by

3 Ciri-Ciri Fuel Pump Motor Rusak, Bikers Harus Tahu

Kuda besi kesayangan kamu susah hidup? Bisa jadi itu salah satu ciri-ciri fuel pump motor rusak.

Sepeda motor saat ini banyak yang sudah menggunakan sistem pengabutan bahan bakar injeksi, sebut saja Yamaha Vixion, Honda Beat, hingga Suzuki GSX-R150. Otomatis mereka juga memiliki komponen fuel pump atau pompa bahan bakar.

Fuel pump memiliki peranan penting dalam menyalurkan bahan bakar ke injektor sesuai dengan kebutuhan. Tak hanya itu, fuel pump juga berfungsi menjaga tekanan dari bensin agar tetap tinggi.

Sebagaimana disampaikan oleh Jainur Rohim, mekanik dari Satria Restoration. Jika terjadi kerusakan pada pompa bahan bakar ini, tentu tekanan bahan bakar bakalan lemah dan akan mempengaruhi kinerja mesin.

“Fuel pump sangat penting diperhatikan kondisinya, kalau bermasalah sebaiknya segera dilakukan perbaikan,” tegasnya.

Ditambahkan oleh pria yang akrab disapa Mas Nur ini, fuel pump motor bisa rusak karena dua penyebab, yaitu usia pakai dan kebiasaan membiarkan tangki bahan bakar nyaris kosong.

Secara umum, fuel pump bisa bertahan hingga lima tahun apabila diperlakukan secara normal. Jadi kalau usianya di bawah itu, berarti ada cara pemakaian yang tidak benar.

Dalam hal ini, kita bisa merawat fuel pump motor dengan menjaga volume bensin tidak kosong di dalam tangki. Setidaknya ada bahan setengah tangki setiap motor digunakan. Bahkan yang terbaik, selalu isi full tank.

Baca juga  3 Proses Pengurusan STNK Motor Baru dan Biayanya

Lalu seperti apa ciri-ciri fuel pump motor rusak? Berikut ada tiga tanda yang bisa kamu cek:

1. Motor Susah Dihidupkan

ciri-ciri fuel pump motor rusak
motor susah hidup, bisa jadi fuel pum motor rusak

Ciri-ciri fuel pump motor rusak yang pertama adalah motor susah dihidupkan. Jika pompa melemah, maka tekanan pasokan bensin ke injektor pun akan melambat juga. Sehingga membuat mesin harus dicoba unntuk dinyalakan berkali-kali.

Hal ini biasanya juga terjadi karena fuel pump tersumbat kotoran dan membuat asupan bahan bakar ke ruang bakar menjadi tersendat.

Setelah mesin berhasil hidup, saat digas pun mesin motor masih akan terasa brebet, hal ini disebabkan karena kurangnya pasokan bensin yang masuk. Tak jarang bahkan motor bisa mati total.

2. Indikator Cek Engine Berkedip Jadi Ciri-Ciri Fuel Pump Motor Rusak

WhatsApp Image 2021 02 25 at 16.47.40 1
jika indikator cek engine menyala bisa jadi fuel pump bermasalah

Selain motor susah hidup, Ciri-ciri fuel pump motor rusak selanjutnya adalah indikator cek engine yang berkedip. Beberapa pabrikan motor saat ini menghadirkan fitur indikator cek engine, contohnya di Yamaha Vixion.

Hal ini guna mengetahui apabila terdeteksi tekanan bensin melemah, maka indikator cek engine pun akan berkedip dengan pola tertentu untuk memberikan sinyal kepada si pemilik kendaraan.

Baca juga  Perbedaan Motor 2 Tak dan 4 Tak yang Perlu Kamu Tahu

Namun, fuel pump yang rusak tidak selalu ditandai dengan Malfunction Indicator Lamp (MIL) atau kode kerusakan pada panel instrumen berkedip.

Lampu MIL adalah lampu indikator yang mendeteksi kerusakan motor pada sistem injeksi. Lampu MIL berada pada bagian speedometer motor yang berwarna oranye. Apabila terjadi permasalahan pada sensor atau sistem injeksi, maka lampu MIL akan menyala dan berkedip.

Pada saat kunci kontak pada posisi on MIL akan menyala sekitar 0,3 detik dan akan mati kembali. Pada saat MIL menyala ECM akan mendeteksi ada tidaknya kerusakan pada sistem sensor. Apabila tidak terjadi kerusakan maka MIL akan mati.

Tentunya kalau lampu ini berkedip dan disertai beberapa gejala di atas, maka sepertinya sudah jelas kalau fuel pump motor kamu harus diganti.

3. Suara Pompa Melemah

WhatsApp Image 2021 02 25 at 16.47.40

Ciri-ciri fuel pump motor rusak selanjutnya adalah, biasanya ketika kita memutar kunci kontak motor ke posisi ON akan selalu terdengar bunyi dengungan selama beberapa detik.

Suara itu berasal dari tangki kendaraan. Ketika fuel pump motor rusak atau lemah, maka bunyi yang ditimbulkan pun juga tidak terlalu nyaring.

Baca juga  5 Cara Membuat Motor Kencang dengan Mesin Standar

Jika salah satu dari tiga ciri-ciri fuel pump motor rusak di atas, terjadi pada kuda besi kesayaangan, sudah seharusnya segera bawa ke bengkel terdekat.

Biasanya, bengkel resmi akan langsung melakukan pengecekan dan tes terhadap motor kamu dengan menggunakan full pressure gauge. Alat ini berfungsi untuk membaca kerusakan yang terjadi pada pompa bensin motor kamu.

Jika kendaraan terlanjur mengalami kerusakan pada pompa bensin, cara satu-satunya adalah dengan mengganti satu set paket pompa yang berisikan motor pompa, IC control, fuel level gauge dan juga saringan.

Sebagai gambaran kamu, harga satu set fuel pump sepeda motor Yamaha Vixion dijual dengan harga mulai dari Rp 500 ribuan samapai dengan Rp 700 ribuan.

Nah, untuk itu ada baiknya kamu melakukan perawatan rutin pada sepeda motor kamu mulai sekarang. Jangan sampai, sepeda motor kesayanganmu mengalami kendala, apalagi saat dalam perjalanan touring misalnya.

Buat kamu yang mau tahu informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru