Kamis, Maret 28, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Cara Cek Plat Nomor Online, Mudah dan Bisa di Mana Saja!

by Baghendra Lodra
biaya ganti plat motor

Cek Plat Nomor Online – Sebagai Warga Negara Indonesia, tentu kamu memiliki KTP yang berfungsi sebagai identitas diri. Begitu juga dengan kendaraan bermotor, memiliki STNK, BPKB, dan plat nomor yang umumnya berwarna hitam dan putih sebagai identitasnya.

Sangat mudah mengetahui asal-usul sebuah mobil dari plat nomornya. Posisi yang terpampang jelas di bemper depan dan belakang mobil jadi alasan. Siapa saja bisa melihatnya, tanpa kesulitan. Beda dengan STNK dan BPKB yang pasti letaknya tersembunyi. Setidaknya Anda harus mengenal pemilik mobil terlebih dulu, baru bisa melihat kedua surat-surat tersebut.

Plat nomor bukan sembarang besi lempengan dengan deretan huruf dan angka saja. Guna plat nomor juga sebagai bukti yang sah terkait izin beroperasi di jalan raya. Tanpa komponen tersebut, motor dan mobil dikategorikan “bodong” alias tidak boleh jalan.

Bisa dipastikan, setiap kendaran yang melintasi jalanan memiliki plat nomor yang berbeda. Aturan ini sebenarnya tidak hanya berlaku di Indonesia. Di negara lain, di seluruh penjuru dunia pun, setiap kendaraan memiliki identitas berupa plat nomor.

Tampilannya mungkin berbeda, ada plat nomor warna hitam serta putih. Walau demikian, tetap saja berisi deretan huruf dan angka. Nah dari kode-kode itulah kita bisa tahu lebih detail soal identitas dari kendaraan. Mau tahu lebih detail soal plat nomor kendaraan? Bagaimana cara mengetahui identitas kendaraan dari plat nomor?

Lewat bahasan ini, kami akan kasih tahu jawaban lengkapnya. Sekaligus ada tips untuk melakukan cek plat nomor online yang sangat mudah. Mau tahu? 

Manfaat Cek Plat Nomor Kendaraan Secara Online

cek plat nomor online

Cek plat nomor online bisa untuk mengetahui identitas pemilik kendaraan secara cepat

Mengecek Identitas Pemilik Kendaraan Pelaku Tabrak lari

Manfaat pertama cek plat nomor kendaraan melalu online adalah mempermudah untuk mengetahui identitas pemilik mobil atau motor. Misalnya saja kamu menjadi korban musibah tabrak lari, maka saat itu juga kamu bisa memfoto plat nomor kendaraan yang kabur tersebut dan mengecek alamat dan identitasya untuk diminta pertanggungjawaban.

Untuk Mengetahui Status Pajak Kendaraan

Selanjutnya, selain identitas dan alamat pemilik kendaraan, dengan fasilitas cek plat nomor kendaraan melalui online juga bisa untuk mengecek status pembayaran pajak kendaraan. Jadi Anda akan lebih lengkap mengetahui informasi mengenai kendaraan bekas yang akan dibeli.

Cek plat nomor kedaraan online juga bisa dimanfaatkan saat kamu berniat membeli kendaraan bekas melalui platform digital. Sebelum kamu mendatangi untuk melihat unit kendaraan yang akan dibeli, kamu bisa mengecek terlebih dahulu identitasnya, sesuai atau tidak? Jangan sampai kendaraan yang akan dibeli tersebut, berstatus bodong atau ilegal.

Jika sinyal internet optimal, cek plat nomor kendaraan melalui online bisa sangat cepat, kira-kira tidak lebih dari 2 menit. Yup, di era digital seperti sekarang ini tentu dengan adanya layanan cek plat nomor kendaraan melalui online sangat mempermudah pemilik atau pembeli mobil dan motor bekas.

Selain mudah dan cepat, tentunya dengan sistem online maka pemilik mobil atau pembeli mobil dan motor bekas bisa mengecek dari mana saja. Bisa dari kantor, dari rumah atau bahkan dari luar kota atau luar negeri. Lalu siapa saja juga dapat melakukannya.

Baca juga  5 Risiko Mobil Pikap Bawa Muatan Berlebih, Jangan Dicoba!

Cara Cek Plat Nomor Kendaraan Tanpa Online atau dengan Kasat Mata

Cek plat nomor online

Ilustrasi pelat nomor kendaraan warna putih

Sebelum membahas cara cek plat nomor online, kamu bisa mengidentifikasi secara manual alias kasat mata. Caranya cukup melihat kombinasi huruf dan angka di plat nomor warna hitam dan putih di setiap kendaraan. Huruf yang ada di depan mengindikasikan lokasi asal kendaraan. Contohnya saja F, pasti dari Bogor. Kemudian B asal Jakarta, dan lain-lain.

Kemudian empat angka di tengah, menampilkan jenis kendaraan. Misal khusus sepeda motor dapat angka 2000 s/d 6999. Kendaraan penumpang beda lagi, angkanya 1 s/d 1999. Untuk kode huruf setelah angka, itu menggambarkan detail lokasinya. Contoh seperti di gambar: DL. Maka bisa dipastikan asal dari Kota Bogor, bukan kabupaten.

Sementara untuk angka paling bawah di plat nomor, itu untuk mengetahui masa berlakunya. Jika tertera 11.22, maka November 2022 harus ganti dengan yang baru berwarna putih.

Sebagai informasi, plat nomor mobil dan motor yang dimiliki warga sipil umumnya berwarna hitam. Hanya saja semenjak akhir 2022, secara berkala diganti jadi plat nomor warna putih dengan huruf dan angka hitam. Tujuan penggantian warna plat nomor dari hitam ke putih adalah untuk memudahkan kamera CCTV dalam merekam ketika terjadi pelanggaran lalu lintas di jalan.

Di samping itu, plat nomor kendaraan tidak semuanya warna hitam dan putih. Ada pula yang warna merah berarti plat dinas pemerintah. Kemudian pelat putih dengan tulisan biru merupakan milik keduataan besar. Ada pula pelat nomor warna kuning dimaknai sebagai kendaraan umum. Tidak ketinggalan pelat nomor hijau yang digunakan di kawasan perdagangan bebas seperti Batam, Bintan, dan Karimun.

Sebenarnya, cara paling mudah melakukan pengecekan adalah mendatangi kantor Samsat terdekat. Mintalah bantuan pada petugas untuk melakukan pengecekan. Sebelum itu, tentunya beritahukan terlebih dahulu alasannya.

Jika petugas merasa alasan yang kamu kemukakan tidak ada hubungannya dengan tindak kriminal, pengecekan pun bisa dilakukan. Namun, tidak sedikit pengenudi mobil beranggapan bahwa cara ini terlalu rumit dan memakan waktu. Terlebih jika kamu adalah seorang pekerja yang sibuk, tentu saja harus mendatangi kantor Samsat hanya untuk melakukan pengecekan plat nomor sedikit merepotkan.

Arti Kode Huruf Depan Plat Nomor Wilayah Sumatera

Kode Huruf Asal Daerah Sumatera
BL Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam
BB Provinsi Sumatera Utara (Pesisir Barat)
BK Provinsi Sumatera Utara (Pesisir Timur)
BA Provinsi Sumatera Barat
BM Provinsi Riau
BP Provinsi Kepulauan Riau
BG Provinsi Sumatera Selatan
BN Provinsi Bangka-Belitung
BE Provinsi Lampung
BD Provinsi Bengkulu
BH Provinsi Jambi

Arti Kode Huruf Depan Plat Nomor Wilayah Jawa

A

Provinsi Banten

B

Provinsi DKI Jakarta

D

Provinsi Jawa Barat (Kota dan kabupaten Bandung)

F

Provinsi Jawa Barat (Kota dan Kabutapten Bogor, Kabutapen Cianjur, dan Kabupaten Sukabumi)

T

Provinsi Jawa Barat (Purwakarta, Karawang, Subang)

E

Provinsi Jawa Barat (Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan)

Z

Provinsi Jawa Barat (Garut, Sumedang, Tasikmalaya, Ciamis)

H

Provinsi Jawa Tengah (Semarang, Salatiga, Kendal, Grobogan)

G

Provinsi Jawa Tengah (Pekalongan, Brebes, Tegal, Slawi, Batang, Pemalang)

K

Provinsi Jawa Tengah (Pati, Kudus, Jepara, Rembang, Blora)

R

Provinsi Jawa Tengah (Banyumas, Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara)

AA

Provinsi Jawa Tengah (Magelang, Purworejo, Temanggung, Kebumen, Wonosobo)

AD

Provinsi Jawa Tengah (Surakarta, Sukoharjo, Boyolali, Sragen, Karanganyar, Wonogiri, Klaten)

AB

Provinsi D.I. Yogyakarta (DIY)

L

Provinsi Jawa Timur (Surabaya)

W

Provinsi Jawa Timur (Gresik, Sidoarjo, Mojokerto, Jombang)

N

Provinsi Jawa Timur (Malang, Probolinggo, Pasuruan, Lumajang)

P

Provinsi Jawa Timur (Besuki, Situbondo, Bondowoso, Jember, Banyuwangi)

AG

Provinsi Jawa Timur (Kediri, Blitar, Tulungagung, Nganjuk, Trenggalek)

AE

Provinsi Jawa Timur (Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan)

S

Provinsi Jawa Timur (Bojonegoro, Tuban, Lamongan)

M

Provinsi Jawa Timur (Pamekasan, Bangkalan, Sampang, Sumenep)

Baca juga  Rekomendasi Bengkel Cat Mobil, Biaya & Harga di Tahun 2022

Arti Kode Huruf Depan Plat Nomor Wilayah Bali dan Nusa Tenggara

DK

Provinsi Bali

DR

Provinsi Nusa Tenggara Barat (Mataram, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur)

EA

Provinsi Nusa Tenggara Barat (Sumbawa, Dompu, Bima)

DH

Provinsi Nusa Tenggara Timur (Kupang, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara)

EB

Provinsi Nusa Tenggara Timur (Ende, Sikka, Flores Timur, Ngada, Manggarai, Alor)

ED

Provinsi Nusa Tenggara Timur (Sumba Timur, Sumba Barat)

Arti Kode Huruf Depan Plat Nomor Wilayah Kalimantan, Sulawesi Maluku, dan Papua

KB

Provinsi Kalimantan Barat

DA

Provinsi Kalimantan Selatan

KH

Provinsi Kalimantan Tengah

KT

Provinsi Kalimantan Timur

KU

Provinsi Kalimantan Utara

DB

Provinsi Sulawesi Utara (Manado, Minahasa, Bitung)

DL

Provinsi Sulawesi Utara (Sangir Talaud)

DM

Provinsi Gorontalo

DN

Provinsi Sulawesi Tengah

DD

Provinsi Sulawesi Selatan

DC

Provinsi Sulawesi Barat

DT

Provinsi Sulawesi Tenggara

DE

Provinsi Maluku

DG

Provinsi Maluku Utara

DS

Provinsi Papua

PB

Provinsi Papua Barat

3 Cara Cek Plat Nomor Kendaraan Secara Online

cara cek plat nomor online

Inilah saatnya membahas cara cek plat nomor online untuk motor dan mobil. Buat melakukannya pastikan kamu memiliki koneksi internet baik itu lewat komputer atau laptop, maupun smartphone. Selanjutnya pengecekan bisa dilakukan melalui layanan SMS, tapi butuh pulsa.

Kalau tidak mau pakai pulsa, bisa cek di website samsat di setiap daerah yang tentunya punya laman berbeda-beda. Bisa pula gunakan smartphone dengan mengunduh aplikasi Samolnas lebih dulu.

1. Menggunakan Layanan Pesan Singkat Berbayar atau SMS

cek pajak online

Kamu dapat mengetahui identitas pemilik kendaraan bermotor dengan memasukkan nomor plat via SMS

Sebenarnya, cara cek pakai layanan ini sudah lama digaungkan oleh pihak Samsat demi memudahkan masyarakat dalam melakukan pengecekan plat nomor kendaraan.

Namun, masih belum banyak masyarakat yang menyadarinya karena minimnya informasi yang diterima. Oleh karena itu, simak kembali bagaimana cara cek plat nomor online dengan menggunakan SMS berikut ini.

Layanan pesan singkat berbayar alias SMS ini membantu memudahkan Anda untuk mengetahui beragam informasi terkait kendaraan, mulai dari merek, warna, jenis kendaraan, tahun produksi, hingga identitas kepemilikan motor dan mobil tersebut.

Sayangnya, layanan pengecekan ini belum tersebar merata di seluruh Indonesia, sehingga manfaatnya belum bisa dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Area yang didukung oleh layanan ini antara lain DKI Jakarta, Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, dan lain-lain.

Cara penggunaan layanan SMS untuk cek plat nomor online setiap daerah yang terdukung pun tidak sama. Berikut informasinya:

  • DKI Jakarta: ketik METRO (spasi) Nomor Polisi ke nomor 1717.
  • Provinsi Jawa Tengah: ketik JATENG (spasi) Nomor Polisi dan kirim ke 9600.
  • Provinsi Jawa Timur: ketik JATIM (spasi) Nomor Polisi dan kirim ke 7070.
  • Provinsi Jawa Barat:, ketik info (spasi) Nomor Polisi (spasi) warna kendaraan, kirimkan ke 08112119211.
  • Area Kepulauan Riau: ketik Kepri (spasi) Nomor Polisi kirim ke nomor 9969
  • Yogyakarta: ketik DIY (spasi) Nomor Polisi ke nomor 9600
  • Sumatera Barat: ketik PKB#Huruf depan plat nomor (spasi) Nomor polisi (spasi) Huruf belakang plat kendaraan dan kirim ke 08116941555
  • Sumatera Utara: ketik PAJAK (spasi) nomor polisi (spasi) warna plat dan kirim ke 3699
  • Nusa Tenggara Timur: ketik SAMSAT (spasi) nomor polisi (spasi) 5 digit terakhir nomor mesin kendaraan dan kirim ke 3130
Baca juga  10 Alat Pendingin Mesin Saat Mobil Overheat

2. Cek Plat Nomor Online Melalui Website Samsat

website samsat

Laman resmi samsat masing-masing daerah bisa digunakan untuk mengecek plat nomor secara online

Cara cek nomor selanjutnya selain melalui layanan SMS adalah dengan mengakses laman resmi Samsat masing-masing daerah. Untuk bisa masuk, tentu perangkat seluler Anda harus dihubungkan dengan koneksi internet yang cukup mumpuni. Berikut link dari masing-masing daerah:

  • Jawa Barat: bapenda.jabarprov.go.id/sipolin-samsat-jabar
  • Jawa Tengah: dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan
  • Jawa Timur: esamsat.jatimprov.go.id
  • Aceh: esamsat.acehprov.go.id
  • Banten: ditlantas.banten.polri.go.id/e-samsat-nasional
  • DKI Jakarta: samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_KBM
  • Yogyakarta: infonjkbdiy.com
  • Sumatera Barat: sumbarprov.go.id/info-pkb
  • Sumatera Utara: sumutprov.go.id/e-samsat
  • Sumatera Selatan: sumselprov.go.id/index.php/page/kategori
  • Jambi: jambisamsat.net/infopkb
  • Riau: riau.go.id/infopajak
  • Kepulauan Riau: rtmcpoldakepri.com/informasi-pajak-kendaraan-bermotor/
  • Kalimantan Tengah : samsatkalteng.id
  • Kalimantan Timur : kaltimprov.go.id/cari.php
  • Kalimantan Selatan : https://e-samsat.id/kalimantan-selatan/banjarmasin/
  • Sulawesi Tengah : sultengprov.go.id/pkb
  • Sulawesi Utara : sulutprov.go.id/index.php?page=cekpajak
  • Bali : bpdbali.id/infosamsat/
  • Nusa Tenggara Barat (NTB): ntbprov.go.id/page/informasi/info_pkb.php
  • Maluku Utara : 67.28.171/Kiosk/Kiosk.aspx

3. Aplikasi Smartphone

Cara cek plat nomor online selanjutnya bisa lewat aplikasi dari smartphone. Kamu bisa unduh aplikasi tersebut di Playstore untuk smartphone Android, tapi tiap daerah berbeda-beda. Umumnya di sana tidak sebatas menyediakan pengecekan nomor pelat kendaraan, tapi sekaligus mengetahui status pajak kendaraan, apakah masih aktif atau sudah nonaktif.

Berikut daftar nama aplikasinya yang bisa kamu unduh ketika ingin cek plat nomor kendaraan secara online:

  • Jawa Barat – SAMBARA
  • Jawa Tengah – SAKPOLE e-SAMSAT JATENG
  • Jawa Timur – E-Smart Samsat Jatim
  • DKI Jakarta – Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta
  • Yogyakarta – Pajak Kendaraan Yogyakarta
  • Aceh – Peluit Ditlantas Polda Aceh
  • Kepulauan Riau – Esamsat Kepri
  • Sulawesi Utara – Info Pajak Kendaraan Sulut
  • Sulawesi Selatan – eSamsat Sulsel
  • Kalimantan Utara – eSamsat Kalimantan Utara
  • Lampung – Info Pajak Kendaraan Bermotor Bapenda Lampung
  • Pontianak: Samsat Pontianak
  • Kalimantan Tengah: RC Polda Kalimantan Tengah
  • Nusa Tenggara Barat (NTB): Aplikasi Samsat Delivery

Kemudian, carilah fitur info pajak di aplikasi-aplikasi tersebut. Masukkanlah plat nomor yang ingin kamu tahu identitasnya. Hanya saja kelemahannya, kamu juga perlu tahu lima nomor rangka terakhir dari kendaraan tersebut. Maka setelah itu, kamu bakal mengetahui data-data dari pemilik plat nomor secara rinci.

Demikianlah ulasan seputar cara cek plat nomor online yang mudah untuk kamu coba sendiri. Jadi, sekarang tidak perlu lagi panas-panasan ke Samsat hanya untuk melakukan cek plat nomor. Kamu bisa pakai tiga langkah mudah di atas sesuai dengan kebutuhan. Semoga bermanfaat ya! Untuk informasi menarik lain seputar dunia otomotif, kamu bisa pantau terus Moladin.com

Ditulis ulang oleh: Firdaus Ali

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika