Friday, December 9, 2022
Banner

Daftar Nama Mobil Unik Beserta Artinya, Ada Merak hingga P’uP

by Tigor Sihombing
nama Mobil Unik

Saat ini Moladin akan menyampaikan nama – nama mobil unik yang ada di dunia. Walau pepatah bilang, apalah arti sebuah nama, tapi sesungguhnya ada sejuta makna dari sebuah nama.

Mirip dengan manusia, di dalam penamaan sebuah brand mobil juga ada harapan baik dan makna bersejarah agar bisa dikenang. Ceritanya juga unik untuk disimak, seperti Porsche Macan, VW Tiguan, Maserati Merak, Dodge Viper, hingga Isuzu Pu’P.  

Ambil contoh VW Tiguan yang ternyata singkatan dari Tiger dan Iguana. Kemudian Porsche Macan, mengambil nama hewan dari Indonesia. Menarik bukan?

Daripada penasaran, langsung saja kami beberkan arti dari 5 nama mobil unik di dunia. Berikut bahasannya:

1. Maserati Merak

nama mobil unik

Maserati Merak ternyata bukan mengambil inspirasi dari hewan burung merak yang ada di Indonesia

Nama mobil unik yang pertama datang dari pabrikan asal Bologna Italia, Maserati yang memberi produknya julukan Merak. Buat yang belum tahu, Maserati Merak merupakan sedan sportscar dengan masa edar singkat terhitung 1972 – 1983. Di zamannya, Maserati Merak bersaing dengan Lamborghini Urraco dan Ferrari Dino 308.

Bicara nama Maserati Merak, sebagian orang mungkin mengira ini terinspirasi dari nama burung di Indonesia yaitu merak. Anggapan tersebut wajar, lantaran nama hewan memang sering digunakan pabrikan mobil untuk dijadikan nama mobil. Sebut saja Toyota Kijang, Isuzu Panther, Mitsubishi Kuda, Daihatsu Zebra, hingga Porsche Macan. 

Nah untuk Maserati Merak, ternyata inspirasinya bukan dari binatang. Mengutip laman Dkclassiccars.dk, penamaan tersebut diambil dari sebuah rasi bintang bernama Ursa Mayor atau beruang besar. Di sana total ada tujuh bintang, salah satunya bernama Merak.

Baca juga  Chevrolet Trax Terbaru Meluncur, Harga Mulai Rp 330 jutaan

Membahas sedikit soal sejarahnya, Maserati Merak adalah saudara kandung dari Maserati Bora yang bermesin 4.700cc V8 keluaran tahun 1971 hingga 1978. Mobil yang sangat futuristik di jamannya ini mengusung mesin berkonfigurasi V6 dengan 2 pilihan kubikasi, 2.700 cc dan 3.000 cc. Dapur pacu tersebut menghasilkan tenaga maksimal sebesar 188 hp, terbilang besar di masanya.

Khas mobil 1970-an, Maserati Merak juga menggunakan lampu model pop-up headlight. Selama 11 tahun berkiprah, Maserati Merak hanya terjual 1.830 unit. Inidia yang membuat keberadaannya terbilang langka di dunia, termasuk Indonesia. 

2. Porsche Macan

nama mobil unik - porsche macan

Sosok Porsche Macan

Nama mobil unik berikutnya adalah Porsche Macan. Dalam satu kesempatan, tim PR Porsche Indonesia pernah mengatakan jika nama ‘Macan’ memang diambil dari Bahasa Indonesia yang berarti ‘Tiger’ dalam bahasa Inggris.

Menurut Porsche, Macan dipilih karena sesuai dengan merek. Di mana kata itu terdengar baik di berbagai bahasa dan dialek. Hanya saja yang unik, meskipun menggunakan hewan macan, tapi pelafalannya tidak serta merta mengikuti versi Indonesia. Pabrikan otomotif asal Jerman itu mengatakan, penyebutan yang benar adalah ma-CAN (makan). Jadi, bukan ma-Shan atau ma-can.

Nama Macan sendiri, bagi orang timur, melambangkan sebuah kekuasaan, hawa nafsu dan keperkasaan. Dengan menggunakan nama tersebut, Porsche nampaknya ingin membangun filosofi sebuah kendaraan yang ganas namun tetap dikagumi.

Baca juga  Deretan Mobil Fast and Furious 9, Banyak yang Klasik!

Porsche Macan di Indonesia hadir dalam dalam sejumlah model, yakni Macan S, Macan S Diesel, Macan S Diesel 254 HP, dan Macan Turbo. 

3. Isuzu P’up

nama mobil unik - Isuzu P'up atau di Indonesia dikenal sebagai Chevrolet LUV

Sosok Isuzu P’up atau yang di Indonesia lebih dikenal sebagai Chevrolet LUV

Nama mobil unik berikutnya adalah Isuzu P’up. Bukan Pu’p yang berarti BAB (buang air besar) ya guys. Namanya memang rancu, tapi maksud di sini adalah akronim dari “pick-up”.

Isuzu P’up sendiri adalah sebuah truk pikap Isuzu hasil kolaborasi dengan Chevrolet. Untuk pasar Amerika Serikat dan Amerika Latin, namamya memang P’up. Hanya saja untuk pasa Asia, sebagian menggunakan nama Isuzu Faster (Jepang) dan di Indonesia menggunakan nama Chevrolet LUV.

Secara global, model ini hadir dalam tiga generasi, selama periode 1972 – 2002. Mobil yang terkenal tangguh ini menggendong beberapa pilihan mesin bensin 1.6L dan 1.8L serta diesel 2.0L. 

4.  Dodge Viper

nama mobil unik - dodge viper

Nama Dodge Viper untuk menyaingi kompetitor yang menggunakan nama Ford Shelby Cobra

Nama mobil unik berikutnya adalah Dodge Viper. Singkat cerita, mengapa ada varian Viper pada merek Dodge? Ternyata saat itu, pabrikan mobil asal Amerika Serikat tersebut sedang mengembangkan sebuah produk untuk memberikan perlawanan bagi Ford Shelby Cobra.

Kemudian, desainer Dodge menggelar makan malam dengan seorang desainer Italia bernama Giorgetto Giugiaro. Dalam casual dinner tersebut, desainer Dodge mendapat masukan nama “Vipera” untuk produk yang tengah dikembangkan oleh Dodge.

Baca juga  Spesifikasi VW Golf R Estate, Mobil Sport untuk Keluarga

Nama “Vipera” sendiri merupakan bahasa Italia untuk ular berbisa. Dari sini, Dodge menyematkan nama Viper untuk produk tersebut. Jadilah Dodge Viper Vs Ford Shelby Cobra, pertarungan mobil bernama ular asal Amerika Serikat.

Di Indonesia Dodge Viper sempat masuk melalalui agen resmi yang waktu itu dipegang oleh PT Garasindo Inter Global (Garasindo). Di tahun 2015 lalu, Garasindo sempat memasarkan Dodge Viper SRT berkekuatan mesin 10 silinder, berkapasitas 8.4-liter. Dengan total tenaga 645 hp dengan torsi puncak hingga 814 Nm, mobil cabriolet ini mampu sprint 0-100kpj hanya dalam waktu 3 detik. Dengan top speed nyaris setara mobil F1, 332 km/jam.

5. VW Tiguan

nama mobil unik - vw tiguan

VW Tiguan Allspace

Tiguan merupakan medium SUV keluaran Volkswagen (VW) yang cukup laris penjualannya di Indonesia. Namun nampaknya belum banyak yang tahu kalau nama VW Tiguan berasal dari nama hewan.

Tidak cuma satu hewan, tapi dua hewan yang digabung menjadi sebuah kata yakni dalam kombinasi bahasa Jerman Tiger (harimau) dan Leguan (Iguana). Latar belakang nama ini berasal dari tim marketing internal VW yang mengusulkan beberapa nama, kemudian VW melakukan polling di media nasional untuk memilih nama yang paling disukai.

Dari 350.000 jumlah voting, nama Tiguan yang akhirnya terpilih karena dianggap pas menggambarkan mobil ini. Pasalnya pada era 2007, belum ada mobil SUV dengan dimensi ringkas yang mengusung mesin kecil dan sudah dilengkapi turbo. Kemudian Tiguan juga jadi salah satu pelopor SUV yang nyaman dipakai di jalan aspal, sekaligus tangguh di medan offroad ringan.

Demikian ulasan nama mobil unik. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika