Ganti Rantai Roda Baiknya Satu Set. Biar Punya Nilai Ekomomis

Tidak semua pemilik motor tahu akan pentingnya ganti rantai roda harus satu set dengan gir. Baik itu penggantian dengan part Original equipment manufaktur (OEM) atau produk aftermarket ternama. Kenapa seperti itu? Karena kalau ganti satu set rantai berikut gir-nya, maka pemilik motor akan mendapat banyak keuntungan.

Keuntungan yang didapat jika ganti rantai roda satu set dan mengikuti cara yang benar, “selain kinerja komponen pemindah daya itu berfungsi lebih sempurna saat bergasing. Yang pasti dapat memperpanjang usia pakai, lantaran semua bagian peranti itu ausnya secara bersamaan. Ini yang dimaksud nilai ekonomisnya,” jelas Nuraiman, mekanik di toko Mandala Motor, Jl. Mampang Prapatan Raya, Jakarta Selatan.

ganti rantai roda setelan
Mata gir tajam akan mempersulit setelan rantai

Nah, karena kurang paham wajar saja jika masih ada biker yang beli part vital ini secara satuan. Semisal hanya rantainya saja, gir depan atau gir belakang yang dibeli satuan dan memang ada toko yang jual secara terpisah. Bahkan ada pula konsumen yang sengaja membeli part berkualitas apa adanya tanpa mengetehui fungsi dan tugas rantai roda.

Yamaha Nmax

*Angsuran mulai dari

Rantai Kendur, Mata Gir Runcing Tanda Minta Diganti

Padahal kerja peranti ini terbilang berat lantaran harus siap menerima beban putar dari gasingan mesin agar bisa memutar roda belakang. Makanya bentuk gir dan rantai sangat berpengaruh terhadap kekuatan masing-masing part, tingkat keausan hingga efek suara yang ditimbulkan saat komponen bekerja.

ganti rantai roda
Perhatikan, bentuk gir dan rantai sangat berpengaruh pada kekuatan masing-masing part

Makanya kalau rantai sudah kendur dan mata gir sudah runcing, disarankan untuk segera ganti baru. “Gantinya pun tidak boleh satu bagian atau cuma gir atau rantainya saja. Akan lebih maksimal jika ganti rantai roda satu set (gir depan-belakang dan rantai),” wanti Nur sapaan karibnya.

Salah Satu Part Rusak Akan Mempengaruhi Kinerjanya

Kenapa mesti ganti rantai roda satu set dengan gir kalau sudah aus? Sebab jika mata gir sudah berbentuk runcing, sejatinya akan memengaruhi kinerja gir saat memutar rantai. Bisa gampang atau susah masuk, timbul suara hingga sangat cepat tingkat keausannya.

Misal gir runcing, saat mata rantai masuk ke gir memang lebih cepat karena tidak ada halangan. Hanya saja beban di permukaan mata gir dan rantai tidak rata lantaran bentuk penampang mata rantai bulat. Sehingga kadang hanya ada satu sisi yang kena beban berat.

ganti rantai roda satu set
Lebih maksimal ganti satu set gir depan belakang dan rantai

Yang ideal bentuk ujung mata gir tidak lancip tapi agak kotak dan ada tirusnya di masing-masing siku. Sehingga mata rantai mudah masuk dan minim gesekan. Lalu lekukannya mata gir harus sama dengan diameter mata rantai agar beban tariknya merata. Itu sebabnya kenapa kalau gir aus dan rantai sudah mulur harus cepat diganti.

KTM RC 200

*Angsuran mulai dari

Nah, pilihan gir set paling tepat adalah jika pakai Paket Drive Chain produk OEM atau aftermarket yang berkualitas untuk menemani tunggangan Moladiners.

Baca juga:

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *