Kamis, Maret 28, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

4 Fakta Menarik Mengenai Toyota Alphard dan Vellfire 2020

by Deni Ferlindungan
mpv premium terbaik di indonesia - toyota alhoard

Mengawali tahun 2020, PT Toyota Astra Motor (TAM) melakukan penyegaran kepada premium MPV andalannya, yakni Toyota Alphard dan Vellfire yang kini berstatus facelift. Toyota Alphard dan Vellfire 2020 kini hadir dengan penyempurnaan fitur yang diklaim mampu meningkatkan kenyamanan serta keselamatan bagi pengemudi dan penumpang ketika berada di dalam kabin.

“Faktor keselamatan dan kenyamanan merupakan hal yang selalu menjadi perhatian utama sehingga Toyota secara terus menerus melakukan improvment, agar pelanggan tidak hanya merasakan kemewahan, tapi juga perlindungan keselamatan yang makin optimal. Di awal tahun 2020 ini, kami memulainya dengan melakukan penyegaran pada Alphard dan Vellfire,” ujar Anton Jimmy Suwandy, Direktur Marketing PT TAM dalam keterangan resminya kepada Moladin.com.

Dengan penyegaran yang terjadi pada Toyota Alphard dan Vellfire 2020 ini, diharapkan mampu memenuhi kebutuhan konsumen setia mereka di Tanah Air. Mengingat produk kedua produk itu berhasil meraih pangsa pasar sebesar 94,4 persen di tahun 2019, dengan total penjualan wholesales sebanyak 4.637 unit.

1. Toyota Alphard dan Vellfire terbaru dilengkapi fitur keselamatan modern

Toyota Alphard Vellfire 2020  

Toyota Alphard dan Vellfire 2020 kini dilengkapi dengan fitur Toyota Safety Sense yang terdiri dari sejumlah fitur-fitur keselamatan berkendara dengan standar tertinggi, seperti Pre-Collision System (PCS) yang dapat membantu mencegah dan mengurangi tabrakan dengan kendaraan atau pejalan kaki di depan mobil.

Selain itu ada pula fitur Lane Departure Alert (LDA) yang mampu mencegah kendaraan keluar dari jalur, selanjutnya Automatic High Beam (AHB) yang memastikan visibilitas di depan yang optimal saat berkendara di malam hari.

Baca juga  Suzuki Landy 2020 Dijual Rp300 Jutaan, Alphard Paket Hemat!

Fitur lain yang juga tersedia adalah Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) yang membantu pengendara memantau keberadaan kendaraan lain yang ada di depan dan menjaga jarak aman. Memanfaatkan kamera di depan, DRCC dapat memperhitungkan dimensi kendaraan di depan dengan baik, termasuk membaca marka jalan.

Alhasil, bila ada mobil lain masuk ke jalur di depan secara tiba-tiba, sistem secara otomatis akan mengurangi kecepatan atau bahkan melakukan pengereman jika dirasa jaraknya sudah tidak aman.

New Alphard dan New Vellfire kini juga dilengkapi fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS) yang akan memberi peringatan bila tekanan ban rendah. Fitur ini akan sangat membantu pengguna untuk mempertahankan kenyamanan kendaraan dan juga dampak buruk yang mungkin terjadi pada ban dan pelek jika tekanan ban rendah.

Selain itu, Toyota juga meningkatkan penggunaan Intelligent Clearance Sonar (ICS) yang semula hanya menggunakan 6 titik yaitu 2 di depan dan 4 di belakang menjadi delapan titik yaitu 4 di depan dan 4 di belakang. Fitur ICS juga akan mendeteksi objek di sekitar kendaraan dan memberikan alarm suara ketika terlalu dekat. Fitur ini akan sangat membantu pengemudi saat parkir di ruang yang sempit.

2. Sistem Hiburan Toyota Alphard dan Vellfire makin mewah

Toyota Alphard Vellfire 2020 dibekali sistem hiburan baru

Tidak hanya sebatas melengkapi sejumlah fitur keselamatan yang canggih saja, Toyota juga turut melakukan ubahan pada sistem hiburan pada mobil keluarga mewah mereka, yang kini telah dilengkapi dengan fitur Audio Head Unit (AHU) dan Rear Seat Entertainment (RSE). Sebelumnya AHU pada Alphard dan Vellfire menggunakan layar monitor berukuran 8 inci, kini menggunakan layar 9 inci untuk varian 2.5 X, 2.5 G, dan 2.5 HEV, khusus untuk varian 3.5 Q menggunakan layar berukuran 10.5 inci.

Baca juga  Toyota Camry Nightshade 2023, Mewah Sporty

Sedangkan layar RSE yang sebelumnya 10 inci menjadi 13 inci, bahkan varian 3.5 Q menggunakan layar 13.3 inci.

Di samping itu, untuk melengkapi kenyamanan dan keamanan, Inside Rear View Mirror, Toyota Alphard dan Vellfire model 2020 kini menggunakan teknologi Electric Mirror Gen 2 dengan jangkauan monitor yang lebih luas dan resolusi yang lebih tinggi dibandingkan sebelummya yang menggunakan teknologi Full Digital Mirror.

3. Tampilan dan mesin Alphard Vellfire tidak alami ubahan

Mesin Toyota Alphard dan Vellfire 2020

Toyota Alphard dan Vellfire facelift tidak mengalami ubahan pada sisi eksterior dan mesin. Di mana ubahan yang dilakukan Toyota masih berfokus pada sisi interior dan penyematan sejumlah fitur baru.

Pun begitu, tampilan Alphard dan Vellfire masih tergolong modern berkat hadirnya sejumlah fitur-fitur terkini, seperti penyematan lampu LED dan DRL pada bagian depan, gril berukuran besar dengan nuansa krom yang mempertegas tampilannya semakin terasa luxury.

Pada sektor jantung mekanisnya, Toyota Alphard dan Vellfire 2020 masih dipersenjatai dengan mesin berkode 2AR-FE berkapasitas 2.5 liter yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 177,4 hp dengan puntiran sebesar 234 Nm.

Baca juga  Spesifikasi Innova D’Masiv Yang Kecelakaan di Situbondo

Selain itu, ada juga pilihan mesin berkapasitas 3.5 liter yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 271 hp dengan torsi sebesar 340 Nm.

4. Perjalanan Toyota Alphard di Indonesia

Toyota Alphard 2020

Toyota Alphard pertama kali secara resmi dipasarkan di Indonesia pada 2008. Pada tahun 2015, Toyota Vellfire dan Toyota Alphard HEV (Hybrid Electrified Vehicle) menambah jajaran line-up MPV Luxury ini.

Meski masuk di segmen yang sama, Alphard dan Vellfire memiliki karakter yang sangat berbeda. Alphard tampil dengan desain dengan nuansa mewah, anggun dan formal. Vellfire menonjolkan modern, dan high tech dengan kesan berani dan sporty.

Saat pertama kali dipasarkan, Alphard berhasil menarik perhatian di segmen MPV Luxury. Hingga Januari 2020, Alphard telah mencetak total penjualan 25.421 unit. Bahkan di tahun 2019 Alphard membukukan market share 94,4%.

Baca juga:

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika