by

Guna Fitur Assist and Slipper Clutch di CBR150R dan R15

Sebagaimana kita ketahui, penggunaan fitur assist and slipper clutch sudah bukan hal istimewa. Pasalnya beragam motor berakapasitas kecil alias 150 cc telah banyak yang mengadopsinya.

Fitur yang sebelumnya cuma bisa ditemui pada motor jenis motor balap ataupun motor gede ini, kini sudah tersedia di Honda CBR150R dan Yamaha R15. Bahkan di seri naked sport, Yamah Vixion juga telah memiliki teknologi tersebut.

Menurut laman resmi Yamaha Global, fitur assist and slipper clutch memiliki dua fungsi. Pertama membuat tuas kopling jadi semakin ringan. Kemudian fungsi selanjutnya mencegah entakan ketika perpindahan gigi turun atau downshift dilakukan, dengan begitu roda tidak bakal terkunci sehingga gejala selip bakal minimal.

Tentu sangat wajar jika fitur ini disematkan pada motor jenis motor balap ataupun motor gede. Namun, apakah fitur ini akan bermanfaat pada motor dengan kapasitas mesin kecil?

Aplikasinya di Jalan Raya

Honda CBR150R 2021
CBR150R 2021 sudah mengaplikasikan assist and slipper clutch

Secara pasti, fitur assist and slipper clutch di motor 150 cc punya fungsi yang sama pada penggunaan fitur di motor balap atau motor gede. Pengaplikasiannya di jalan raya pun sangat penting.

Baca juga  4 Rekomendasi Motor Sport yang cocok untuk Orang Pendek

Seperti yang disebutkan di awal, teknologi ini bisa membuat tuas kopling terasa ringan di Honda CBR150R Facelift 2021 dan Yamaha R15. Tentunya hal tersebut sangat penting, terutama agar tangan tidak cepat lelah ketika berkendara di kemacetan.

Bayangkan jika fitur ini tidak tersedia, tuas kopling bakal terasa berat ketika ditekan. Pastinya membuat berkendara dengan motor sport dengan kopling kurang nyaman. 

Kemudian fungsi assist and slipper clutch yang lain adalah meningkatkan aspek keselamatan di jalan. Umumnya pengguna motor sport baik dengan kapasitas mesin besar ataupun kapasitas mesin kecil, akan memanfaatkan momentum engine brake jika terdapat objek yang membahayakan di depan kala sedang berkendara.

Untuk itu, fitur ini akan membantu pengoperasian turun gigi jadi semakin lembut dan nyaman. Lebih penting lagi, terhindar dari kemungkinan roda terkunci. Oleh karenanya, potensi kecelakaan yang fatal bisa diminimalisir dengan sebaik mungkin.

Ditambah lagi pada Honda CBR150R varian tertinggi terdapat teknologi anti-lock braking system (ABS) dan emergency stop signal (ESS) yang meningkatkan aspek keselamatan. ABS mencegah roda terkunci ketika melakukan pengereman mendadak. Sementara ESS memberi informasi waspada ke pengendara di belakang, lewat kedipan lampu.

Baca juga  Konsumsi BBM Yamaha Gear 125, Apakah Irit?

Alhasil kombinasi semua fitur keselamatan tersebut, bisa menjadikan berkendara di mana saja terasa lebih nyaman.

Assist and Slipper Clutch Membantu Kamu yang Hobi Balapan

motor sport paling irit
Guna assist & slipper clutch, salah satunya membuat tuas kopling semakin ringan

Tentu saja, hadirnya fitur assist and slipper clutch juga sangat membantu bagi penggunanya yang punya hobi balap. Untuk menyalurkan hobi adu kencang di sirkuit, pengguna Honda CBR150R 2021 dan Yamaha R15 tidak perlu repot lagi melakukan pengaturan komponen kopling agar lebih ringan.

Dalam artian, fitur ini sangat membantu bagi para penyuka balapan di kelas 150 cc. Sebagai informasi tambahan buat kamu, jika motor belum mendapatkan assist and slipper clutch, biasanya pemiliknya bakal mengakali dengan sentuhan modifikasi pada bagian kopling.

Biasanya pengguna motor akan mengganti per kopling dengan yang jenis racing dan juga menggunakan kopling hidrolik. Tentunya untuk melakukan modifikasi ini membutuhkan pengeluaran biaya yang tidak sedikit. 

Untuk mengganti per racing dibutuhkan biasa berkisar antara Rp 300 ribu sampai dengan Rp 500 ribu. Sementara, untuk penggantian sistem kopling hidrolik bisa mencapai Rp 700 ribuan sampai dengan Rp 2 jutaan. 

Baca juga  3 Penyebab Karburator Mio Brebet, Pernah Mengalami?

Lumayan kan, fitur ini mampu menghemat biaya ketika motor Yamaha R15 atau CBR150R ingin diajak lari di sirkuit. Nah, itu tadi ulasan penggunaan fitur assist and slipper clutch di motor 150 cc. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru