oleh

5 Ciri Pelumas Pertamina Lubricants yang Asli, Awas Palsu!

Kira-kira bagaimana ya cara mengenali pelumas Pertamina Lubricants yang asli? Karena saat ini ada saja ditemukan pelumas palsu yang berlabel Pertamina Lubricants.

Menurut Senior SE Retail Bogor Sales Region III PT Pertamina Lubricants Rizal Wahyu Abdillah mengatakan, saat ini banyak pelumas palsu yang dipasarkan. Maka dari itu konsumen jangan sampai terkecoh.

Iya mengatakan, produk asli Pertamina Lubricants memiliki 5 ciri yang ada pada tiap kemasan. Ciri ini mudah untuk dikenali, misalnya dengan melihat beberapa fitur yang ada pada tiap kemasan.

Pelimas pertamina lubricantsy yang asli memiliki triple layer, nomor batch, pengaman UV, hologram, dan QR code. Lima hal tersebut wajib ada.

“Yang pertama adalah fitur triple layer. Fitur ini akan menjaga pelumas agar tidak mudah bocor, serta memastikan kualitas tetap terjaga, dan meminimalisir resiko terjadinya pemalsuan” kata Rizal saat diskusi Otomotif Terkini (Diskotik) Forwot bersama Pertamina Lubricants, (16/2/2022).

Selanjutnya fitur batch number, teknologi ini akan memberikan informasi kepada konsumen bahwa pelumas hadir dengan kualitas terbaik. Mau itu yang Gen IV dan VII.

Baca juga  ExxonMobil Jadi Oli Resmi Mobil MG

“Nomor Batch itu hadir untuk memberikan informasi kepada konsumen, bahwa pelumas ini hadir dengan kualitas terbaik,” kata dia.

Lalu ada pengaman UV yang bisa dengan mudah dideteksi keasliannya. Caranya konsumen dapat membedakan oli asli dan palsu jika logo maupun tulisan pada kemasan dapat terpancar saat disinari lampu UV.

Selanjutnya adalah hologram, yang merupakan penanda paling banyak dijumpai dan menjadi komponen terpentin dalam kemasan. Setiap produk Pertamina Lubricants sendiri sudah dilengkapi oleh hologram, yang sulit untuk dipalsukan.

Pertamina Lubricants juga menghadirkan inovasi terbaru yang memudahkan konsumen menentukan sebuah oli asli atau palsu, yakni dengan fitur QR Code. Cukup scan saja QR Code tersebut untuk mengetahui pelumas asli.

“Fitur QR code menjadikan konsumen Pertamina Lubricants tidak hilang arah dalam memilih produk pelumas asli,” tambah Rizal.

Dengan hadirnya lima fitur itu, diharapkan akan memberikan gambaran kepada konsumen, megenai perbedaan antara pelumas Pertamina Lubricants yang asli dan yang palsu di pasaran.

Edukasi Kualitas Oli Mobil

Pelumas Pertamina Lubricants yang Asli
Suhu mesin memiliki peran penting untuk perubahan kekentalan oli.

Dalam pertemuan tersebut, mereka tidak hanya memaparkan ciri pelumas Pertamina Lubricants yang asli, tapi juga memberikan edukasi terkait oli. Khususnya penyebab perubahan kekentalan oli yang sering dialami oleh pengguna mobil.

Hal ini disampaikan langsung Jr. Tech Specialist HSD Engine Oil Pertamina Lubricants, Brahma Putra Mahayana. Dia mengatakan, bahwa ada dua hal yang menyebabkan terjadinya perubahan kekentalan pada oli yang digunakan oleh kendaraan bermotor.

Baca juga  Pelumas ENEOS, Apa Kelebihannya?

“Kekentalan pada oli itu bisa terjadi karena pemakaian dan juga bisa disebabkan karena terjadinya perubahan suhu,” kata Putra.

Pasalnya, suhu mesin memiliki peran penting untuk perubahan kekentalan oli. Jadi kalau terjadi perubahan, itu hal wajar.

“Seperti minyak, kalau temperatur rendah itu dia akan menjadi kental atau membeku, kalau suhu tinggi cenderung menjadi encer. Jadi perubahan kekentalan oli itu bisa terjadi di berbagai suhu,” kata dia.

Selain itu pemakaian kendaraan sehari-hari juga bisa menyebabkan terjadinya oksidasi sehingga oli menjadi lebih cenderung lebih kental. Dalam hal ini, oksidasi bisa terjadi karena adanya reaksi oli yang bercampur dengan oksigen, pada saat terjadi oksidasi, oli menjadi terpolimerisasi yang menyebabkan terbentuknya molekul lengket yang biasa disebut sludge.

“Normalnya, sebuah oli ketika sering dipakai itu akan lebih kental. Karena mengalami sebuah peristiwa oksidasi itu,” tambahnya.

Oksidasi itu sendiri bisa dibilang dapat mempengaruhi ketahanan oli yang digunakan. Misal, dalam suhu 60 derajat itu oli bisa mencapai 1 satu tahun lamanya. Maka, ketika mencapai suhu di atas itu akan lebih cepat berkurang.

Baca juga  Segini Biaya Kuras Oli Matic, Benarkah Murah?

“Temperatur itu ada kaitannya dengan oksidasi. Misal, temperatur 60 derajat oli itu bisa bertahan selama 1 tahun dan jika temperatur itu naik misal di angka 70 itu hanya sekitar 6 bulan dan begitu seterusnya,” tutupnya.

Demikian ulasan terkait ciri – ciri pelumas Pertamina Lubricants yang asli. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif. 

Terbaru