5 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Jaket Motor

Moladin – Salah satu aksesori berkendara yang paling banyak digunakan oleh banyak orang adalah jaket. Dengan menggunakan jaket, tubuh akan terlindungi dari berbagai cuaca yang ekstrem seperti terlalu panas atau terlalu dingin. Perlindungan ini akan membuat Moladiners jadi nyaman saat berkendara dengan sepeda motor.

Nah, karena jaket untuk berkendara motor ini jenisnya ada banyak, kita harus memilihnya dengan baik. Misal jaket untuk keperluan harian atau jaket yang bisa digunakan untuk touring. Simak beberapa tips di bawah ini biar tidak sampai salah beli dan akhirnya kecewa.

 

Ukuran Jaket Pas di Tubuh

Jaket pas dengan ukuran badan

Kalau ingin membeli jaket motor apa pun jenis mulai dari jaket parka atau jenis jaket kulit, ada baiknya memilih yang ukurannya tepat. Alasan memilih ukuran jaket yang tepat adalah untuk menghindari ketidaknyamanan. Misal kamu membeli jaket yang terlalu kecil. Kemungkinan besar akan mengganggu di bagian ketiak dan juga tangan.

Sebisa mungkin untuk membeli jaket yang tidak terlalu besar juga karena bisa membuat kamu jadi risi. Kalau ingin membeli jaket untuk berkendara, ada baiknya untuk mengunjungi pembuatnya secara langsung. Coba jaket satu per satu atau buat jaket custom sesuai dengan ukuran tubuh yang kamu miliki.

 

Honda Scoopy All New

*Angsuran mulai dari

 

Bahan yang Sempurna

Bahan Yang Sempurna

 

Bahan yang digunakan untuk jaket ada banyak. Namun, bahan yang digunakan untuk membuat jaket khususnya berkendara atau touring hanya beberapa saja. Umumnya jaket yang digunakan untuk touring memiliki bahan lebih tebal, tapi tetap nyaman digunakan baik pada cuaca dingin atau panas.

Yang paling penting dari semuanya, bahan dari jaket harus tahan dengan air. Artinya, bahan ini tidak akan tembus oleh air meski digunakan untuk berkendara di bawah guyuran hujan. Meski nantinya kamu menggunakan mantel, jaket bisa memberikan perlindungan ekstra.

 

Bisa Menutup Beberapa Bagian Tubuh

Jaket kulit

Pernahkah kamu menggunakan jaket untuk pelindung tubuh saat hujan lalu bagian leher dan tangan masih tetap kemasukan air. Selanjutnya bagian pinggang juga bisa kemasukan air. Kalau jaket digunakan untuk keperluan touring, ada baiknya yang memiliki semacam pengait di bagian yang sudah disebutkan sebelumnya.

Pengait yang digunakan untuk leher, tangan, hingga pinggang bisa mencegah masuknya air saat hujan. kamu bisa menarik atau melepaskan ikatan di sana sesuai dengan kebutuhan. Dengan kemampuan ini jaket bisa berguna untuk keperluan perjalanan jauh di kala hujan.

 

Memiliki Warna Terang

Jaket Warna Terang

Warna dari jaket sebenarnya opsional atau bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Namun, ada baiknya menggunakan warna yang terang. Warna yang terang ini akan memudahkan orang lain dari kejauhan untuk melihat kamu. Apalagi ada bagian jaket yang memantulkan cahaya saat disorot lampu.

 

Ada Pelindung Dada

jaket dengan pelindung dada

Beberapa jaket tidak memiliki pelindung di bagian dada. Padahal pelindung di bagian dada ini sangat penting. Dengan pelindung ini area dada bisa dijaga dengan baik. Angin yang berlebihan dan memicu gangguan pada tubuh seperti masuk angin sampai gangguan pernapasan bisa dicegah.

Sebisa mungkin untuk membeli jaket yang memiliki pelindung dada. Beberapa jaket model terbaru biasanya memiliki bagian dada yang lebih tebal. Dengan begitu angin yang mengenai tubuh tidak akan menyebabkan sakit. Kalau jaket yang dibeli sudah terlanjur tidak memiliki pelindung, ada baiknya untuk membawa pelindung sendiri.

 

Bentuk Sederhana dan Tidak Banyak Tali

model sederhana

Mengapa tidak boleh ada terlalu banyak tali? Karena tali bisa memicu terjadinya kecelakaan di jalanan. Misal tali yang digunakan justru tersangkut ke kendaraan atau benda lain, tentu akan sangat berbahaya. Kalau tubuh tidak seimbang dan kuat, bisa saja mengalami jatuh.

Kalau memang sudah terlanjur membeli yang ada talinya, lebih baik dimasukkan ke dalam kantong atau dipotong kalau memang tidak dibutuhkan yang terlalu panjang. Kalau kamu belum membeli jaket motor, lebih baik membeli yang bentuknya sederhana saja dan minim ritsleting.

 

Model yang Sempurna

model sempurna

Tidak bisa mungkiri lagi kalau jaket motor yang biasanya digunakan oleh pada pengendara dibeli bukan untuk tujuan kenyamanan saja. Lebih dari itu ada alasan estetika yang harus diperhatikan dengan baik. Itulah kenapa kamu bisa membeli jaket dengan model tertentu seperti model jaket parka atau army.

Selain jaket parka, ada model lain yang sama-sama unggul dari segi estetika. Apa pun jenis jaket yang sedang kamu beli pastikan untuk tetap memperhatikan sisi fungsinya. Kalau tidak bisa berfungsi dengan baik, kemungkinan besar, perjalanan kamu tidak akan bisa nyaman dan rawan mengalami sakit sesudahnya.

 

Yamaha Fino 125 Grande

*DP mulai dari

 

Inilah beberapa hal tentang jaket motor yang banyak sekali digunakan oleh para pengendara khususnya yang hobi touring. Dengan memilih jaket bermotor yang tepat, kamu tidak akan sampai kecewa karena salah beli. Selain itu, fungsi dari jaket juga bisa dimaksimalkan.

Sekian tips dari Jinny mengenai pentingnya memilih jaket motor untuk harian. Semoga bermanfaat bro n sis….

Ingat Motor, Ingat Moladin!

Baca Juga :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *