oleh

5 Ciri Klep Mesin Mobil Bocor, Waspada!

Ciri klep mesin mobil bocor mudah dikenali. Salah satunya adalah keluarnya asap putih dari knalpot saat mesin mobil dihidupkan.

Asap putih tersebut muncul akibat oli yang ikut masuk ke ruang bakar melalui celah batang klep dengan bosh klep. Selain itu, oli juga akan merembes ke ujung elektroda busi yang berpotensi mesin akan dipenuhi kerak karbon dari oli tersebut.

Klep mesin mobil terbuat dari bahan material karet. Fungsinya untuk menyekat mesin dengan klep yang berada di ruang bakar. Meski terbuat dari material karet khusus dan diklaim tahan pada suhu tinggi, tentu klep mesin mobil juga bisa aus karena usia pakai.

Ditambah, setiap pabrikan mobil juga tidak bisa memberikan patokan pasti untuk menghitung usia pakai komponen ini. Oleh karena itu, untuk mengetahui ciri klep mesin mobil bocor bisa dilakukan dengan cara melihat indikasi atau gejalanya.

Mau tahu ciri klep mesin mobil bocor lebih jauh. Mari kita simak ulasannya berikut ini.

1. Keluar Asap Putih Dari Knalpot

ciri klep mesin mobil bocor
Muncul asap putih tebal dari knalpot

Ciri klep mesin mobil bocor yang pertama adalah munculnya asap putih dari knalpot saat mesin mobil dinyalakan. Yup, seperti sudah diutarakan sebelumnya bahwa penyebabnya adalah karena oli sudah masuk ke ruang bakar mesin.

2. Oli Mesin Berkurang

ciri klep mesin mobil bocor
Oli mesin menjadi boros

Ciri klep mesin mobil selanjutnya adalah volume oli mesin berkurang. Misalnya volume oli yang biasanya 4 liter, akibat klep bocor maka oli bisa berkurang.

Baca juga  5 Masalah Mesin Diesel yang Biasa Terjadi!

“Volume oli di dalam mesin akan berkurang jika klepnya bocor. Imbasnya oli akan rembes ke ruang bakar dan tentu saja volumenya akan berkurang. Jika dibiarkan berlarut-larut imbasnya bisa merusak komponen mesin lainnya,” ungkap Aris Triyono, Service Advisor Daihatsu. (17/5/2022).

3. Tenaga Mesin Loyo

ciri klep mesin mobil bocor
Ilustrasi orang sedang injak gas mobil

Kemudian, ciri klep mesin  mobil bocor yang mudah dikenali adalah tenaga mesin mobil menjadi loyo alias berkurang.

Puncak performa mesin akan dapat diraih pada saat semua komponen berjalan normal. Baik itu sistem pengapian maupun sistem bahan bakar, keduanya bekerja dengan baik dan catatan klep dan kompresi baik.

Akan tetapi jika performa mesin terasa tidak normal, sedangkan kompresi dalam kondisi baik maka dapat dipastikan klep mesin mengalami masalah. Ini dikarenakan ada oli yang masuk di dalam ruang bakar dan mengakibatkan pembakaran tidak normal. Imbasnya tenaga mesin jadi loyo.

4. Idle Mesin Lama

ciri klep mesin mobil bocor
Idle mesin lama

Ciri klep mesin mobil bocor berikutnya adalah idle mesin lama. Misalnya saat mobil melaju dan tiba-tiba melakukan pengereman, mesin lama idlenya.

“Selain asap putih tebal yang keluar dari knalpot, ciri klep mesin mobil bocor lainnya adalah idle mesin butuh waktu lama. Contohnya saat mobil sedang melaju dan melakukan pengereman karena macet, nah mesin biasanya masih dalam putaran tinggi, untuk idlenya butuh waktu lama,” imbuh Aris.

Baca juga  9 Penyebab Suara Mesin Mobil Mendengung, Berikut Solusinya

5. Mobil Terasa Ngerem Saat Lepas Pedal Gas

ciri klep mesin mobil bocor
Mobil terasa mengerem saat lepas pedal gas

Pada saat melepaskan pedal gas dan sebelum menekan pedal rem ternyata mobil ‘semacam’ mengalami pengereman, Jika hal tersebut terjadi, ini tanda klep mesin mobil aus.

Mengapa bisa demikian? Hal tersebut karena pada saat pedal gas dilepas jumlah bahan bakar dan udara yang terbakar berkurang. Kemudian ketika oli masuk ke ruang pembakaran melalui seal klep, oli akan ikut terbakar dan imbasnya tenaga mesin akan berkurang drastis dan tampak seperti terjadi pengereman.

Imbas Buruk Klep Mesin Mobil Bocor

  • Tekanan Kompresi Rendah

ciri klep mesin mobil bocor
Kompresi mobil rendah

Imbas buruk dari klep mesin yang bocor adalah tekanan kompresi menjadi rendah. Yup, klep yang bocor akan meloloskan bahan bakan dan udara baik ke saluran masuk ataupun ke saluran buang saat langkah kompresi berlangsung.

Ini terjadi jika kebocoran terjadi pada kedua klep. Meski pun mungkin hanya salah satu klep yang bocor, kompresi yang terjadi juga masih tidak akan berjalan sempurna. Karenanya, penyetelan klep yang benar akan membantu mengatasi masalah ini, dengan syarat bahwa fisik klep masih dalam keadaan baik dan layak pakai.

  • Oli Mesin Boros

kebocoran pada salah satu klep mesin mobil akan menyebabkan peningkatan panas di sekitar ruang pembakaran secara berlebih. Panas berlebih ini akan menyebar ke seluruh bagian kepala silinder dan juga tentu pada batang klep.

Baca juga  10 Cara Setel Klep Mobil, Ikuti Langkahnya Pasti Bisa!

Batang klep terlalu panas maka klep akan juga menjadi panas. Karena seal terbuat dari karet maka lama kelamaan akan mengembang akibat panas ini. Jika seal mengembang maka fungsi mencegah oli masuk ke ruang bakar menjadi tidak optimal dan akibatnya oli masuk ke dalam ruang pembakaran.

Nah, imbasnya tentu volume oli akan berkurang secara bertahap. Dan jika dibiarkan terlalu lama maka bisa mengakibatkan mesin menjadi overhet karena volume oli tidak sesuai ukurannya.

  • Busi Cepat Rusak

Bahan bakar dan udara yang tidak tebakar sempurna akan mengakibatkan busi basah. Tentu saja ini akan menjadikan elektroda busi tidak optimal memercikan bunga api. Terlebih lagi apabila oli sudah masuk dalam ruang bakar, dan ini juga akan ikut membuat busi semakin lembab.

Di sisi lain, bahan bakar dan udara yang tidak terbakar dengan sempurna akan menyebabkan terjadinya karbon. Karbon akan bertumpuk pada kepala busi dan akan mengakibatkan busi berkerak.

Moladiners, itulah ulasan mengenai ciri klep mesin mobil bocor. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru