oleh

Gran Max Jadi Mobil Terlaris Daihatsu di Awal 2021

Bukan Xenia, Terios, atau Sigra. Ternyata Gran Max jadi mobil terlaris Daihatsu sepanjang awal tahun 2021.

Penjualan kendaraan niaga berjenis pick up tersebut mencapai 5.067 unit pada Januari dan Februari tahun ini. Kemudian untuk versi mini bus laku sebanyak 1.826 unit.

Bila dikombinasikan, maka Gran Max Pick Up dan Mini Bus berhasil membukukan 6.893 unit secara whole sales. Dengan kata lain mengukuhkan 42,3 persen dari total penjualan Daihatsu.

Catatan tersebut sekaligus membuat Gran Max jadi mobil terlaris pabrikan berlogo D untuk awal 2021. Kemudian posisi kedua diperoleh Sigra dengan catatan 4.896 unit. Peringkat ketiga ada Ayla dengan 2.390 unit.

Selanjutnya Daihatsu Terios berada di posisi keempat dengan 1.955 unit. Kemudian Xenia cuma bisa bertengger di tempat kelima lewat penjualan 1.150 unit. Sementara Luxio dan Sirion berada di posisi terbawah dengan 221 unit atau cuma 1,2 persen.

“Daihatsu bersyukur dapat mengawali penjualan 2 bulanan di awal tahun 2021 dengan baik, disertai market share 17,8%. Kami percaya, pasar otomotif tahun ini akan lebih baik daripada tahun sebelumnya,” kata Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dalam rilis resmi yang Moladin terima, beberapa waktu lalau..

Baca juga  5 Masalah Daihatsu Sirion Bekas yang Sering Dikeluhkan

Spesifikasi Daihatsu Gran Max di Indonesia

gran max jadi mobil terlaris daihatsu
Tersedia varian Gran Max Mini Bus dalam versi blind van

Gran Max jadi mobil terlaris Daihatsu pada awal 2021, lalu seperti apa spesifikasinya? Seperti yang sudah disebutkan di awal tulisan, bahwa mobil niaga ini terbagi dalam dua jenis tampilan: pick up dan mini bus.

Di versi pick up tersedia berbagai macam varian, yang paling menarik ada pilihan mesin 1.300 cc. Sementara kompetitor kebanyakan cuma punya jantung mekanis 1.500 cc.

Oleh karena itu, harganya juga sangat terjangkau. Gran Max PU 1.300 cc dijual mulai Rp 144,4 juta (OTR Jakarta). Tersedia pula versi bak yang diubah jadi boks. Istimewa kan?

Jika kamu menginginkan performa yang lebih mantap, bisa pilih varian 1.500 cc. Di atas kertas, mobil pick up ini menggendong mesin berkode 3SZ-VE itu sudah memiliki teknologi DOHC, VVTi, dan pendingin cairan.

Mampu melontarkan torsi hingga 134 Nm pada 4.400 rpm dan tenaga maksimal 97 PS pada 6.000 rpm. Banderolnya mulai Rp 147,6 juta untuk varian pick up 1.500 cc ini.

Baca juga  Produksi Mobil Daihatsu di Indonesia, Tembus 7 Juta Unit

Kemudian untuk Gran Max Mini Bus, banderolnya mulai Rp 163,8 juta (OTR Jakarta). Memang tidak ada fitur yang istimewa di kendaraan ini, hanya saja paling menarik adalah kabin luas. Di dalamnya bisa memuat hingga 9 orang.

Maka dari itu, wajar ketika Gran Max versi mini bus ini bukan cuma kerap dipakai sebagai mobil pribadi. Banyak pula yang mengandalkannya sebagai kendaraan niaga seperti angkutan umum.

Tersedia pula dua pilihan mesin yaitu 1.300 cc dan 1.500 cc. Ada pula desain blind van untuk model mobil niaga tersebut, biasanya dikhususkan untuk para pengusaha angkutan barang.

Setelah mengetahui soal informasi Gran Max jadi mobil terlaris Daihatsu untuk awal 2021, serta paham tentang spesifikasinya, apakah kamu tertarik punya? 

Terbaru