oleh

Mitsubishi Fuso Siap Hadirkan Truk Listrik di Indonesia

Mitsubishi Fuso siap hadirkan truk listrik di Indonesia. Untuk membuktikan keseriusannya, PT Krama Yudha Tiga Berlian (KTB) sudah membentuk divisi khusus kendaraan listrik mulai 1 Desember 2021 lalu.

Tugas dari divisi tersebut adalah melakukan riset seputar perkembangan kendaraan listrik khususnya truk listrik di Indonesia. Mulai dari kebijakan Pemerintah, mempelajari segmen market serta pengenalan dan promo truk listrik kepada para konsumen baru maupun yang sudah ada.

“Kami berupaya untuk proof of concept, kami akan bekerja sama denga operator logistik guna promo kendarana listrik fuso. Kita juga adakan promo untuk sosialisasi. Kami harapkan dengan aktivitas itu kami dapat informasi yang cukup untuk kendaran listrik di pasar Indonesia,” ungkap Bayu Aprizal selaku General Manager Product Strategy PT Krama Yudha Tiga Berlian. (26/1/2022).

Fuso siap hadirkan truk listrik juga bukan tanpa dasar. Apalagi pemerintah Indonesia memang sudah memberikan dukungan terhadap kendaraan elektrifikasi.

“Truk listrik merupakan bagian dari dukungan kami atas instruksi Presiden Joko Widodo yang mendorong perkembangan industri otomotif berbasis ramah lingkungan. Kami masih terus melakukan riset dan tentunya kami akan merilis mobil komersial berbasis listrik,” imbuh Bayu.

Baca juga  5 Kelebihan Xpander Facelift 2021, Masih Ragu Beli?

Mitsubishi Fuso eCanter

fuso siap hadirkan truk listrik
Fuso eCanter

Mitsubishi Fuso sebenarnya sudah memiliki satu model truk berbasis listrik yaitu Fuso eCanter yang hadir di pasar global sejak 2017 dan dipekenalkan di Indonesia pada event GIICOMVEC 2020.

Fuso eCanter sendiri merupakan produk truk listrik yang saat ini sudah mengaspal di beberapa negara. Sebut saja Jepang, Amerika dan Australia. Jadi sesungguhnya ketika Mitsubishi Fuso siap hadirkan truk listrik di Indonesia, tidaklah sulit.

“Pada dasarnya, eCanter merupakan produk yang terbukti dengan baik dan digunakan di beberapa negara di dunia seperti Jepang, Amerika Serikat, dan Australia. Untuk membawa produk tersebut, pada dasarnya tergantung konsumen. Tapi kami melihat Indonesia juga mempunyai potensi kendaraan listrik pada masa depan. Tetapi, balik lagi, semua tergantung konsumen dan kami juga harus mengecek strategi pemerintah dan infrastrukturnya,” tambah Bayu.

Perihal spesifikasinya, Fuso eCanter  menggunakan motor listrik berjenis AC Synchronous Electric Motor. Tenaga yang dihasilkan oleh motor listrik ini diklaim mencapai  135 KW atau setara dengan 180 Hp, serta torsinya 380 Nm. Tenaga dan torsi tersebut tersalur ke inverter transmisi otomatis single gear reduction dan diteruskan via kopel ke roda belakang.

Baca juga  Promo Penjualan Mobil Mitsubishi Mei 2022, Banyak Gratisan!

Meski tenaga dan torsi yang dihasilkan cukup besar, namun ada potensi panas akibat pemakaian yang harus dikontrol. Oleh sebab itu truk ini punya 3 buah radiator, 3 buah radiator ini masing-masing bertugas mendinginkan motor listrik, inverter, dan baterainya.

Kapasitas baterai dari Mitsubishi Fuso eCanter ini totalnya adalah 82 kWh yang tersebar pada 6 buah baterai pack yang ada di truk ini. Mitsubishi mengklaim 66 kWh-nya dapat digunakan untuk melajukan truk ini sejauh 100 kilometer dalam satu kali pengecasan.

Jarak 100 kilometer itu didapat dari asumsi jika muatan terisi mencapai 75% dari rekomendasi pabrikan. Muatan maksimum truk ini adalah 4 ton berarti 75% nya sekitar 3 ton. Baterai yang digunakan oleh Fuso listrik ini berjenis Lithium-ion battery pack hasil kolaborasi dengan Mercedes-Benz. Baterai ini punya tegangan listrik 360 volt.

Moladiners, itulah ulasan mengenai Mitsubishi Fuso siap hadirkan truk listrik. Untuk informasi otomotif menarik lainnya, simak terus Moladin.com.

Terbaru