oleh

3 Fungsi Tune Up Mobil, Ketahui Dengan Tepat!

Tune up menjadi salah satu bagian penting dalam merawat kendaraan. Fungsi tune up mobil tentu tak lepas untuk menjaga kondisi mesin tetap dalam kondisi prima.

Buat kamu yang belum tau fungsi tune up mobil, alangkah baiknya simak ulasan ini sampai habis. Mengingat dengan rutin melakukan tune up, bisa dipastikan mesin akan jauh dari kerusakan.

Sedikit mengulas lebih dalam mengenai tune up, merupakan proses perawatan mesin kendaraan yang terbagi dalam dua bagian, yang tune up ringan dan besar. Tujuannya tentu untuk menjaga performa mesin.

Namun sayang, masih banyak pemilik kendaraan yang kerap mengabaikan pentingnya tune up terhadap kendaraan. Alasan utama tentu tak lepas dari kesibukan yang melanda.

Pemilik kendaraan berdalih, kesibukan yang segudang, membuat mobil luput dari perawatan. Pun begitu, sejatinya kendaraan wajib melakukan servis berkala minimal 6 bulan sekali.

Apalagi jika mobil digunakan untuk menunjang mobilitas sehari-hari. Tentunya membutuhkan perawatan ekstra dari pemilik.

Sebagai catatan penting, servis biasa dan tune up sejatinya berbeda. Meski secara garis besar proses pengerjaannya serupa.

Servis biasa perawatan hanya sebatas pengecekan pada bagian filter udara, sistem injeksi, rem, dan fluida. Tidak dilakukan pengecekan mesin secara menyeluruh.

Baca juga  6 Cara Perawatan Rem Mobil, Jangan Abai!

Sedangkan untuk tune up mobil, biasanya proses pengerjaannya dilakukan secara menyeluruh pada bagian mesin, hingga katup. Buat lebih jelasnya berikut ini Moladin akan merangkum fungsi tune up mobil secara menyeluruh.

1. Fungsi Tune Up Mobil Untuk Menjaga Performa

Ini fungsi tune up mobil yang benar
Ini fungsi tune up mobil yang benar

Membahas mengenai fungsi tune up mobil, tentunya tak lepas dari upaya untuk memaksimalkan performa mesin kendaraan. Mengingat mobil yang kerap digunakan, tentunya membutuhkan perawatan.

Jika tidak dilakukan perawatan secara rutin, begitu rentan mengalami kerusakan. Paling terdampak tentunya menurunnya performa mesin. Hal ini tentu memengaruhi kenyamanan pengemudi ketika berkendara.

Dampak terparah ketika lalay tune up mesin mobil, bukan tidak mungkin mobil kalian akan rentan mogok atau mati secara tiba-tiba di tengah jalan. Oleh karena itu, penting untuk selalu lakukan perawatan secara berkala.

2. Mencegah Kerusakan Fatal

fungsi utama tune up mobil adalah mencegah kerusakan berat pada mesin kendaraan
fungsi utama tune up mobil adalah mencegah kerusakan berat pada mesin kendaraan

Manfaat atau fungsi tune up mobil berikutnya tentu bertujuan untuk mencegah kerusakan di ruang mesin. Dengan rutin tune up secara berkala, bisa dipastikan mesin kendaraan tetap dalam kondisi terbaik.

Baca juga  Mengenal Kelebihan Busi Iridium dan Cara Merawatnya

Kalau mobil tidak dilakukan perawatan dalam kurun waktu yang lama, tidak menutup kemungkinan bisa mengakibatkan kerusakan yang parah. Alhasil tentunya pemilik mobil perlu merogoh kocek yang besar hanya untuk sekadar perawatan.

Selain itu, mesin yang bermasalah pun berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan, Sob! Jadi untuk mencegah segala kondisi buruk tersebut, sebaiknya rutin merawat mesin mobil. Salah satunya dengan cara rutin tune up maksimal satu tahun sekali.

3. Menjaga Komponen Mesin Tetap Dalam Kondisi Terbaik

Memastikan seluruh komponen mobil dalam kondisi terbaik
Memastikan seluruh komponen mobil dalam kondisi terbaik

Tak kalah penting membahas mengenai fungsi tune up mobil adalah untuk memastikan seluruh komponen tetap dalam kondisi terbaik. Ketika salah satu komponen alami kerusakan, tentunya akan mempengaruhi performa mesin yang menurun.

Dengan melakukan tune up, tentunya dapat memantau kondisi komponen secara menyeluruh. Ketika mendapati kerusakan, tentunya tidak akan menyulitkan pemilik kendaraan.

Kerusakan pun dipastikan tidak akan menyebar alias merembet ke komponen lainnya. Apabila kerusakan diatasi dengan cepat dan tepat.

Pentingnya tune up mobil juga tentu dapat menjaga kualitas mesin supaya lebih awet dan tetap dalam kondisi prima. Lain halnya jika pemilik kendaraan lalay melakukan perawatan.

Baca juga  Biaya Service Kaki-Kaki Mobil, Mahal?

Performa mesin dipastikan akan mengalami penurunan, nahasnya bisa mengakibatkan terjadinya kerusakan fatal pada komponen penting. Selain itu, dengan rutin tune up kamu juga bisa memastikan bahwa saringan udara dapat berfungsi dengan optimal.

Ketika saringan udara mengalami masalah, suhu udara akan meningkat sehingga menyebabkan performa mesin yang menurun. Maka salah satu fungsi tune up mobil adalah mengantisipasi terjadinya kerusakan pada komponen saringan udara.

Tidak sebatas saringan udara saja, dengan tune up mesin dapat menjaga komponen dalam kondisi terbaik. Tune up juga dapat mengoptimalkan kinerja seluruh komponen mobil.

Dengan begitu, mobil akan terasa lebih nyaman ketika digunakan. Baik untuk penggunaan perjalanan jauh, maupun untuk menunjang mobilitas sehari-hari.

Jadi itulah sejumlah fungsi tune up mobil yang perlu pemilik kendaraan ketahui. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kalian.

Baca juga:

Terbaru