Friday, February 3, 2023
Banner

Cerita Koleksi Mobil Pele, Hingga Belajar Nyetir di Lahan Pabrik DKW

by Tigor Sihombing

Sebagai legendaris dunia sepak bola, deretan koleksi mobil Pele terbilang merakyat. Tidak seperti atlet-atlet berprestasi di ajamannya yang mungkin sudah mengkoleksi deretan mobil sports seperti Porsche, Maserati atau Ferrari.

Meski begitu, dari kesederhanaan yang terpancar tersebut lah pemilik nama asli Edson Arantes do Nascimento tersebut mampu dikagumi dan dihormati berbagai lintas generasi baik tua atau pun muda. Padahal secara ekonomi, dalam hal mengkoleksi mobil mewah bukanlah perkara sulit untuk Pele.

Apa lagi pria kelahiran Tres Coraçoes, Minas Gerais, Brasil, 23 Oktober 1940 juga tercatat sebagai pensiunan atlet terkaya di dunia versi Forbes di urutan ke 10, pada tahun 2015.

Sebagaimana diketahui, Pele dinyatakan meninggal dunia pada usia 82 tahun akibat kanker, pada 29 Desembar 2022 lalu. Beberapa sumber menyebut sepanjang berkarir di sepak bola Pele sudah mencetak sebanyak 757 gol dalam 831 pertandingan, dan mencetak rekor 92 hattrick.

Pele juga berhasi membawa Brazil menyabet juara Piala Dunia pada tahun 1958, 1962, dan 1970. Prestasi tersebut membawa Pele masuk rekor sebagai satu-satunya pesepakbola yang meraih titel Piala Dunia terbanyak.

Baca juga  Spesifikasi VW Golf R Estate, Mobil Sport untuk Keluarga

Nah selama hidupnya Pele diketahui memiliki beberapa koleksi mobil. Mengutip The Indian Express , berikut koleksi mobil pesepakbola terhebat sepanjang masa dan pemenang Piala Dunia tiga kali yang didapat dari hadiah.

1. Volkswagen Beetles

Volkswagen Beetles diperoleh Pele setelah berhasil mengantarkan negaranya menjuarai Piala Dunia pada tahun 1958. Menurut beberapa laporan,Volkswagen Beetles merupakan mobil pertama Pele yang diperoleh kala berusia 18 tahun. Mobil Hatchback ini mengeluarkan tenaga sebesar 23,67 bhp dan berkecapatan mencapai 100 km/jam tercatat sebagai salah satu mobil paling laris sepanjang masa.

2. Mercedez 250 W114

Pele juga mendapatkan hadiah mobil mewah pabrikan Jerman yakni Mercedes 250 W114. Mobil berkapasitas mesin 2,5 liter straight-six ini menghasilkan tenaga 126,24 bhp , dan kecepatannya bisa mencapai 180 km/jam. Adapun akselerasi Mercedes 250 W114 dari 0-100 kmpj hanya butuh waktu 13 detik.

3. Mercedes 280 SE W108

Mercedes 280 SE W108 turut terpakir di garasi mantan pemain Santos FC ini. Diketahui Mercedes 280 SE W108 merupakan pendahulu Mercedes S Class yang masuk dalam mobil mewah berteknologi tinggi. Tenaga yang dimuntahkan dari Mercedes 280 SE W108 yakni 56,8 bhp dan torsi puncak 240 Nm.

Baca juga  VW T7 Multivan Sebentar Lagi Meluncur, Pas Buat Keluarga

4. Aero Willys 2600

Tidak hanya itu, Pele juga memperoleh hadiah mobil Aero Willys 2600 diproduksi oleh Willys Overland. Mobil yang mengusung mesin bensin 6 silinder ini mampu menghasilkan tenaga puncak 109 bhp dan torsi puncak 190 Nm.

Belajar Nyetir Mobil

koleksi mobil Pele

Pele belajar nyetir mobil di usia 18 tahun dengan menggunakan mobil VW Beetle.

Ada kisah menarik saat Pele pertama kali belajar nyetir mobil. Mengutip laman Thestoriest 2 januari 2022, dikatakan  mobil pertama Pele merupakan VW Beetle pemberian Volkswagen usai dirinya meraih Piala Dunia 1958.

Nah mobil inilah yang digunakan Pele belajar mengendarai mobil untuk yang pertama kalinya. Dikutip dari Motorauthority, Pele belajar mengemudi di lahan pabrik mobil DKW yang kini dikenal sebagai Audi.

Kala itu, Pele baru menginjak usia 18 menuju 19 tahun. Setelah menjalani sesi tersebut, dia baru bisa mengemudikan VW Beetle pemberian Volkswagen.

Setelah mendapatkan hadiah dari VW, hubungan Pele dan pabrikan Jerman pun semakin erat. Hingga akhir hayat Pele juga sempat menjadi Brand Ambassador VW sejak 2013 hingga akhir hidupnya.

Baca juga  Volkswagen Polo GTI Facelift 2021, Meluncur Sebentar Lagi

Demikian ulasan terkait beberapa koleksi mobil Pele yang pernah dimiliki selama hidupnya. Bagaimana ? lumayan sederhana kan untuk legendaris sepak bola seperti Pele. Jangan lupa untuk baca berita otomotif menarik lainnya di Moladin.com.

 

 

 

 

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika