Sabtu, April 20, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Daftar Harga Nissan Serena Bekas, Mulai Rp 35 Juta

by Tigor Sihombing
harga nissan serena bekas

Harga Nissan Serena bekas beragam di pasaran. Tercatat di laman jual beli online kendaraan harga Nissan Serena bekas dibanderol mulai Rp 35 jutaan.

Banderol tersebut tentunya tergantung dari kondisi dan tahun pembuatan. MPV bongsor ini tercatat telah hadir dalam 4 generasi di Indonesia sejak tahun 1996 hingga sekarang.

Semakin tua umurnya, maka semakin murah harganya. Walau demikian, membeli mobil tua juga ada resiko tersendiri. Kamu harus siap uang perbaikan, terutama komponen yang terbuat dari karet. Pasalnya seiring bertambahnya usia, karet bisa getas, retak, dan hancur.

Lalu murahnya harga Nissan Serena bekas juga dipengaruhi kelengkapan surat-surat dan pembayaran pajak yang menunggak. Bila tidak lengkap, maka bisa membuat banderolnya turun di pasar mobil bekas. 

Jika kamu tetap tertarik beli mobil dengan kondisi seperti itu, siap-siap keluar biaya tambahan untuk mengurus kendaraan agar jadi legal lagi di jalan.

Sementara kalau cari Serena tahun muda, maka banderolnya bisa mencapai ratusan juta. Ambil contoh untuk harga Nissan Serena bekas C27 atau lansiran 2019, tembus Rp 300 jutaan.

Penasaran dengan harga Nissan Serena bekas dari generasi ke generasi? Simak bahasan di bawah ini:

Ini Harga Nissan Serena Bekas Tiap Generasi

harga Nissan Serena bekas

Nissan Serena C26 mulai dipasarkan pada 2013

Harga Nissan Serena C23

Bicara harga Nissan Serena Bekas yang dijual Rp 35 juta adalah keluaran pertama atau C23. Mobil ini diproduksi sejak 1996. Artinya sudah berusia 25 tahun. Kalau usianya lebih muda lagi, namun masih generasi C23 dan kondisinya baik maka harganya bisa mencapai Rp 50 jutaan.

Mayoritas Nissan Serena C23 yang beredar di Indonesia mengadopsi warna two tone colours, di mana warna bodi bawah yang berbeda. Di Indonesia, mobil ini hadir dalam dua type yaitu Serena C23 SGL dan Serena C23 FGX. Kamu mau yang mana?

Tipe pertama atau SGL keluar tahun 1996 bermesin bensin 2.000 cc dengan transmisi automatic (A/T). Tipe berikutnya adalah FGX, keluar 1998 pakai mesin bensin 1.600 cc dengan transmisi manual (M/T). Di Indonesia, beredar pula versi mesin diesel 2.3000 cc, yang masuk melalui importir umum.

Nissan Serena C23 memiliki satu pintu geser atau slide di samping kiri tengah. Selain itu  jok bagian tengahnya yang bisa diputar menghadap ke pintu tengah dan juga bisa diputar menghadap ke jok belakang. Jika semua jok tengah dan belakang ditidurkan, maka bagian belakang berubah menjadi tempat tidur.

Baca juga  5 Resiko Beli Mobil Bekas Rental dan Tipsnya!

Untuk spesifikasi dimensinya Nissan Serena generasi pertama ini memiliki  panjang 4.315 mm,  Lebar 1.710 mm, Tinggi 1.840 mm dan Wheelbase 2.735 mm.

Ingatlah, ketika kamu menemui harga Nissan Serena C23 terlalu murah, kamu juga perlu tahu apa penyebabnya. Biasanya surat-surat mati, ada kerusakan, dan lain-lain.

Harga Nissan Serena C24

Sementara pada Nissan Serena C24 di pasaran harganya mulai Rp 50 – 70 jutaan. Tentu banderol ini cukup terjangkau buat kamu yang mencari mobil bekas murah untuk keluarga.

Pasalnya bicara kelebihan, Nissan Serena C24 memiliki peredam yang baik. Jadi sangat nyaman kalau diajak berkendara bersama keluarga.

“Kalau gak salah dulu suspensi depan menggunakan McPherson Strut dengan Stabilizer, dan bagian belakangnya Independent Multi-link,” kata Putra, pemilik bengkel mobil di bilangan Otista Jakarta Timur.

Walau demikian, kamu juga perlu cek secara mendalam harga Nissan Serena bekas model C24 yang semurah itu. Apalagi menyentuh Rp 50 juta. Kamu wajib tahu tahun produksinya, kelengkapan surat-surat, dan kondisi mobil secara menyeluruh. Pasalnya kalau Serena C24 dalam kondisi istimewa dan tahun muda, maka harganya ada di kisaran Rp 80 jutaan.

Nissan Serena C24 tentu lebih muda dari versi C23 sebelumnya. Unit ini mulai dipasarkan di Indonesia tahun 2004. Desain bodynya sudah mengotak.

Sedangkan untuk varian yang tersedia antara lain Comfort Touring atau CT, Highway Star (HWS) dan Autech.

Bicara kapasitas mesin pakai 2.000 cc dengan kode mesin QR20DE. Sayangnya banyak konsumen yang mengeluhkan, konsumsi BBM agak boros. Itulah yang jadi salah satu kekurangannya.

Perbedaannya Nissan Serena CT tidak dilengkapi dengan pintu geser elektrik dan kamera parkir belakang, sedangkan HWS dan Autech dilengkapi dengan pintu geser elektrik di sebelah kiri dan kamera parkir belakang.

Nissan Serena HWS sudah memiliki monitor pada kedua head rest, dan meja lipat yang praktis, serta horden untuk meningkatkan privasi penumpang yang membuat varian ini makin premium dan mewah.

Tipe HWS juga hadir dengan fitur jok kulit, lampu sen di spion, TV sekaligus DVD player, wood panel, kamera mundur dan pintu kiri belakang elektrik, membuka-tutup tinggal pencet tombol.

Baca juga  Beli Mobil Bekas Kilometer Rendah, Jangan Terburu-buru!

Sedangkan Nissan Serena Autech rilis di tahun 2010. Ubahannya pada gril, bumper depan dan belakang, hood top moulding, lampu kabut, side sill protector, polish alloy wheel, dan combi lamp.

Terkait fitur keamananan Nissan Serena C24 telah mengadopsi airbag, ABS+EBD dan Brake Assist. Selain itu juga terdapat fitur seat belt dan sensor parkir untuk mendukung keselamatan.

Terkait spesifikasi dimensi Nissan Serena C24 adalah Panjang 4590 mm, Lebar 1.695 mm, Tinggi 1.825 mm, dan wheelbase 2.695 mm.

Harga Nissan Serena C26

Sementara yang lebih muda yakni Nissan Serena C26, banderolnya kisaran Rp 120 jutaan ke atas. Dengan menebus harga tersebut, kamu bisa mendapat mobil keluarga yang sangat nyaman.

Apalagi secara tahun pembuatan, Nissan Serena C26 masih terbilang muda yaitu dipasarkan mulai 2013 hingga 2018. Usia paling tua, belum ada 10 tahun. Memang kalau lansiran 2018, banderolnya bisa tembus Rp 200 jutaan.

Dengan harga Nissan Serena bekas model C26 yang terjangkau, kamu bisa mendapat berbagai keunggulan. Sebut saja sistem pencahayaan depan LED proyektor, transmisi CVT, dan berbagai fitur modern seperti head unit layar sentuh besar, cruise control, dan lain-lain.

Lalu ubahannya di eksterior menyangkut gril dibuat menjadi lebih premium dengan balutan aksen krom dan ukuran yang cukup besar dibanding seri sebelumnya. Pada model facelift tahun 2015 ubahan yang mencolok pada lampu belakangnya sudah LED. Nissan Serena C26 juga memiliki ciri khas utamama yakni kaca utama berubah menjadi besar.

Juga bagain lampu utama yang desainnya dibuat lebih besar, dinamis dan berkelas dengan desain yang tidak terlalu kaku dibandingkan dengan versi Serena C24 sebelumnya.

Mesin Nissan Serena C26 yang berkode MR20DD ini berkapasitas 2.000 cc DOHC 4 silinder segaris 16 valve. Jantung mekanis tersebut juga lebih modern, serta lebih irit konsumsi BBM dibanding generasi sebelumnya.

Terkait spesifikasi dimensi Nissan C26 adalah Panjang 4.770 mm, Lebar 1.735 mm, Tinggi 1.865 mm, dan Wheelbase 2.860 mm.

Harga Nissan Serena C27

Sedangkan yang terbaru atau Nissan Serena C27, banderolnya masih di angka Rp 300 jutaan. Mahal? Tidak juga, karena memang harga terbarunya sudah di atas Rp 450 jutaan.

Baca juga  5 Mobil Mercedes-Benz Bekas di Bawah Rp 100 Juta

Jadi dengan membeli mobil Serena bekas, kamu sesungguhnya bisa menghemat bujet hingga Rp 150 jutaan. Menarik bukan? Nissan Serena terbaru ini hadir sejak 2019 di Indonesia. Punya dua varian X dan Highway Star. Varian Serena Highway Star (HWS) merupakan varian premium dan lebih mahal dari varian X.

Dengan harga Nissan Serena bekas model C27 yang dikisaran Rp 300 juta, kamu bisa mendapat mobil bekas rasa baru. Maklum usianya masih sangat muda, paling lama dua tahun pemakaian. Ditambah lagi dari sisi fitur juga begitu modern.

Pada dimensi All New Nissan Serena C27 terbaru ini tidak jauh berbeda dengan generasi Serena C26 sebelumnya. Dimana MPV premium Nissan ini akan hadir dengan ukuran bodi 4.770 mm x 1.740 mm x 1.865 mm. All New Nissan Serena bekapasitas 7-penumpang ini dirancang dengan ground clearance setinggi 160 mm.

All New Nissan Serena C27 mengusung mesin berkode MR20DD kapasitas 2.000 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 150 HP dan torsi 200 Nm. Secara basis, mesin ini masih sama dengan yang diusung Serena C26.

Perbedaanya mesin ini sudah berstandar Euro 4, menurut Nissan Indonesia kompresi mesin juga telah ditingkatkan menjadi 1:12,5, yang membuatnya wajib mengkonsumsi bahan bakar minimal RON 92. Efeknya tentu lebih hemat BBM.

Sedangkan transmisinya mengusung Continously Variable Transmission (CVT), yang punya fitur terbaru yakni Adaptive Shift Control (ASC).

Kesimpulan

Harga Nissan Serena bekas

Demikian ulasan terkait harga Nissan Serena bekas. Nissan Serena patut dipertimbangkan jika mau ingin mencari real MPV yang bisa mengangkut banyak penumpang.

Secara Nissan Serena sudah lumayan lama malang melintang di Indonesia. Jadi untuk harga dan tahun yang dipasarkan sangat bervariasi.

Kalau kamu punya budget terbatas Rp 50 jutaan, Serena generasi pertama atau C23 atau C24 bisa dilirik. Bila ingin membeli secara kredit, Nissan Serena C27 lansiran 2019 pun masih bisa dipertimbangkan. 

Lalu tidak lelahnya kami menginformasikan, kalau mobil bekas atau tahun tua. Sediakan pula uang tambahan untuk melakukan perbaikan! Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika