by

Harga Harley-Davidson Livewire One, Motor Listrik Mahal!

Akhirnya harga Harley-Davidson Livewire One resmi diumumkan dalam peluncuran yang berlangsung di Amerika Serikat pada Kamis (8/7/2021). Banderol motor listrik tersebut belum termasuk pajak, tembus $19.799 atau bila dikurs secara kasar ke mata uang Indonesia sekitar Rp 287 jutaan.

Mahal bukan? Hanya saja ketika nanti dipasarkan di Indonesia, sesungguhnya banderol motor tersebut bisa lebih mahal lagi.

Penyebabnya adalah ongkos kirim dari Amerika Serikat ke Indonesia, pajak, dan lain-lain. Sebagai perbandingan, sebaiknya kita lihat motor Harley-Davidson yang punya harga serupa yaitu Fat Boy 114. Di negeri Paman Sam banderolnya $19.999, cuma beda $101 dibanding Live Wire One. Ketika masuk Indonesia, banderol Fat Boy 114 jadi naik berkali-kali lipat hingga Rp 680 juta.

Maka dari contoh kasus tersebut, kita bisa menduga harga Harley-Davidson Livewire One kemungkinan ada di angka serupa yaitu Rp 680 jutaan. Walau begitu sekali lagi itu cuma prediksi.

Pertanyaannya kenapa harganya bisa sangat mahal dan bahkan seperti banderol motor-motor gede. Salah satu alasan terkuat adalah spesifikasi motor listrik lansiran Harley-Davidson ini memang istimewa.

Baca juga  Harga Harley-Davidson 2021, Ini yang Paling Mahal

Kelebihan Harley-davidson Livewire One

harga harley-davidson livewire one - panel instrumen
Jarak tempuh Harley-Davidson Livewire One cukup istimewa, bisa melaju 235 Km dalam kondisi baterai penuh.

Dengan harga Harley-Davidson Livewire One yang mahal, apa sih keunggulannya. Salah satu yang menarik dari motor listrik ini adalah jarak tempuhnya. Dalam kondisi baterai penuh bisa melaju 235 Km.

Kapasitas baterainya sendiri mencapai 15,4 kWh. Terkait isi ulang, cuma butuh waktu 60 menit dari posisi kosong sampai 100 persen menggunakan DC fast charge.

Bicara performanya, baterai tersebut memberikan tenaga ke penggerak elektrik yang bisa melontarkan torsi 117 Nm dan tenaga maksimal 105 hp. Jika selongsong gas diputar maksimal, maka kecepatan tertinginya diatur 177 Km/jam.

Ada pula berbagai mode berkendara yang bisa dipilih: sport, road, range, dan rain. Menariknya, Harley-Davidson menyediakan Custom Mode yang memberikan keleluasaan untuk kamu mengatur sendiri parameter seperti tenaga, throttle, regenerative braking, serta traction control sesuai kebutuhan.

Motor Livewire One ini juga bisa terkoneksi dengan smartphone via Bluetooth. Alhasil panel instrumennya mampu menghadirkan fitur-fitur seperti musik dan navigasi.

Keunggulan lain dari motor listrik ini adalah tampilannya punya aura klasik. Sekilas seperti motor cafe racer, hanya saja dengan bodi bongsor. Ciri khas cafe racer tampak lewat pijakan kaki agak ke belakang, kover lampu yang berbentuk agak bulat, serta jok belakang pendek.

Baca juga  Modal Rp10 Juta, Bisa Pesan Harley-Davidson MY2020

“Harley-Davidson dan Livewire akan melajutkan proyek ini dan kami sangat bersemangat untuk langkah selanjutnya,” kata President dan CEO Harley-Davidson, Jochen Zeitz dalam rilis resmi.

Setelah mengetahui harga Harley-Davidson Livewire One beserta spesifikasinya, apakah kamu tertarik meminangnya? Harap bersabar, karena motor listrik tersebut untuk sekarang cuma dijual khusus pasar Amerika Serikat.

Rencananya pada tahun depan atau 2022, barulah mulai masuk ke pasar global. Semoga saja Indonesia bakal kebagian unit. Pantau terus Moladin untuk mendapat informasi terbaru seputar dunia otomotif.

Terbaru