by

Daihatsu Thor Seat Lift, MPV Untuk Pengguna Kursi Roda

MPV terbaru, Daihatsu Thor Seat Lift resmi meluncur di Jepang. Kendaraan ini diciptakan untuk para penyandang disabilitas, khususnya pengguna kursi roda.

Dengan fitur seat lift, memudahkan kamu yang menggunakan kursi roda untuk masuk ke dalam kabin mobil. Pasalnya kursi penumpang depan Thor edisi spesial ini mampu berputar sehingga menghadap ke luar dan turun mendekati aspal.

Menariknya lagi, proses rotasi tersebut dapat dioperasikan pakai wireless remote control untuk mengurangi beban penumpang berkebutuhan khusus dan orang yang membantu. Istimewa bukan?

Kendaraan seperti Daihatsu Thor Seat Lift ini disebut juga sebagai welfare vehicle. Di Jepang, pabrikan berlogo D punya banyak produk serupa dengan banyak fungsi.

Misal ada Tanto Sloper yang memudahkan masuknya kursi roda lewat bagasi mobil dengan kehadiran lantai miring. Ada pula Atrai Rear Seat Lift, fungsinya seperti Thor Seat Lift hanya saja untuk penumpang belakang.

Kemunculan Thor edisi seat lift sesungguhnya sudah sejak Juni 2021 di Jepang. Walau begitu yang menarik, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) membuat rilis untuk peluncuran tersebut dan baru disebar ke jurnalis otomotif di Indonesia pada Juli 2021.

Baca juga  5 Penyakit Mobil Avanza yang Sering Ditemui

“Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Daihatsu di Jepang, mobil Daihatsu memiliki pangsa pasar tertinggi dan mendapat apresiasi luas dari pelanggan di Jepang dalam permintaan welfare vehicles, seperti kendaraan yang memudahkan akses pengguna kursi roda (wheelchair accessible vehicles), seat lift vehicles, dan turn seat vehicles,” beber rilis resmi ADM yang kami terima pada Selasa (6/7/2021).

Apakah rilis Daihatsu Thor Seat Lift ini tanda, bahwa ADM siap membuat mobil dengan fitur seat lift. Atau jangan-jangan, ADM bakal mendatangkan Thor ke Tanah Air?

Kemungkinan Daihatsu Thor Masuk Indonesia

Daihatsu Thor seat lift
Sosok Daihatsu Thor terbaru di Jepang

Bicara soal Daihatsu Thor Seat Lift, sesungguhnya mobil ini mengambil basis dari Thor G. Di Jepang, Thor merupakan MPV ringkas yang begitu nyaman untuk keluarga.

Walau namanya mobil MPV, namun cuma bisa menampung 5-orang karena mengandalkan dua baris bangku. Meski mungil, tapi keunggulannya banyak. Sebut saja, penggunaan pintu geser untuk penumpang belakang.

Kemudian ada berbagai fitur modern yang hadir di Daihatsu Thor Jepang. Sebut saja advanced smart assist (ASA), bahkan lebih canggih dari ASA milik Daihatsu Rocky di Indonesia. Ambil contoh, ASA Thor memiliki fitur adaptive cruise control (ACC).

Baca juga  Komparasi Toyota Calya Vs Daihatsu Sigra, Mana Lebih Baik?

Bicara mesin, Thor mengandalkan kubikasi 1.0 liter turbo. Padanannya adalah transmisi CVT.

Lalu apakah Thor bakal masuk Indonesia? Kemungkinan selalu ada, terlebih Thor terlihat beberapa kali sedang diuji jalan oleh Daihatsu di Tanah Air.

Kemudian soal mesin, Daihatsu juga sudah memiliki jantung mekanis 1.0 liter turbo lewat Rocky. Jadi untuk produksi Thor di Indonesia, mungkin saja dilakukan.

Bila benar Daihatsu Thor akan hadir di pasar otomotif Tanah Air, tentu ini akan jadi mobil dengan segmen baru yaitu MPV ringkas. Kompetitornya pun belum ada!

Terbaru