by

C+pod, Mobil Listrik Murah Toyota Rp 200 Jutaan

Toyota C+pod jadi mobil listrik murah Toyota untuk pasar Negeri Sakura. Produk ini usung sumber tenaga full elektrik alias listrik.

Seperti diketahui, Toyota jadi salah satu pabrikan otomotif yang cukup fokus menggarap mobil listrik secara global. Beragam produk ramah lingkungan mereka bahkan saat ini sudah dipasarkan di Indonesia.

Sebut saja Toyota Corolla Cross Hybrid, C-HR Hybrid, Altis Hybrid, hingga Camry Hybrid yang cukup mendapat animo besar di pasar Indonesia. Sejalan dengan era electric vehicle (EV) beberapa tahun mendatang, Toyota diketahui menyiapkan beragam ‘amunisi’ produk teranyar.

Salah satunya adalah Toyota C+pod, mobil listrik murah Toyota yang baru saja rilis di Tokyo Jepang, pada 25 Desember 2020 lalu. Desain mobil mungil ini terbilang unik.

Selain itu, pabrikan mengklaim bahwa mobil full listrik itu sangat cocok untuk menunjang mobilitas di perkotaan. Secara dimensi, mengingatkan kita pada sosok mobil mungil Smart.

Dimensi yang ditawarkan pun begitu mungil, dan desain hanya mampu menampung dua orang penumpang. Ingin tahu seperti apa sosok Toyota C+pod? Berikut ulasan lengkapnya:

Baca juga  Wuling MINI EV Meluncur Juni 2020, Mobil Listrik Murah!

Detil Spesifikasi C+pod, Mobil Listrik Murah Toyota

Toyota C+pod, mobil listrik murah Toyota
Toyota C+pod, mobil listrik murah Toyota

Membahas lebih jauh mengenai C+pod yang digadang-gadang sebagai mobil listrik murah Toyota. Mobil ini punya dimensi yang kecil, dengan panjang 2.490 mm, lebar 1.290 mm, dan tinggi 1.550 mm, dengan radius putar 3,9 meter.

Berbekal dimensi yang mungil tersebut, Toyota mengklaim C+pod sangat asyik diajak bermanuver dan lincah untuk menghadapi jalanan perkotaan yang padat atau masuk  ke dalam jalanan kecil.

Mengutip dari laman Toyota Global, mobil listrik murah Toyota itu dipersenjatai dengan motor listrik mungil berkekuatan 9,2 kW atau setara dengan 12 daya kuda dengan torsi 56 Nm.

Mesin disalurkan melalui baterai lithium-ion berdaya 9 kWh. Dalam kondisi baterai terisi penuh, mobil ramah lingkungan itu mmapu melaju sejauh 150 kilometer dengan kecapatan maksimal 60 km/jam.

Menyoal daya angkut, Toyota C+pod hanya tersedia dua tempat duduk yang menyediakan opsi waktu pengecasan paling cepat sekira 5 jam (200V/16A) untuk mode standar, dan paling lama 16 jam (100V/6A).

Baca juga  7 Mobil Sport Murah yang Dijual di Indonesia

Keunggulan yang ditawarkan mobil listrik murah Toyota itu adalah mampu digunakan sebagai genset darurat untuk menggantikan peran daya listrik rumahan hingga 10 jam. Ketika listrik dirumah padam setidaknya pemilik rumah tak perlu khawatir.

Selain itu, mobil ini juga sudah dibekali dengan serangkaian fitur kesematan modern. Mulai dari dual airbags, ABS+EBD, VSC, TRC, Pre-Collision Safety System, dan Intelligent Clearance Sonar with Parking Support Brakes dijejalkan dalam tubuh mungilnya.

Menyoal harga, Toyota C+pod banderolnya cukup menarik dengan opsi dua varian yang tersedia, yakni tipe X yang dijual 1,65 juta yen atau setara Rp 224 jutaan dan tipe G seharga 1,716 juta yen atau setara Rp 233 jutaan.

Maka tak heran, jika mobil satu ini diklaim sebagai mobil listrik murah Toyota. Sekadar informasi, bagi konsumen Jepang yang berminat pada mobil mungil ini harus bersabar. Karena C+pod baru akan dipasarkan secara massal pada 2022 mendatang.

Sebelum itu, Toyota hanya akan menjajakan produk teranyarnya itu untuk pemerintah dan pasar fleet di negeri Matahari Terbit itu.

Baca juga  Bujet Rp160 Jutaan, Beli Toyota Agya atau Honda Brio?

Baca juga:

Terbaru