Kamis, Maret 28, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

10 City Car Bekas di Bawah Rp 100 juta, Mulai Rp 70 Jutaan!

by Firdaus Ali
city car bekas di bawah Rp 100 juta

Mobil bekas segmen City Car (mobil perkotaan) memang peminatnya tidak sebanyak mobil MPV atau SUV. Meski demikian eksistensinya tetap diperhitungkan, apalagi untuk City Car bekas di bawah Rp 100 juta.

City Car lebih banyak diminati kaum muda dengan gaya hidup yang dinamis yang bermukim di kota-kota besar seperti Jakarta. Jelas saja, untuk melewati kemacetan jalanan kota tentunya akan lebih mudah dilalui dengan City Car yang notabennya berdimensi kecil, irit konsumsi bahan bakar serta perawatan yang mudah.

Saat ini harga mobil perkotaan atau mobil LCGC dibanderol rentang Rp 150 juta hingga Rp 200 jutaan. Alhasil peminat mobil perkotaan lebih memilih membeli mobil bekas yang harganya bisa Rp 80 juta, Rp 90 juta, bahkan di bawah itu.

Meski tentunya dalam membeli mobil bekas ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Mulai dari kondisi mobil hingga keabsahan surat-suratnya.

“Mobil City Car kebanyakan peminatnya anak muda di kota besar seperti Jakarta. Karena ya semua sudah tau kalo mobil ini konsumsi bensinnya irit serta ukurannya kecil, jadi buat nyelap-nyelip enak saat melewati macet,” ungkap Bady Qadarsyah selaku Head Operation salah satu balai lelang di Tangerang Selatan. (2/11/2021).

Berikut adalah rekomendasi city car bekas di bawah Rp 100 jutaan:

Inilah Daftar City Car Bekas Murah

1. Honda Brio E 2013 – 2014

city car bekas di bawah Rp 100 juta

Honda Brio 2014

City Car bekas di bawah Rp 100 juta yang pertama adalah Honda Brio varian E. Harga bekas Brio lansiran 2013 hingga tahun 2014 saat ini ada dikisaran Rp 90 juta hingga Rp 94 juta untuk varian E dengan transmisi manual.

Sedangkan untuk varian E dengan transmisi otomatis, harga bekasnya direntang Rp 95 juta hingga Rp 98 juta.

Soal fitur keselamatan, Honda Brio lansiran 2013 – 2014 hanya mengusung dual SRS Airbag, sistem pengermean ABS, EBD serta immobilizer. Sedangkan untuk fitur hiburan, Brio menyuguhkan sistem audio 2-din yang mampu mengakomodir MP3, USB, AUX, Bluetooth, dan iPod.

Sementara itu untuk dimensinya, Honda Brio memiliki panjang 3.610 mm, lebar 1.680 mm serta tinggi 1.485 mm.

Pada bagian mesin, Honda menyematkan mesin berkapasitas 1.3 liter SOHC i-VTEC yang diklaim mampu menghasilkan tenaga 99 dk dan torsi 127 Nm. Pilihan transmisi pada Brio ini tersedia 2 pilihan, yaitu manual 5 percepatan dan otomatik 4-percepatan.

Kelemahan Honda Brio adalah desain interior yang terbilang terlalu sederhana. Selain itu material plastik dashboard juga terlihat kualitasnya kurang bagus.

Beberapa pemilik Honda Brio lansiran tahun ini juga mengeluhan panel penutup airbag di dashboard sisi penumpang kurang rapat.

“Sudah umum masalah itu, bagian dashboard sebelah kiri tidak rapat. Bisa kita perbaiki dengan mengencangkan baut-baut pada bagian tersebut,” ungkap Rahmat, salah satu mekanik bengkel resmi Honda Pondok Cabe.

Baca juga  5 Mobil Bekas Asal Prancis, Murah Meriah!

2. Daihatsu Sirion G 2013 – 2014

city car bekas di bawah Rp 100 juta

Daihatsu Sirion 2013

City Car bekas di bawah Rp 100 juta selanjutnya adalah Daihatsu Sirion G. Mobil dengan harga bekas kisaran Rp 80 juta hingga Rp 85 jutaan ini memiliki dimensi panjang 3.690 mm, lebar 1.665 mm, serta tinggi 1.545 mm dengan ground clearance 160 mm.

Untuk urusan fiturnya, Sirion G hanya dilengkapi oleh beberapa fitur saja, seperti Dual SRS Airbags, Isofix, Rear Parking Sensor, dan Immobilizer.

Sirion dibekali mesin bensin berkapasitas 1.3 liter DOHC VVT-i. Mesin tersebut diklaim menghasilkan tenaga 89 dk dan torsi 116 Nm. Sirion memiliki dua pilihan sistem transmisi, yaitu manual 5-percepatan dan otomatik 4-percepatan.

Masalah yang kerap terjadi pada Daihatsu Sirion adalah bagian kaki-kaki bagian depan. Umumnya terjadi pada komponen karet support shockbreaker yang mudah aus. Akibatnya akan muncul bunyi gluduk-gluduk saat melewati speedtrap atau polisi tidur.

3. Nissan March 2011 – 2014

city car bekas di bawah Rp 100 juta

Nissan March 2011

City Car bekas di bawah Rp 100 juta selanjutnya adalah Nissan March. Harga bekasnya saat ini direntang Rp 75 juta hingga Rp 83 jutaan.

Nissan March memiliki 2 pilihan jantung mekanis, yaitu mesin berkapasitas 1.2 liter dan mesin berkapasitas 1.5 liter. Sedangkan transmisinya ditawarkan dengan pilhan manual 5-percepatan dan mtomatis 4-percepatan.

Nissan March memiliki desain yang membulat. Sayangnya, pada lampu depannya belum dilengkapi dengan lampu LED. Penggunaan lampu LED hanya terdapat pada lampu kabut, lampu belakang dan lampu High Mount Stop Lamp-nya saja.

Sementara itu untuk fiturnya, March sudah dilengkapi dengan Dual SRS Airbags, sistem pengereman ABS, EBD dan Brake Assist, ISOFIX, Vehicle Dynamic Control, Rear Parking Sensor, Keyless Entry, dan Immobilizer.

Adapun kelemahan Nissan March bekas yang kerap dikeluhkan oleh pemiliknya adalah kekedapan kabin yang kurang lapang, serta mobil terasa limbung saat melaju pada kecepatan tinggi.

Solusi dari masalah yang terjadi tersebut adalah memodifikasi kabin dengan menambahkan busa pada plafon atas dan pada bagian dalam doortrim pintu.

Sementara untuk masalah limbung, solusinya adalah dengan mengganti shockbreaker yang sesuai.

4. Toyota Etios Valco 2014 – 2015

city car bekas di bawah Rp 100 juta

Toyota Etios Valco 2015

Selanjutnya, City Car bekas di bawah Rp 100 juta berikutnya adalah Toyota Etios Valco yang harga bekasnya kisaran Rp 84 jutaan. City Car ini mengusung mesin 1.200 cc DOHC dengan transmisi manual 5-percepatan. Tenaganya diklaim mampu meraih 79 dk dan torsi 104 Nm.

Toyota Etios Valco memiliki dimensi panjang 3.775 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.510 mm. Sementara untuk fiturnya hanya dilengkapi dengan Dual SRS Airbags dan sistem pengereman ABS, EBD saja.

Baca juga  6 Masalah Toyota Yaris Bekas, Ketahui Sebelum Beli

Oh ya, untuk sistem audionya berupa head unit 2DIN biasa dengan 4 speaker.

Kelemahan pada Etios Valco umumnya dari sistem audio yang kualitasnya kurang bagus. Mayoritas pemilik Etios Valco mengganti piranti ini agar hasilnya optimal.

5. Karimun Wagon R 2015 -2018

harga suzuki karimun bekas

Suzuki Karimun Wagon R

Rekomendasi city car bekas di bawah Rp 100 juta yang ke 5 adalah Suzuki Karimun Wagon R. Karimun generasi ketiga ini memiliki desain paling modern dibanding pendahulunya, Karimun kotak dan Karimun Estilo.

Unit ini Diluncurkan pertama kali pada tahun 2013. Walau demikian, tetaplah kami menyarankan untuk ambil unit bekas yang lebih muda yakni tahun 2015 – 2018. Di mana pada periode ini Suzuki Karimun Wagon R dibandrol pada kisaran harga 60-90 jutaan, tergantung tahun dan kondisi. Selain itu pada periode tersebut, unit-unit Suzuki karmun Wagon R terlihat masih segar Karena tahun produksi yang masih terbilang muda.

Meski masuk dalam kategori LCGC. Karimumn Wagon R dibekali dengan beragam fitur hiburan dan kenyamanan yang cukup modern. Karimun Wagon R memiliki kabin dengan rancangan yang cukup lapang dan sanggup menampung hingga lima orang penumpang.

Fitur penunjang yang fungsional telah tersedia seperti AC, headroom yang tinggi dan legroom yang lega. Desain kabin yang tinggi dan bentuk mobil yang boxy membuat bagasi lebih besar dan luas mengakomodir kebutuhan.

Untuk sektor jantung mekanis mengandalkan mesin K10B berkapasitas 998cc. Mesin dikawinkan dengan transmisi manual atau AGS hingga memuntahkan 68 tenaga kuda dengan torsi 90 NM pada 3.500 RPM.

Selain itu mobil perkotaan ini hanya menawarkan transmisi manual saja. Kemudian letak antara pedal kopling dan rem terlalu dekat. Jadi bagi yang mempunyai kaki besar tentu akan kerepotan.

6. Kia Picanto 2013

city car bekas di bawah Rp 100 juta

Kia Picanto 2013

Kia Picanto lansiran 2013 bisa menjadi salah satu City Car bekas di bawah Rp 100 juta, dimana saat ini dibanderol Rp 70 jutaan. Mobil mungil asal Korea Selatan ini merupakan generasi ketiga di Indonesia, hadir dengan desain yang jauh lebih modern dibandingkan generasi sebelumnya. Hal ini berkat tangan dingin Peter Schreyer.

Kia Picanto generasi ketiga ini menggunakan mesin 1.2L dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan. Adapun tenaganya diklaim mencapai 87 hp dengan torsi puncak 120 Newton Meter.

7. Daihatsu Ayla 2016

city car bekas di bawah Rp 100 juta

Daihatsu Ayla 2016

Selanjutnya ada Daihatsu Ayla 1.0L tahun pembuatan 2016 yang dibanderol Rp 78 jutaan. City Car yang juga masuk dalam kategori mobil LCGC ini mengusung mesin 1KER-DE berkubikasi 1.0L dengan pilihan transmisi otomatis 4-percepatan dan manual 5-percepatan. Di atas kertas tenaganya mencapai 64 hp dan torsi puncak 86 Nm.

Baca juga  5 Resiko Beli Mobil Bekas Rental dan Tipsnya!

Menyandang sebagai mobil LCGC, Daihatsu Ayla banyak diminati semua kalangan karena efisiensi bahan bakar, durability mesin serta harga sparepart yang murah.

8. Suzuki Karimun Kotak 1999 – 2007

mobil city car di bawah Rp 100 juta

Suzuki Karimun kotak

Kalau mau cari mobil bekas Rp 70 jutaan, maka Karimun kotak bisa jadi pilihan tepat. Meski sudah berumur lebih dari 10 tahun, Suzuki Karimun kotak ini masih banyak diminati sampai saat ini. Desain kotak atau boxy menjadi pembeda dari mobil-mobil kecil lainnya.

Suzuki Karimun pertama kali mendarat di Indonesia tahun 1998 yang langsung diimpor dari Jepang dengan jumlah yang tidak banyak. Kemudian tahun 1999, mobil yang terkenal dengan sebutan Suzuki Karimun kotak itu mulai dirakit di Indonesia alias Completely Knocked down (CKD) karena permintaan yang banyak. Alhasil, Suzuki karimun kota yang beredar di jalanan mayoritas buatan tahun 1999 ke atas.

Mesin yang digunakan sama dengan mesin Suzuki Carry dan Suzuki Katana. Yaitu mesin dengan kode F10A berkapasitas 970 cc 4-silinder SOHC dengan transmisi manual 5-percepatan yang terkenal tangguh dan irit. Di atas kertas, tenaganya mencapai 56 PS di 5.500 rpm. Sementara untuk torsinya puncaknya tercatat 400 Nm pada putaran mesin 1000 rpm.

Berbicara harga, di beberapa diler mobil bekas dan platform jual beli mobkas, Karimun kotak kisaran harganya Rp 68 juta hingga Rp 79 juta.

9. Toyota Yari Bakpao MT 2006

mobil city car di bawah Rp 100 juta

Toyota Yaris 2006 (Yaris bakpao)

Rekomendasi City car bekas di bawah Rp 100 juta berikutnya ada Toyota Yaris bakpao transmisi manual lansiran 2006. Saat ini mobil dengan desain mirip bakpao ini dibanderol kisaran Rp 85 jutaan.

Mobil ini mengusung mesin 1NZ-FE 1.500 cc VVT-I DOHC. Tenaga maksimumnya di atas kertas mencapai 107 hp pada 6.000 rpm. Sementara untuk torsi puncaknya mencapai 142 Nm pada putaran mesin 4.200 rpm.

Soal dimensi, Yaris bakpao mempunyai panjang 3.750 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.530 mm. Sementara itu untuk wheelbasenya di angka 2.460 mm dan ground clearance mencapai 140 mm.

10. Toyota Agya 2016

mobil city car di bawah Rp 100 juta

Toyota Agya Gen-1

Toyota Agya merupakan saudara kembar Daihatsu Ayla, sebuah City Car yang masuk ke segmen mobil LCGC. Mobil yang mashur konsumsi BBM yang irit ini dibanderol kisaran Rp 85 jutaan.

Agya Gen-1 ini mengandalkan jantung mekanis berkode 1-KR 1.000 cc yang terkenal efisien. Selain irit BBM, suku cadang dan biaya servis berkalanya juga murah. Alhasil mobil ini masih selalu diminati sampai sekarang

Moladiners, itulah ulasan mengenai City Car bekas di bawah Rp 100 juta. Untuk informasi otomotif menarik lainnya, simak terus Moladin.com.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika