Fakta 50 Tahun Porsche Turbo dan Parade Mobil Ikonik Porsche Dipamerkan

by Firdaus Ali
Fakta 50 tahun Porsche Turbo

Berbagai mobil ikonik Porsche dipamerkan dalam rangka memperingati fakta 50 tahun Porsche Turbo. Salah satu mobil yang dipajang adalah 911 Carrera 2.7 lansiran 1974.

Untuk memperingati perjalanan fakta 50 tahun Porsche Turbo, Porsche menggelar pameran di Museum Porsche mulai dari 30 Juli 2024 lalu sampai 12 Januari 2025. Pameran ini ditujukan untuk para pecinta mobil sport Porshce yang terkenal dengan mesin turbonya.

Salah satu mobil ikonik pertama yang mengadopsi turbo adalah 911 Turbo yang dibuat bulan Agustus tahun 1974. Model ini hanya diproduksi satu kali. Sangat spesial bukan?

Yup, 911 Turbo pertama dibuat khusus untuk hadiah Louise Piëch pada ulang tahunnya yang ke-70 pada tanggal 29 Agustus 1974. Saudara perempuan Ferry Porsche ini dihadiahi mobil yang hanya diproduksi satu kali dengan bodi sempit dan mesin 2,7 liter. 

Fakta 50 tahun Porsche Turbo
Fakta 50 tahun Porsche Turbo, ada pameran di Museum Porsche sampai 1 Januari 2025

Di bagian belakang mobil sport bertenaga 191 kW (260 PS) ini, kata ‘Carrera’ dan bukannya ‘turbo’ membedakannya dari mobil produksi seri berikutnya. Mobil sport ini memiliki body khusus 911 Carrera 2.7 yang dibuat Porsche untuk menandai 25 tahun berkendara dalam bentuk yang ikonik. 

Baca juga  Libur Usai Putaran ke-2 Porsche Sprint Challenge Indonesia Siap Digelar

Di Mobil tersebut ada dua fitur sebagai penanda bahwa yang tidak dimiliki mobil Porsche model lain. Yaitu sayap belakang yang mewah dan lencana di laci dengan inisial ‘LP’ dan tulisan ‘Turbo-Porsche No. 1, Stuttgart-Zuffenhausen, 29 Agustus 1974’.

Selain Porsceh 911 Turbo 1974, ada pula mobil lain yang hanya ada satu kali dalam pameran khusus ini adalah 911 Turbo generasi 992 dengan lapisan dua warna perak.

Mobil ini adalah hasil ‘Duet’ 911 Turbo S dari tahun 2020 merupakan hasil kolaborasi antara Porsche dan produsen pesawat terbang Embraer. Mereka yang memilih jet bisnis Phenom 300E pada saat itu dapat membeli 911 Turbo S yang disesuaikan.

Museum Porsche Menampilkan Berbagai Atribut Turbo Dari Porsche

Fakta 50 tahun Porsche Turbo menampilkan pameran di Museum Porsche dengan berbagai atribut turbo yang dimiliki Porsche.

Tim manajemen pameran di Museum Porsche telah merancang suguhan khusus bagi pengunjung yang akan menginspirasi, memberi informasi dan menawarkan kejutan demi kejutan. Sebagai contoh, terdapat etalase sepanjang 13 meter yang berisi pameran teknis, gambar, dan foto.

Baca juga  Kerjasama Dengan H2 Green Steel, Porsche Siap Gunakan Baja Rendah CO2 di Mobil Sportnya

Hal ini termasuk berbagai turbocharger, katup pintas, pendingin udara dan K-Jetronic. Untuk mendapatkan pengalaman sebanyak yang mereka inginkan, pengunjung dapat menonton film dan penjelasan digital pada layar sentuh besar yang mencakup topik pengembangan, teknologi, dan interior/eksterior. 

Porsche Museum juga memamerkan lembar spesifikasi asli Porsche 911 Turbo RSR dari IAA Frankfurt Motor Show 1973, gambar teknis Porsche Coupé generasi 930, spoiler dari Porsche 911 generasi 991 dengan aerodinamika aktif, dan model desain dari awal tahun 1970-an.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika