Hanya Ubah Satu Hal Penting, Toyota Fortuner Terbaru Makin Nyaman dan stabil bukan Hoax!

by Purwandana Budyandaka
Toyota Fortuner Terbaru Makin Nyaman dan stabil

Setelah peluncuran perdananya Jumat, 6 September 2024 lalu, kami langsung mendapat kesempatan untuk menjajal berbagai lini Toyota Fortuner terbaru.

Ubahan paling signifikan yang membuat kami cukup terkesima ada pada suspensi monotube yang digunakan khusus untuk varian 4×4. Menuju ke trek off-road yang berlokasi di pagedangan BSD, Banten, kemampuan jelajah SUV andalan Toyota ini memang tidak perlu diragukan.

Menghadapi tanjakan terjal dan jalan tanah menurun yang curam dilahap dengan mudah. Ubahan desain pada bumper depan dan belakang tidak membuat approach angle dan departure angle Toyota Fortuner 4×4 2.8 GRS 2024 jadi berkurang, semua mudah dilewati dengan mulus tanpa gesekan dengan tanah.

Menu selanjutnya dihadirkan untuk membuktikan efektivitas fitur locker gardan. Dihadapkan jalan berbeda level yang membuat salah satu ban kehilangan traksi, bukan masalah berarti dengan fitur locker aktif. Mengaktifkannya juga mudah, hanya dengan memutar kenop dan hanya akan aktif saat posisi transfercase pada 4Lo.

Menerjang medan off-road, Toyota Fortuner terbaru dibantu efektivitas fitur locker gardan
Menerjang medan off-road, Toyota Fortuner terbaru dibantu efektivitas fitur locker gardan

Tiba saat uji suspensi dengan kecepatan tinggi. Mobil dipacu dengan kecepatan 80 km/jam di jalanan tanah bergelombang. Kami tidak memberikan ekspektasi yang terlalu tinggi jika mengingat bagaimana bantingan suspensi Toyota Fortuner sebelum minor change ini.

Baca juga  Toyota Ajak Masyarakat Merasakan Pengalaman Kemampuan Konektivitas Teknologi 1Connect di GIIAS 2024

Ternyata set suspensi monotube terbaru rilisan Kayaba ini sungguh mengubah pengendalian dan kenyamanan Toyota Fortuner terbaru.

Sesuai dengan namanya, suspensi monotube mengandalkan hanya satu buah ruang dalam tabung sebagai tempat penampungan oli dan gas untuk meredam getaran. Set seperti ini memberikan berbagai keuntungan, diantaranya mulai dari katup piston yang mampu menghasilkan gaya redam lebih optimal Ketika kondisi memanjang atau kontraksi.

Artinya Gerakan rebound atau kembalinya suspensi ke kondisi semula setelah mendapat tekanan menjadi lebih lambat, efeknya mengurangi body roll atau guncangan berlebih Ketika menghadapi jalan berkontur buruk.

Set suspensi monotube terbaru rilisan Kayaba bikin karakter bantingan Fortuner terbaru berubah
Set suspensi monotube terbaru rilisan Kayaba bikin karakter bantingan Fortuner terbaru berubah

Selain itu, karena jumlah minyak dan gas bisa diatur sedemikian rupa dengan volume lebih banyak, dapat membuat panas suspensi lebih tersebar sehingga tidak mudah overheat atau melebihi panas optimal yang mengurangi kinerja suspensi saat perjalanan jauh.

Prediksi kami, suspensi jenis monotube milik Toyota Fortuner 4×4 terbaru ini akan memiliki durability yang lebih baik untuk perjalanan jauh. Membuat pengendalian mobil menjadi lebih stabil dan karena berkurangnya guncangan dan ayunan bodi mobil yang berlebih.

Baca juga  Tampil Beda, Baze Tawarkan Modifikasi Kabin Toyota Fortuner dan HiAce Premio di GIIAS 2024

Tentunya juga menambah kenyamanan di dalam kabin, apalagi Ketika melewati jalan tol transjawa yang cukup bergelombang.
Simak terus Moladin.com & channel Google News Moladin untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika