oleh

Update Pasaran Harga Honda Freed Bekas Tahun 2022

Di artikel ini, Moladin akan memberi update pasaran harga Honda Freed bekas tahun 2022. Meski sudah cukup berumur, kisaran banderol Freed masih cukup tinggi. Hingga akhir tahun 2022, diperkirakan masih dalam rentang Rp 100-200 jutaan.

Meski demikian, harga tersebut juga bergantung dengan kualitas yang ditawarkan. Artinya kalau kondisi mobil Freed bagus, nilainya bisa naik. Sementara untuk kondisi yang tidak bagus, bisa turun di bawah harga pasaran.

Honda Freed yang menyandang predikat sebagai Multi Purpose Vehicle (MPV) ini, harga bekasnya di pasaran terbilang stabil. Padahal MPV tersebut sudah disetop penjualannya untuk model baru sejak 2016. Penyebabnya tidak lagi dijual dalam versi baru, tentu saja karena penjualannya terus menurun dari tahun ke tahun.

Meski begitu, pamor mobil Honda Freed sebagai kendaraan keluarga yang nyaman masih berlaku hingga sekarang. Ahmad Sodikin, pedagang mobil bekas di bilangan Klender Jakarta Timur mengatakan, unit Freed masih banyak yang cari.

“Kebanyakan yang cari bekasnya sepertinya keluarga muda. Mungkin karena mobil ini nyaman untuk membawa penumpang anak-anak makanya dicari. Desainnya juga tidak ketinggalan zaman,” kata Ahmad kepada Moladin.com. 

Alasan Beli Honda Freed Bekas

alasan beli honda freed
Mobil ini cukup nyaman untuk mengangkut seluruh anggota keluarga

Honda Freed sendiri merupakan mobil yang ada di segmen MPV pintu geser. Salah satu alasan mengapa layak dijadikan mobil incaran adalah  tampilannya cukup mewah.

Kemudian ada pula fitur automatic sliding door (untuk type tertinggi), captain seat, dan ruang penumpang yang lumayan memberikan kenyamanan berada di dalamnya. Belum lagi desain interior dan dual layer dashboard yang unik membuat kabin terasa lebih lapang.

Waktu baru diluncurkan pertama kali di Indonesia, Honda Freed ditawarkan pada harga Rp 237 jutaan untuk tipe non automatic sliding door. Kemudian Rp 257 jutaan untuk power sliding door dengan dual SRS Airbag.

Bicara dapur pacu, mobil ini mengusung mesin yang sama dengan Honda Jazz, berkapasitas 1.500 cc, berkonfigurasi 4 silinder segaris i-VEC yang digerakan oleh transmisi 4-speed automatic.

Nyaman dan Konsumsi BBM Irit

kapasitas bagasi honda freed

Selanjutnya, Honda Freed punya kelebihan dari sisi konsumsi bahan bakar. Mobil ini sangat irit jika dibandingkan dengan MPV lainnya. Beberapa metode pengujian menyebut untuk penggunaan dalam kota, Honda Freed bisa menempuh jarak sampai 12 km per liter.

Lalu bagi penggunaan luar kota, dengan penggunaan jalan di jalan tol yang lancar konsumsi bensin Honda Freed bisa mencapai 14 – 18 km per liter. Dengan kecepatan konstan 80 – 100 km/jam.

Selain konsumsi bahan bakar yang irit, Honda Freed juga diklaim efisien bahan bakar. Hal ini tidak lain karena standar Euro-4 dan fitur ECO yang disematkan pada Honda Freed.

Baca juga  Honda Racing Simulator Championship 2022, Kena Imbas Blokir Kominfo!

Adanya fitur tersebut, turut memmbuat proses pembakaran Honda Freed jadi sangat optimal. Bahkan emisi gas buang yang dihasilkan Honda Freed sangat ramah bagi lingkungan.

Honda Freed sudah dibekali transmisi otomatis dengan 5 percepatan, sehingga kenyamanan mengendari Honda Freed semakin bertambah. Transmisi Honda Freed ini sangat mampu diandalkan untuk melewati berbagai kondisi jalan dan kebutuhan.

Belum lagi Honda Freed semakin lengkap dengan dukungan beragam fitur lainnya, seperti suspensi depan dan belakang yang sudah menggunakan McPherson Strut with stabilizer dan H-Shape Torsion Beam.

Setir kemudi Honda Freed juga terasa sangat ringan, baik dalam kecepatan rendah maupun kecepatan tinggi. Usut punya usut, kelebihan Honda Freed ini dikarenakan hadirnya fitur electric power steering.

Selanjutnya, sebagai mobil keluarga dengan bodi cukup bongsor, Honda Freed dibekali radius putar cukup lebar, yaitu, 5,2 meter. Radius yang besar ini memudahkan Honda Freed untuk melakukan putar balik di medan yang tidak begitu luas sekalipun.

Di sekotr keamanan, fitur Honda Freed juga terbilang lengkap. Hal ini tentu jadi nilai plus tersendiri bagi mobil keluaran Honda tersebut. Mengingat, fitur keamanan yang baik dari Honda Freed mampu menekan angka kematian akibat kecelakaan di jalanan.

Misalnya Honda Freed telah dilengkapi penggunaan sabuk pengaman berteknologi pretensioner dan load limiter. Hadirnya teknologi tersebut bisa meminimalisir tekanan di bagian dada sehingga tidak menyebabkan cedera ketika terjadi pengereman mendadak atau bahkan tabrakan.

Fitur keselamatan lainnya pada Honda Freed yaitu dilengkapi dengan dual SRS front airbags pada bagian pengemudi dan penumpang. Teknologi kantong udara tersebut akan meminimalisir dampak buruk yang bisa timbul akibat kecelakaan.

Kemudian Honda Freed selaku mobil keluarga, turut memberikan jaminan keamanan yang tentu lebih baik dengan penggunaan struktur ACETM + G-CON. Struktur Honda Freed tersebut diklaim mampu meminimalisir kerusakan di area kabin ketiak terjadi tabrakan.

Sisi kenyamanan lainnya, Moladin pernah merasakan, meski AC dari Honda Freed belum menggungakan double blower, namun hembusan angin single blower yang diusung mobil ini bisa cepat merata bahkan sampai ke tempat duduk baris paling belakang. 

Dengan segenap kelebihan tersebut, untuk kamu yang sedang berburu MPV mungkin ini saat nya.  mencara Hond Freed bekas. Terlebih sekarang harga Honda Freed bekas sudah lumayan terjangkau. Yakni berkisar mulai Rp 100 jutaan.

Untuk rata-rata kondisi unitnya pun masih terbilang bagus. Maklum saja, jika dihitung dari awal peluncurannya. Mobil tertua Honda Freed sudah berusia 12 tahun.

Dari pada penasaran, berikut harga Honda Freed bekas yang berhasil kami himpun dari berbagai sumber.

Honda Freed Bekas Harganya Mulai Rp 100 Jutaan

Harga honda freed bekas
Sosok Honda Freed PSD 2009

Di pasaran mobil bekas, Honda Freed tersedia varian A (Alpha), S, dan E PSD. Semua variannya menggunakan transmisi automatic.

Baca juga  Honda Civic RS Jadi Safety Car Mandalika Track Day 2022

Untuk besutan tahun 2009 harga Honda Freed bekas dibuka dengan harga Rp 125 juta untuk type tertingi PSD dan Rp 112 juta untuk trim S nya. Sedangkan versi terendahnya ada yang menjual dengan buka harga dikisaran Rp 102 juta.

Sedangkan di tahun 2012 Honda Freed sudah punya versi facelift. Ubahannya kala itu terbilang minor.

Hanya desain grille yang mirip dengan versi parts Modulo. Pelek juga mendapatkan desain baru. Pun dengan lampu utama dan belakang yang sedikit mengalami revisi desain.

Pada interior, sudah punya kombinasi warna beige dengan hitam. Pada model ini juga sudah mengaplikasi sistem audio video layar sentuh yang kompatibel dengan iPod, iPhone, Bluetooth dan konektor USB.

Untuk harga bekasnya. Honda Freed PSD lansiran 2012 facelift buka harga mulai Rp 138 jutaan. Sedangkan trim S di bawahnya berkisar sekitar 120-125 jutaan. 

Untuk kamu yang punya budget lebih minim, trim E juga bisa dilirik. Model ini dibanderol mulai harga Rp 110 jutaan. Meskipun fiturnya lebih minim namun tidak meninggalkan kesan mewah dari Honda Freed.

Berikutnya adalah harga Honda Freed bekas keluaran terakhir yang beredar dipasaran 2015-2016. Unit ini mendapat kelengkapan fitur semisal AC double blower, power sliding door untuk penumpang sisi sebelah kanan dan kiri, interior lamp, fog lamp, serta kacanya dibalut oleh film kaca V-Kool (tipe S).

Dua varian Honda Freed terbaru ini pun juga masing-masing telah dibekali dengan dual SRS Airbags. Honda Freed juga masih mempertahankan suspensi MacPherson Strut yang akan memberikan kenyamanan ekstra kepada pengemudi dan penumpangnya.

Sementara itu, untuk ruang dapur pacunya, Honda memang tak banyak memberikan perubahan.

Mobil keluarga generasi baru ini masih tetap mengandalkan mesin lama yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 118 PS pada putaran mesin 6.600 rpm serta torsi sebesar 146 Nm pada 4.800 rpm.

Di pasaran untuk harga tertinggi Honda Freed PSD 2015 dibuka harga Rp 170 jutaan. Sedangkan type bawahnya Honda Freed S dibanderol mulai harga Rp 140-150 jutaan. Sedangkan type E, yang merupakan trim terendah di pasaran harganya berkisar Rp 120 – 135 jutaan.

Sebagai gambaran untuk kamu, berikut ini Moladin juga akan membeberkan sedikit mengenai data spesifikasi Honda Freed keluaran terakhir dari masing-masing type yang beredar di Indonesia :

Spesifikasi Honda Freed Type E 2014 – 2016

Dimensi PxLxT 4215 mm X 1700 mm X 1740 mm
Wheelbase 2740 mm
Ground Clearance 170 mm
Mesin 1497 cc
Tenaga 117 hp
Torsi
146 Nm
 
146 Nm
 
146 Nm
 
146 Nm
 
146 Nm
 
146 Nm
 
146 nm
Transmisi Matic
Baca juga  3 Kekurangan Honda City Hatchback RS Dibanding Rival
Harga Rp 160 – 180 jutaan

Spesifikasi Honda Freed Type S 2014 – 2016

Dimensi PxLxT 4215 mm X 1700 mm X 1740 mm
Wheelbase 2740 mm
Ground Clearance 170 mm
Mesin 1497 cc
Tenaga 117 hp
Torsi 146 nm
Transmisi Matic
Harga 
Rp 160 – 190 jutaan

Spesifikasi Honda Freed Type PSD 2014 – 2016

Dimensi PxLxT 4215 mm X 1700 mm X 1740 mm
Wheelbase 2740 mm
Ground Clearance 170 mm
Mesin 1497 cc
Tenaga 117 hp
Torsi 146 nm
Transmisi Matic
Harga  Rp 170 – 210 jutaan

Perawatan Extra Untuk Honda Freed

Harga Honda Freed Bekas
Satu hal yang harus diperhatikan ketika memboyong Freed, sudah melakukan recall air bag secara resmi.

Terakhir sebagai catatan. Untuk kamu yang menginginkan mobil untuk harian atau sebagai kendaraan kedua sebagai mobil antar jemput anak berkegiatan mobil bekas Honda ini sangat cocok, meski digunakan dalam mobilitas yang tinggi.

Konsumsi BBM yang irit seperti Honda Jazz dan desain yang lumayan kompak tentunya akan sangat memberikan kenyamanan saat berkendara di lalu lintas yang padat.

Namun satu hal yang harus diperhatikan ketika ingin memboyong mobil ini bekasnya adalah dengan memastikan mobil tersebut sudah melakukan recall air bag secara resmi. Hal ini tentunya berpotensi membahayakan penumpang depan atau pengemudi pada saat terjadi kecelakaan. 

Terutama untuk Honda Freed produksi 2014-2016. Recall Honda Freed dilakukan untuk mengganti airbag inflator sebagai tindakan pencegahan terhadap kemungkinan terjadinya keadaan. Di mana airbag mungkin mengembang secara berlebih (over deployment) akibat tekanan gas yang berlebihan dalam komponen airbag inflator.

Kemudian masalah-masalah Honda Freed yang perlu diperhatikan, sebut saja sliding door yang kerap berisik. Ada pula persoalan dibagian kaki-kaki yang sudah tidak optimal dalam meredam guncangan, maklum faktor usia.

Oleh karenanya, ketika membeli Honda Freed bekas bukan cuma siapkan uang untuk menebusnya. Kamu juga perlu punya tambahan bujet melakukan perbaikan, minimal 10 persen dari harga beli mobil. Nah, untuk beli mobil bekas murah dan berkualitas, Anda bisa langsung mengunjungi Website Moladin atau Moladin Car Centre terdekat di kota Anda! 

Demikian ulasan terkait harga Honda Freed bekas. Simak juga berbagai update ulasan otomotif hingga tips- trik perawatan mobil bekas dan cara memilih mobil terbaik yang tepat sesuai dengan fungsinya.

Moladin adalah platform mobil bekas berkualitas dan terpercaya. Sudah tersedia di 135 kota dengan 40.000 agen dan dealer, jadi kalau kamu mau beli mobil bekas di Moladin aja. Dapatkan pula info mobil bekas, review mobil bekas, dan mengetahui tips dan trik perawatan mobil dengan mengunjungi laman Moladin. (Diupdate oleh Tigor Sihombing)

Terbaru