[Fakta] Si “Capung Merah” Yamaha YA-1, Motor Pertama Bikinan Garputala!

Haloo sobat Moladiners. Udah tau belom Yamaha pertama kali membuat sepeda motor ini sukses menoreh beberapa prestasi yang luar biasa? Bahkan pada debut perdana Yamaha YA-1 ini telah mengusung sebuah teknologi yang revolusioner. Apakah itu?? Penasaran sob? Yuk deh simak fakta selengkapnya tentang si “Capung Merah”, Yamaha YA-1 yang merupakan motor pertama Yamaha di bawah ini!

Viar Vintech 200

*Angsuran mulai dari

Sejarah Lahirnya Motor Yamaha

Siapa yang mengira, Yamaha di awal pendiriaannya pada tahun 1887,  sejatinya bukan merupakan produsen sepeda motor, loh. Begini ceritanya sob, ketika itu Torakusu Yamaha mendirikan Yamaha Corporation dengan memproduksi organ dan harmonika yang berbasis di Jepang.

Mendirikan Yamaha
Torakusu Yamaha, Pertama Kali Mendirikan Yamaha Sebagai Produsen Alat Musik

Seperti yang terlihat, gambar garputala pada setiap produknya merupakan ciri sebagai perusahaan alat musik dan instrumen. Rupanya, perusahaan alat musik kala itu terbilang moncer hingga pada tahun 1897, Yamaha berhasil mendirikan pabrik sendiri yang diberi nama Nippon Gaiki.

Baca juga : Waspada, Ini Sebab Munculnya Karat di Tangki Bensin, Sob!

Setelah Perang Dunia II, kondisi per-ekonomian global diterpa “gelombang badai” yang berdampak pada keberlangsungan industri di dunia semakin memburuk. Namun, Yamaha justru dikaruniai anggaran modal untuk melakukan ekspansi bisnis agar laba perusahaan meningkat.

Kemudian, oleh Genichi Kawakami selaku Presiden Nippon Gaiki ketika itu memutuskan untuk melakukan riset pasar. Yamaha mulai menjajaki berbagai jenis bidang industri, diantaranya mesin jahit, onderdil kendaraan, dan sepeda motor. Kondisi pasar yang kompetitif pada akhirnya membuat Genichi fokus menggeluti industri di bidang otomotif. Akhirnya, Yamaha Motor Company berhasil didirikan di Hamakita pada tahun 1955. Padahal jika melihat sejarah otomotif di Jepang, kala itu sudah lebih dulu berdiri beberapa brand otomotif.

Kawasaki W 250

*Angsuran mulai dari

Bangkit Dengan Motor Pertama Yamaha YA-1

Di tahun yang sama, Yamaha Motor Company sukses merilis produk pertamanya yakni “The Red Dragonfly” Yamaha YA-1. Lahirnya julukan tersebut berkat keberanian mereka yang memberikan sentuhan merah pada bodi. Padahal, kala itu kebanyakan motor dilabur dengan dominan warna hitam.

Motor Pertama Yamaha YA-1
Mulai Produksi Massal, Motor Pertama Yamaha YA-1

Ketika baru diliris, seperti dikutip dari Road Racing Word, YA-1 langsung diikutkan pada ajang balap bergengsi di Negeri Sakura bertajuk Mount Fuji Ascent Race dan Asama Highlands Race. Hebatnya, Capung Merah langsung berhasil menduduki podium juara pertama pada gelaran tersebut.

Yamaha YA-1
Model Yamaha YA-1 Pada Ajang Balap Asama Highlands Race

Yamaha YA-1 dilengkapi dengan mesin satu silinder dua tak berkubikasi 125 cc. Inovasi juga dihadirkan Yamaha karena YA-1 menjadi kendaraan roda dua pertama di Jepang yang mengusung kick starter. Kemampuan tersebut ditunjang gaya klasik dengan suara blar khas kuda besi tahun 1950.

Motor Dengan Kick Starter Pertama
Motor Dengan Kick Starter Pertama, Penemuan Revolusioner Otomotif Roda Dua

Prestasi Yamaha Di Kancah Balap

Giacomo Agostini
Pebalap Yamaha Kala Itu, Giacomo Agostini Menjuarai MotoGP 500cc 1975

Berselang enam tahun kemudian, Yamaha mulai mengikuti kejuaraan balap paling bergengsi di dunia, World Grand Prix untuk kelas 250cc bersama pembalapnya Yoshikazu Sunako. Namun, baru pada tahun 1975 Yamaha berhasil menjuarai MotoGP 500cc lewat pembalap asal Italia, Giacomo Agostini. Kejayaan Yamaha di MotoGP kembali terulang lewat nama-nama tenar seperti Kenny Roberts, Eddie Lawson, Wayne Rainey, Valentino Rossi, hingga Maverick Vinales.

Kawasaki W 175

*Angsuran mulai dari

Baca juga artikel lainnya :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *