by

Berapa Harga Motor MotoGP? Ini Bocorannya

Berapa harga Motor MotoGP Valentino Rossi dan Marc Marquez? Pastinya mahal, banderolnya bisa mencapai puluhan miliar rupiah. 

Maka wajar kalau tidak semua pabrikan bisa ikut ajang balap tersebut, lantaran biaya mengembangkan sebuah motor MotoGP saja sudah sangat mahal. Belum lagi gaji pembalap, crew, perbaikan, dan lain-lain.

Oleh karenanya, setiap tim yang berlaga punya banyak sekali sponsor. Hal tersebut untuk menutupi biaya yang memang bengkak.

Sampai sekarang memang belum ada pabrikan yang menjelaskan harga motor MotoGP 2021 secara gamblang dan terperinci. Hanya saja kita tetap bisa memprediksi berapa biaya yang diperlukan untuk membuat motor balap tersebut.

Pada dasarnya, motor MotoGP merupakan prototipe yang didesain secara khusus dengan teknologi paling mutakhir dalam industri roda dua. Jadi memang beda, tidak bisa dibandingkan dengan kuda besi di balapan lain yang dibuat dari basis motor produksi massal.

Sebut saja balapan World Superbike atau WSBK 2021, motor yang dipakai bisa kita beli di pasaran. Ambil contoh Honda CBR1000RR-R Fireblade, harganya cuma Rp 1 miliaran.

Beda dengan motor MotoGP, karena memang tidak dijual bebas. Tiap pembalap kadang punya spesifikasi kuda besi berbeda, walau masih dalam satu tim. Hal itu disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pembalap.

Maka dari itu, produksi motor balap MotoGP dibuat satu per satu dengan sangat matang. Jadi tidak heran kan bila biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan motor MotoGP begitu banyak. Pastinya kalau soal harga motor MotoGP 2021, bakal berkali-kali lipat dibanding WSBK.

Harga Motor MotoGP Marc Marquez

harga motor motogp marc marquez
Marquez saat uji coba motor RC213V-S dalam sesi latihan pemulihan cedera, Maret 2021. Kisaran Harga motor replika MotoGP tersebut Rp 7-8 miliar

Bicara harga motor Honda MotoGP yang ditunggangi Marc Marquez atau RC213V, tentu tidak ada angka pastinya. Hanya saja kita bisa memprediksi dari motor lain.

Sebut saja RC213V-S yang pernah ditunggangi oleh Marquez saat latihan pemulihan cedera pada Maret 2021. Motor tersebut juga dipunya oleh beberapa orang di Indonesia. Bisa dikatakan, RC213V-S adalah replika atau versi jalanan dari motor RC213V yang dijual sekitar Rp 7-8 miliar.

Baca juga  Suzuki Tanpa Nyalakan Nyali di MotoGP 2021

Itu baru replikanya, terbayang bukan harga motor MotoGP Marc Marquez yang asli? Tentu bisa berkali-kali lipat. Pasalnya dari sisi performa, RC213V milik Baby Alien jauh lebih bertenaga. Terbukti kuda besi tersebut bisa juara dunia MotoGP berkali-kali lipat.

Kalau kamu masih penasaran harga sebuah motor MotoGP, bisa dilihat dari komponen yang tersemat. Menurut laman Box Repsol, harga mesin motor MotoGP saja bisa mencapai 200 ribu sampai 250 ribu Euro atau setara Rp 3-4 miliar.

Belum lagi rangka, suspensi, lengan ayun, tangki, dan lain-lain. Sebagai contoh, rem saja membutuhkan biaya banyak. Harga rem depan untuk motor MotoGP ditaksir 70 ribu Euro atau Rp 1,2 miliar. Banderol tersebut merupakan batas atas yang diatur oleh FIM untuk beberapa komponen. Sebut saja tiga pasang kaliper, tiga silinder, 10 cakram karbon, dan 28 pad.

Bukan cuma itu, komponen perintilan kelistrikian motor MotoGP juga sangat mahal. Sebut saja kabel, sensor, panel, dan lain-lain harganya bisa tembus 100 ribu Euro, kurang lebih Rp 1,7 miliar. Benar-benar tidak ada yang murah bukan?

Dilansir dari laman Box Repsol, biasanya satu motor MotoGP mampu menghabiskan biaya hingga 3 juta Euro. Kalau dikurskan ke mata uang Indonesia, mencapai Rp 52 miliar. Fantastis bukan!

Rencananya Marquez akan menunggangi motor MotoGP andalannya yaitu RC213V pada MotoGP Portimao pada 18 April 2021 mendatang. Ini merupakan ajang pertama kali buat Baby Alien bertarung lagi di balapan tertinggi setelah cedera panjang.

Harga Motor MotoGP Valentino Rossi

harga motor motogp valentino rossi
Rossi kini ada di tim satelit Petronas Yamaha SRT untuk musim MotoGP 2021

Lalu bagaimana dengan harga motor MotoGP Valentino Rossi? Ya, kurang lebih sama dengan punya Marc Marquez.

Penulis buku MotoGP Technology, Neil Spalding akhirnya mengungkapkan bahwa Yamaha YZR-M1 milik Valentino Rossi menggunakan rantai DID ERV3 berukuran 520 pada tahun 2006.

Rantai yang dikeluarkan DID untuk keperluan balapan ini diklaim mempunyai kekuatan tarik mencapai 4,3 ton dan dilengkapi dengan fitur X ring yang notabene minim gesekan. Menariknya, rantai DID ERV3 tak memerlukan pelumas karena X ring-nya dibekali dengan seal.

Penasaran berapa harga jual rantai motor MotoGP milik Rossi? Dari situs jual beli online mancanegara rantai DID ERV3 dibanderol dengan harga Rp 2,3 juta.

Baca juga  Yamaha NMax Jadi Motor Paddock Resmi MotoGP

Itu baru rantainya saja, kalau sudah tambah mesin, rangka, serta teknologi terbaru yang ada di dalamnya, tentu bisa tembus setengah triliun. Apalagi meski Rossi ada di tim satelit Petronas Yamaha SRT, namun spesifikasi YZR-M1 yang digunakannya persis dengan tim pabrikan atau Monster Energy Yamaha. Jadi kemungkinan besar, harganya lebih mahal dari motor yang digunakan oleh pembalap MotoGP tim satelit lain.

Walau demikian motor pabrikan rupanya tidak menjamin kesuksesan Rossi di arena balap. Terbukti musim MotoGP 2021 yang sudah berlangsung dua seri, The Doctor belum pernah naik podium.

Spesifikasi Yamaha YZR-M1 milik Valentino Rossi

Transmisi

Six-speed cassette-type gearbox with alternative gear ratios available

Power

Lebih dari 240 HP

Mesin

1000cc Liquid cooled inline four-cylinder with cross-plane crankshaft

Ban

Michelin, 17” untuk ban depan dan belakang

Suspensi

Öhlins upside down front forks and Öhlins rear shock

Sasis

Aluminum twin tube Delta Box with multi-adjustable steering geometry. Aluminum/CFRP swingarm

Rem Depan

Brembo, two 320 mm or 340 mm carbon front discs, two four-piston callipers.

Rem Belakang

Single stainless-steel rear disc, twin/four-piston calliper

Velg

Forged Magnesium 17” front and rear

ECU

By Marelli, sesuai peraturan FIM

Knalpot

Akrapovic

Berat

157 kg, sesuai peraturan FIM

Biaya Kecelakaan Motor MotoGP

harga motor motogp  valentino rossi
Kecelakaan ringan di motor MotoGP saja bisa menghabiskan biaya ratusan juta

Satu lagi yang perlu diingat, harga motor MotoGP yang disebutkan di atas belumlah termasuk anggaran kecelakaan. Tentunya bila terjadi kecelakaan, biaya yang perlu dikeluarkan sebuah tim jadi semakin membengkak.

Contoh diberikan laman Box Repsol, tragedi ringan yang menyebabkan perbaikan bodi, pijakan kaki, tuas kopling dan rem saja bisa menghabiskan 20 ribu Euro atau Rp 150 juta.

Baca juga  Marc Marquez Masuk Daftar Pembalap MotoGP Qatar 2021

Bila motor sampai terbalik dan butuh ganti ban, rem, suspensi, radiator, sampai sensor, maka biayanya meingkat hingga 100 ribu Euro. Uang itu setara Rp 1,7 miliar.

“Itu masih lebih baik dari kerusakan komponen penting motor, seperti lengan ayun, rangka, tangki bensin, dan mesin. Perbaikannya menelan 500 ribu Euro (Rp8,8 miliar) dengan sangat mudah,” seperti dikutip dari laman Box Repsol.

KTM Jual Motor MotoGP RC16, Harganya Cuma Rp 5 Miliar

harga motor motogp - ktm rc16
KTM pernah menjual motor MotoGP RC16 pada 2020

Harga motor MotoGP tidak selalu mahal ternyata. Buktinya pada 2021, KTM pernah menjual RC16 dengan harga 288.000 Euro atau setara Rp 5 miliar. Murah bukan?

Buat siapa saja yang melakukan pembelian, akan mendapat akses VIP untuk MotoGP 2021. Kemudian bisa bertemu dengan pembalap MotoGP Red Bull KTM. Tidak hanya itu, pembeli motor juga memperoleh helm yang ditandatangani Pol Espargaro serta satu set baju balap.

“Kalau serius ingin melakukan pembelian, bisa kirim email ke rc@16ktm.com dan KTM akan memutuskan orang yang tepat untuk mendapat motor balap MotoGP tersebut,” seperti dikutip dari rilis resmi KTM yang dibuat pada 2020.

Walau demikian, tidak jelas motor RC16 versi 2019 yang dijual tersebut merupakan produk baru atau tidak. Bukan tidak mungkin, kuda besi itu bekas dari para pembalap Red Bull KTM saat berlaga di MotoGP.

Lalu yang juga membuat harganya bisa murah, KTM merupakan tim baru di MotoGP. Sepak terjangnya belum sehebat Honda dan Yamaha. Walau demikian potensi KTM sesungguhnya cukup oke, karena sukses meraih beberapa podium di MotoGP 2020. Hanya saja untuk musim 2021, belum terlihat tajinya.

Sekarang sudah tahukan, kisaran harga motor MotoGP. Kami sudah beberkan rinciannya untuk kuda besi balap milik Valentino Rossi dan Marc Marquez. Kemudian ada pula tambahan bahasan soal harga motor KTM RC16 spesifikasi balap MotoGP.

Usai tahu harganya, apakah kamu tertarik punya? Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin.

Terbaru