oleh

Ekspor Suzuki XL7 Meningkat, Ke Negara Mana Saja?

Ekspor Suzuki XL7 meningkat tajam. Negara tujuan ekspornya antara lain Vietnam, Filipina, Thailand, Vietnam, hingga Meksiko. Hebatnya, kenaikan pengiriman ke luar negeri dari Indonesia tersebut mencapai 30 persen, jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Menurut data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo), Indonesia telah mengekspor mobil produksi lokal sebanyak 131.941 unit untuk periode Januari hingga April 2022. Catatan tersebut membuktikan bahwa angka tersebut menunjukkan peningkatan sebesar 28,6 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2021.

Dalam kategori Completely Built Up (CBU), Secara keseluruhan membukukan peningkatan ekspor 17 persen. Di mana dari angka tersebut, jika dibreakdown ekspor Suzuki XL7 mengalami kenaikan sebesar 30 persen dengan berkontribusi 16,4 persen dari total ekspor mobil Suzuki.

Posisi kedua ditempati oleh Suzuki APV dengan peningkatan 26 persen. Kemudian peringkat ketiga dan seterusnya yaitu All New Ertiga dan New Carry Pick Up yang masing-masing mencatatkan angka peningkatan 14 persen jika dibandingkan periode Januari-April 2021.

Baca juga  70 Mobil Keren Terbaru Tahun 2022 Segera Muncul

Di lain sisi, ekspor kendaraaan dalam bentuk Completely Knocked Down (CKD), Suzuki membukukan peningkatan ekspor hingga 22 persen dengan kontribusi Karimun Wagon R sebesar 23,6 persen. Dengan demikian, total ekspor Suzuki periode Januari-April 2022, baik CBU atau CKD, telah meningkat 20 persen.

“Filipina, Thailand, Taiwan, Vietnam, dan Meksiko menjadi lima negara dengan permintaan tertinggi terhadap XL7. Sepanjang tahun 2022. Kami harap dengan meningkatnya kinerja ekspor Suzuki Indonesia yang mayoritas produknya merupakan buatan Indonesia dapat memberikan kontribusi positif dan berdampak baik terhadap perekonomian dan industri otomotif di Indonesia,” terang Wijananto Jati Pradono, selaku Production Planning Control Assistant to Dept Head PT SIM, dalam rilis resminya.

Sebagai informasi, sepanjang tahun 2022 Suzuki telah melakukan ekspor ke 51 negara yang tersebar di Asia, Timur Tengah, Amerika Selatan, Oseania, hingga Afrika, baik melalui pelabuhan Patimban maupun Tanjung Priok

Sekilas Suzuki XL7

Ekspor Suzuki XL7
Suzuki XL7

Suzuki XL7 menggunakan mesin berkapasitas 1.462 cc, 4 silinder, DOHC, VVT. Untuk tenaganya diklaim mencapai 103 hp dengan torsi 138 Nm. Adapun transmisi yang ditawarkan adalah manual dan otomatis.

Baca juga  Kenal VW Taigun, SUV Calon Rival Raize Hingga HR-V!

Suzuki XL7 memiliki kapasitas tempat duduk 7 penumpang dan didukung kabin yang nyaman dengan warna hitam yang sporty dan armrest pada baris pertama serta kedua. Selain itu, terdapat juga audio system touch screen 8 inch, carbon fibered pattern dashboard, ventilated cup holder, serta tampilan Multi Information Display (MID) yang modern.

Tak hanya itu saja, untuk menunjang kenyamanan berkendara mobil ini juga telah mengadopsi keyless push start stop button, AC digital auto climate with heater serta power outlet hingga baris ketiga.

Soal fitur, mobil 7-seater sudah dilengkapi beberapa fitur modern. Seperti Anti-lock Braking System (ABS) & ABD, Dual SRS Airbag, ISOFIX, Hill Hold Control (HHC), Electronic Stability Programme (ESP), sensor parkir, kamera belakang, serta kunci immobilizer.

Moladiners, itulah ulasan mengenai ekspor Suzuki XL7 yang meningkat di tahun 2022. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru