Ducati Panigale V2 Superquadro Last Edition, Cuma 555 Unit

by Tigor Sihombing
Ducati Panigale V2 Superquadro Last Edition diperkenalkan

Ducati Panigale V2 Superquadro Last Edition resmi diperkenalkan. Model ini merupakan edisi terakhir dari Panigale V2 Superquadro dan hanya akan diproduksi sebanyak 555 unit.

Ducati Panigale V2 Superquadro Last Edition akan mulai dipasarkan pada Oktober 2024 sebagai model tahun 2025. Diproduksi dalam jumlah terbatas, model Panigale V2 Superquadro Final Edition merupakan penghormatan bagi keluarga mesin Superquadro.

Pertama kali diperkenalkan pada superbike Ducati Panigale 1199 tahun 2011, mesin Superquadro adalah mesin V-twin 90 derajat dengan DOHC dan empat katup per silinder.

Mesin Superquadro adalah mesin V-twin 90 derajat dengan DOHC dan empat katup per silinder
Mesin Superquadro adalah mesin V-twin 90 derajat dengan DOHC dan empat katup per silinder

Yang membedakan mesin Superquadro dari mesin Desmoquattro V-twin di jajaran motor sport Ducati saat itu ialah penggunaan camshaft ganda overhead yang digerakkan oleh roda gigi dan rantai, berbeda dengan timing belt.

Menggunakan kombinasi roda gigi dan rantai memberikan artikulasi yang presisi untuk sistem penggerak katup mekanis Desmodromic. Teknologi ini diklaim lebih baik dibanding dengan timing belt yang memilliki daya tahan yang kurang tangguh.

Nama Superquadro berasal dari rasio over-square yang ekstrim – quadro dalam bahasa Italia berarti ‘persegi’ – antara diameter silinder dan langkah piston, dengan konfigurasi puncak 1.285 cc dengan diameter 116 mm dan langkah pendek 60,8 mm.

Baca juga  Ducati XDiavel Black Star, Cruiser Paling Sporty
Fascia Ducati Panigale V2 Superquadro Last Edition nampak garang
Fascia Ducati Panigale V2 Superquadro Last Edition nampak garang

Untuk desain, menggunakan desain grafis Drudi Performance telah bekerja sama untuk menciptakan livery Tribute Superquadro untuk Panigale V2. Skema warna utama terdiri dari putih, merah, hitam, dan abu-abu.

Skema warna ini mengikuti garis Panigale V2, sementara grafis hitam tebal membentuk angka “1” di bagian depan dan samping fairing.

Warna abu-abu matte pada tangki bahan bakar kontras dengan warna-warna pada fairing, dilengkapi dengan jok yang dihiasi bordiran Tricolore Italia dan embos grafis Superquadro Final Edition.

Komponen Pelengkap Ducati Panigale V2 Superquadro Last Edition

2025 Ducati Panigale V2 Superquadro Final Edition 64 1260x840 1
Tutup tangki dan footpeg Rizoma yang dapat disesuaikan juga terbuat dari aluminium solid

Mesin Superquadro V-twin pada seluruh Ducati Panigale V2 Superquadro Last Edition mampu menghasilkan 155 hp pada 10.750 rpm dan torsi 104 Nm pada 9.000 rpm dari kapasitas 955 cc.

Silinder head, kopling, dan bak oli terbuat dari magnesium, sementara crankcase Vacural dilengkapi dengan liner silinder aluminium dengan lapisan NikaSil pada bore.

Komponen serat karbon meliputi tutup silencer, spatbor depan dan belakang, lengan ayun, pelindung rantai, penutup kopling, dan pelindung shock absorber.

Baca juga  Ducati Monster Terbaru, Tinggalkan Rangka Teralis
Sokbreker depan dan belakang Ducati Panigale V2 Superquadro Last Edition pakai Ohlins
Sokbreker depan dan belakang Ducati Panigale V2 Superquadro Last Edition pakai Ohlins

Tutup tangki dan footpeg Rizoma yang dapat disesuaikan juga terbuat dari aluminium solid. Bagi mereka yang ingin membawa Panigale V2 Superquadro Final Edition ke sirkuit, terdapat kit balap termasuk dudukan plat nomor yang bisa dilepas, juga spion, sementara modul GPS untuk akuisisi data DDA adalah standar.

Tidak lupa Ohlins digunakan pada suspensi depan dan belakang yang dapat disesuaikan sepenuhnya dan damper kemudi. Demikian ulasann terkait Ducati Panigale V2 Superquadro Last Edition. Simak terus Moladin.com & channel Google News Moladin untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika