oleh

City Type Z atau Civic Ferio, Mending yang Mana?

City type Z atau Civic Ferio menjadi dua pilihan yang menarik saat ingin meminang mobil sedan dengan harga di bawah Rp 100 juta. Kedua mobil ini sama-sama lansiran Honda, tampilannya juga mirip.

Meski demikian, keduanya memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Salah satunya pada bagian jantung pacu alias mesin.

Civic Ferio resmi mengaspal di Indonesia pada tahun 1996 hingga tahun 2000. Keberadaanya menggantikan Honda Genio. Meski sepak terjangnya tidak lama, mobil sedan ini mendapat respon positif di pasar otomotif Indonesia. Bahkan sampai sekarang masih ada yang memburunya karena tampilannya yang tidak membosankan.

Sementara untuk City type Z lahir di saat Honda Ferio resmi mengundurkan diri di tahun 2000. Tampangnya sekilas mirip dengan Honda Ferio dan sama-sama menggunakan mesin berteknologi Variable Valve Timing and Lift Electronic Control atau VTEC.

Nah, untuk lebih jelas mengulas City type Z atau Civic Ferio, mari kita simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Desain ekstrior Civic Ferio lebih sporty

City type Z atau Civic Ferio
Civic Ferio

Baik City type Z atau Civic Ferio sekilas memang tampilannya mirip. Namun jika diperhatikan lebih seksama tampang Civic Ferio terlihat lebih sporty.

Hal tersebut bisa dilihat dari desain lampu utama Civic Ferio lebih lebar yang dikombinasikan dengan desain grill yang lebih pipih serta desain bumper yang lebih menjorok ke depan. Hal tersebut membuat Civic Ferio terlihat lebih ceper dibandingkan City type Z.

Baca juga  Daftar Mobil Paling Sering Dicuri, Waspada!

Begitu juga dengan tampilan bagian belakangnya. Lampunya berukuran lebih besar  yang menyambung ke bagian pintu bagasi. Disamping itu, bagian bumpernya juga terdapat lis warna hitam yang menyambung dari bagian samping.

Kemudian pada bagian rumah spion, Civic Ferio warnanya senada dengan kelir bodi, sementara City type Z mengusung warna hitam. Oh ya, desain velg Civic Ferio juga tampil lebih sporty dibandingkan City type Z, meskipun keduanya mengusung desain palang lima.

Tampilan interior City type Z lebih elegan

City type Z atau Civic Ferio
Interior City type Z

City type Z atau Civic Ferio masih mengusung desain interior yang terbilang sederhana. Meski begitu City type Z tampilannya lebih elegan.

Untuk menunjang kenyamanan berkendara kedua mobil ini sudah mengadopsi hand rest dibagian tengahnya. Namun pada City type Z, bagian doortrim terdapat hand rest sehingga terlihat lebih elegan.

Pada bagian pengoperasian AC, City type Z juga tampil lebih modern dengan menggunakan knob model putar. Sementara Civiv Ferio masih mengusung tuas geser yang terkesan jadul.

Dimensi Civic Ferio lebih lega dibanding City Type Z

City type Z atau Civic Ferio
City type Z

Meski sekilas desain eksterior dan interiornya mirip, soal dimensi nyatanya Civic Ferio lebih lega dibandingkan City type Z .

Baca juga  Penyakit Ford Everest yang Sering Dialami Konsumen

Dimensi City type Z mempunyai panjang 4.270 mm, lebar 1.690 mm serta tinggi 1.385 mm. Sementara Civic Ferio mempunyai dimensi panjang 4.470 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.385 mm.

Dengan angka tersebut tentunya ruang kabin City type Z lebih lega, baik untuk leg room ataupun head roomnya.

Kapasitas mesin lebih besar Civic Ferio

City type Z atau Civic Ferio
Mesin Civic Ferio

Civic Ferio menggunakan mesin berkode D16Y5 yang memiliki konfigurasi 4 silinder berkapasitas 1.600 cc. Tenaga maksimumnya di atas kertas mencapai 125 hp serta torsi 148 Nm.

Sementara City type Z mengadopsi mesin berkapasitas 1.500 cc 4-silinder berteknologi SOHC. Tenaga maksimumnya di atas kertas meraih 115 hp pada 6.000 rpm serta torsi puncaknya mencapai 139 Nm pada putaran mesin 4.600 rpm.

Harga lebih mahal Civic Ferio

City type Z atau Civic Ferio

Meski lebih tua, nyatanya harga bekas Civic Ferio lebih mahal dibandingkan dengan City type Z. Pada beberapa laman jual beli mobil bekas serta showroom mobil bekas terpampang harga bekas Civic Ferio tahun 1997 ada dikisaran Rp 77 juta dengan transmisi otomatis.

Baca juga  Biaya Servis Honda Civic FD, Semahal Apa?

Sementara City type Z dengan lansiran tahun 2000 bertransmisi otomatis, harga bekasnya kisaran Rp 55 juta.

“Honda Ferio peminatnya lebih banyak dibandingkan City type Z. Sebab tampilannya lebih sporty, kalau City type Z tanggung, gak ke sporty dan juga kurang elegan. Selain itu performa mesinnya juga lebih mantap Ferio. Meski begitu pasar type Z tetap ada meskipun tak sebanyak Ferio,” terang Jeffry, salah satu pemilik showroom mobil bekas di Pondok Cabe. (30/11/2021).

Kekurangan City type Z dan Civic Ferio

City type Z atau Civic Ferio
Ilustrasi fitur rem ABS

Baik City type Z atau Civic Ferio keduanya mempunyai kekurangan yang sama, yaitu dari sisi fitur keselamatan. 

Kedua mobil sedan lansiran Honda ini belum mengadopsi fitur keselamatan seperti Anti-lock Bracking System (ABS) serta SRS Airbag yang notabennya kedua fitur tersebut berguna untuk mencegah kecelakaan dan benturan penumpang.

Meski demikian, absennya kedua fitur keselamatan tersebut terbilang wajar karena pada era itu fitur keselamatan umumnya hanya mengandalkan seat belt.

Moladiners, itulah ulasan mengenai pilihan mobil bekas City type Z atau Civic Ferio. Untuk informasi otomotif menarik lainnya, simak terus Moladin.com.

Terbaru