125_Fi_2092_89281_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/honda/honda-supra-x-125-fi-bebek-4-langkah-sohc-125cc?utm_source=honda_suprax_125_fi&utm_medium=blog_cek-kondisi-rantai_button_biru&utm_campaign=utm_name%3honda_suprax_125_fi” price=”Rp. 797.000,-*” description=”*Angsuran mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

Cek Kondisi Rantai Pada Bagian Ini, Pastikan Rantai Tidak Oblak

Cek Kondisi Rantai Pada Bagian Ini, Pastikan Rantai Tidak Oblak

Namun hal tersebut bisa kalian atasi sendiri dengan mudah, guys. Cara mengencangkan rantai dilakukan dengan mengencangkan baut as roda belakang hingga ke jarak yang disarankan. Cara lain adalah memotong rantai motor namun opsi ini digunakan jika setelan rantai sudah mentok. Dan memotong rantai motor itu tidak bisa dilakukan sembarangan, gak boleh ngasal potong. Maksimal pemotongan hanya dua mata rantai itupun kalian harus menggunakan alat khusus pemotong rantai. Jika sudah dipotong namun rantai tetap kendor, maka harus ganti rantai dengan yang baru.

Baca juga  Keuntungan Isi Bensin Malam Hari

[product product=”Yamaha Jupiter Z1″ images=”https://cdn.moladin.com/motor/yamaha/Yamaha_Jupiter_Z1_2064_66859_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/yamaha/yamaha-jupiter-z1-bebek-air-cooled-4-stroke-sohc-115cc?utm_source=yamaha_jupiter_z1&utm_medium=blog_cek-kondisi-rantai_button_biru&utm_campaign=utm_name%3Dyamaha_jupiter_z1″ price=”Rp. 800.000,-*” description=”*DP mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

Pemotongan rantai juga melihat kondisi gir sepeda motor apakah masih bagus atau sudah aus karena pemakaian. Jika gir sudah aus, opsi memotong rantai tidak akan menyelesaikan masalah karena rantai akan kembali kendor. Jika kedua opsi diatas sudah dilakukan namun rantai tetap kendor maka jalan keluarnya adalah mengganti dengan rantai baru. Penggantian rantai baiknya juga diikuti dengan mengganti gir depan dan belakang alias 1 set. Ini agar membuat performa rantai juga gir tidak timpang akibat kondisi yang berlainan di kedua suku cadang tersebut.

Pastikan Ketegangan Rantai Tidak Terlalu Kencang

Pastikan Ketegangan Rantai Tidak Terlalu Kencang

Selain itu usahakan pemeriksaan dilakukan ke bengkel terpercaya atau bengkel resmi karena memiliki peralatan yang lebih tepat untuk mengencangkan rantai sepeda motor. Lalu supaya rantai awet disarankan untuk menjaga kebersihan rantai dengan membersihkan motor sehabis hujan dan memberi pelumas khusus rantai secara berkala. Ubah juga perilaku berkendara yang serampangan supaya usia pakai sparepart sepeda motor kesayangan bisa lebih awet. Dan gunakan rantai motor dengan kualitas yang bagus, sedikit mengeluarkan uang lebih untuk yang lebih bagus tidak akan rugi, kok.

Baca juga  Kredit Motor, Ditolak? Coba Cek Penyebab Berikut!

[product product=”Suzuki Smash FI New” images=”https://cdn.moladin.com/motor/suzuki/Suzuki_Smash_FI_New_2134_88819_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/suzuki/suzuki-new-smash-fi-bebek-2-katup-berpendingin-udara-4-langkah-sohc-115cc?utm_source=suzuki_smash_fi_new&utm_medium=blog_cek-kondisi-rantai_button_biru&utm_campaign=utm_name%3Dsuzuki_smash_fi_new” price=”Rp. 500.000,-*” description=”*DP mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

Nah, kira-kira begitulah tips untuk cek kondisi rantai setelah perjalanan jauh, dan cara mengatasinya. Kalian bisa cari referensi produk perawatan rantai yang cocok buat motor kalian disini.

Ingat Motor, Ingat Moladin!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika