oleh

Harga Mobil Elektrifikasi Terbaru, Mulai Rp 400 Jutaan

Saat ini mobil elektrifikasi sudah mulai berdatangan di Indonesia. Hal tersebut sesuai dengan harapan pemerintah dalam rangka mendorong industri elektrifikasi otomotif.

Beberapa brand otomotif sudah mulai berlomba-lomba menghadirkan mobil elektrifikasi, baik mobil hybrid maupun mobil listrik.

Sebut saja seperti Toyota, Mitsubishi, Hyundai serta Nissan. Masing-masing dari mereka menawarkan teknologi yang canggih serta desain yang ciamik dan modern pada mobil elektrifikasi hasil produksinya.

Harga mobil elektrifikasi terbaru tahun 2021

Hyundai

mobil elektrifikasi
Hyundai Ioniq, sedan listrik asal Korea Selatan
  • Ioniq Prime: Rp 637 jutaan
  • Ioniq Signature: Rp 677 jutaan
  • Kona Electric Signature: Rp 697 jutaan\

Toyota

mobil elektrifikasi
Kelebihan Corolla Altis sudah dilengkapi teknologi hybrid dan Toyota Safety Sense
  • Corolla Cross Hybrid: Rp 521,48 jutaan
  • C-HR 1.8 Hybrid Single Tone: Rp 560,04 jutaan
  • C-HR 1.8 Hybrid Dual Tone: Rp 561,54 jutaan
  • Corolla Altis Hybrid AT: Rp Rp 595,65 jutaan
  • Camry 2.5 L AT Hybrid: Rp 849,5 jutaan

Mitsubishi

mobil elektrifikasi
MMKSI berikan harga spesial untuk Mitsubishi Outlander PHEV
  • Outlander PHEV 2.4L: Rp 890 jutaan

Nissan

mobil elektrifikasi
Nissan Leaf
  • Kicks E-Power: Rp 471 jutaan 
  • Leaf: Rp 649 jutaan

Sedikit menoleh ke belakang, awal mula mobil listrik di Indonesia sudah dimulai pada era Presiden Susilo bambang Yudhoyono. Saat itu diprakarsai oleh Dahlan Iskan selaku Menteri BUMN. Dahlan Iskan kemudian meminta kepada Ricky Elson, seorang anak muda Indonesia yang ahli dibidang motor listrik untuk mengembangkan mobil listrik buatan Indonesia.

Baca juga  Hyundai Prophecy, Mobil Listrik Bergaya Sports Car

Hasil kerjanya menghasilkan mobil tenaga listrik bernama Selo yang dipamerkan saat perhelatan KTT APEC di Bali pada tahun 2013. Selain Selo juga berhasil dibuat mobil Tucuxi. Kerja keras Ricky Elson membuat sosoknya dianggap sebagai pelopor mobil listrik nasional.

Namun sayangnya, tidak lama setelah itu pengembangan mobil tenaga listrik di Indonesia mengalami masalah dan terhenti karena dituduh merugikan negara. Selain itu mobil listrik dianggap tidak lolos uji emisi.

Meski demikian, pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo pengembangan mobil listrik mulai digalakkan lagi. Meski saat ini belum terlihat kembali potensi anak bangsa yang bisa memprakarsai mobil listrik seperti Ricky Elson.

Oh ya, beberapa Kementrian seperti Kementrian Perhubungan dan instansi Kepolisian sudah menggunakan mobil listrik Hyundai Ioniq sebagai kendaraan operasionalnya. Meski jumlahnya belum banyak.

Namun hal tersebut tentunya harus diapresiasi karena merupakan salah satu bentuk dukungan dari Pemerintah Indonesia.

Bahkan, kabarnya Hyundai akan memproduksi mobil listrik di pabrik barunya di kawasan industri wilayah Jawa Barat.

Baca juga  Honda City Hatchback Hybrid Meluncur, Harga Rp 386 Juta

Sejarah singkat mobil listrik di dunia

mobil elektrifikasi
Mobil listrik era 1880

Model mobil modern pertama yang mengusung mobil tenaga listrik dibuat oleh Karl Benz pada tahun 1885. Kemudian menyusul pada tahun 1890 muncul mobil listrik buatan William Morrison yang dikenal sebagai ahli kimia sukses mampu membuat mobil listrik dan mampu menampung hingga enam orang penumpang dan melaju dengan kecepatan 22 km/jam.

Singkat cerita hingga akhirnya sekarang pabrikan Toyota, Nissan, Hyundai serta Tesla juga berlomba-lomba untuk memproduksi mobil elektrifikasi, baik mobil hybrid atau mobil listrik.

Moladiners, itulah ulasan mengenai harga mobil elektrifikasi terbaru di Indonesia. Untuk informasi ototmotif menarik lainnya, pantau terus Moladin.com.

Terbaru