Garangnya Toyota GR Yaris Edisi Khusus Kemenangan Perdana di WRC

by Tigor Sihombing
Toyota GR Yaris Rilis

Toyota GR kembali bikin heboh dengan menghadirkan Toyota GR Yaris spesial dalam livery khusus kemenangan di WRC. Sayangnya, model ini untuk sementara hanya rilis di Italia, dan beberapa negara Eropa lain.

Tak ada ubahnya dengan GR Yaris saat ini, maka Toyota GR Yaris edisi kemenangan di WR hadir dengan mesin turbo tiga silinder. Model ini hadir untuk memperingati 53 tahun perayaan kemenangan pertama Toyota di ajang World Rally Championship (WRC).

Konsep mobil ini terinspirasi dari Corolla 1600 Coupe tahun 1973 yang legendaris. Yang tak sekadar tampilan klasik tapi juga sudah dibubuhi beberapa aksesori spesial yang juga tidak ditemukan di GR Yaris biasa.

Toyota menambahkan velg 18 inci berbahan forged dengan finishing Heritage Gold yang menawan. Velg keren ini dibalut ban semi-slick Pirelli P Zero Trofeo R, memberikan cengkeraman optimal di berbagai kondisi jalan.

Sayangnya, edisi TGR Italy Limited Edition ini hanya tersedia dengan transmisi otomatis delapan percepatan. Kalau mau yang manual enam percepatan, pelanggan harus memilih GR Yaris reguler.

Baca juga  5 Kelebihan Mini JCW GP Seharga Rp 1,5 Miliar

Untuk menambah kesan eksklusif, Toyota juga menyematkan emblem khusus di eksterior dan plakat bernomor unik di interiornya. Setiap unit juga dilengkapi dengan sertifikat keaslian, sebagai pengingat bahwa ini bukan GR Yaris biasa.

Tech Pack sudah termasuk sebagai standar, jadi lo bakal dapet fitur-fitur canggih kayak sensor parkir, blind spot monitoring, dan Rear Cross Traffic Alert.

Namun, harga yang ditawarkan untuk edisi terbatas ini gak main-main, Toyota membanderolnya seharga €67,500 atau sekitar Rp1,1 miliar. Cuma ada 51 unit yang akan diproduksi, sesuai dengan jumlah tahun sejak Corolla versi rally memenangkan lomba Press On Regardless (POR) di Detroit pada tahun 1973.

Pada waktu itu, pembalap asal Kanada, Walter Boyce, dan navigatornya Doug Woods berhasil membawa Toyota ke puncak kemenangan di jalanan Michigan, menandai kemenangan pertama Toyota di ajang WRC.

Kisaran Harga Rp 526 jutaan

image1130
Pada waktu itu, pembalap asal Kanada, Walter Boyce, dan navigatornya Doug Woods berhasil membawa Toyota ke puncak kemenangan di jalanan Michigan, menandai kemenangan pertama Toyota di ajang WRC.

Harga GR Yaris edisi spesial ini memang terasa mahal, apalagi kalau dibandingkan dengan GR Corolla yang dijual sekitar $37,635 di Amerika Serikat atau sekitar Rp 526 juta. Tapi, harga ini tidak bisa disamakan begitu saja karena pajak di Italia, termasuk pajak pertambahan nilai (VAT) sebesar 22%, membuat harga mobil di Eropa jauh lebih tinggi.

Baca juga  SUV Porsche 911 Offroad, Mendaki Gunung Berapi Tertinggi di Dunia!

Di beberapa negara, pajak tambahan untuk emisi CO2 yang tinggi juga menjadi faktor yang membuat harga GR Yaris melonjak drastis, seperti di Prancis yang mencapai €92,290.

Bagi yang siap merogoh kocek dalam, Toyota Italia mulai menerima pemesanan pada 9 September dengan deposit awal sebesar €2,500. Selain mobil eksklusif ini, 51 pembeli beruntung juga akan mendapatkan cover mobil bernomor, dua tiket VIP untuk musim TGR Italia 2025, dan pakaian berlabel TGR Italia. Debut publik mobil ini dijadwalkan pada Oktober, dengan pengiriman dimulai sebelum akhir tahun.

Dengan hadirnya edisi spesial ini, GR Yaris dan GR Corolla tetap menjadi satu-satunya model Toyota yang menggunakan mesin turbocharged 1,6 liter tiga silinder.

Meskipun begitu, kini ada juga Lexus LBX Morizo RR, crossover kecil berpenggerak semua roda dengan tenaga yang sama, tapi sayangnya juga gak masuk ke pasar Amerika, sama seperti GR Yaris.

Demikian ulasan Toyota GR Yaris edisi khusus WRC. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Baca juga  Racing Blue Jadi Warna Baru Honda Civic Type R

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika