by

Harga Pasang Power Window Mobil, Murah?

Harga pasang power window mobil di pasaran beragam. Tergantung dari bahan dan kualitasnya.

Sebelum membahas lebih jauh terkait harga pasang power window, tidak ada salahnya kita mengenal fungsi power window pada sebuah mobil. Hal ini penting agar kamu tidak salah kaprah.

Power window yang terdapat pada mobil, merupakan fitur yang berfungsi  mengatur buka tutup atau naik turun kaca jendela. Teknologi ini sudah ada sejak tahun 1940-an dan digunakan pertama kali pada brand mobil Amerika Serikat,  Packard.

Power window mula-mula menggunakan sistem gerak hidro-elektrik (pompa elektrik) sebagai tenaga naik turunnya. Kemudian digantikan oleh full motor elektrik.

Kelebihan dari sistem hidro-elektrik ini adalah terbilang senyap, tidak meninggalkan suara ketika bekerja. Makanya teknologi ini masih digunakan Mercedes-Benz hingga tahun 1981.

Sedangkan kekurangannya teknologi ini rentan rusak dan memerlukan perawatan ekstra. Power window full elektrik muncul di tahun 1951 dan pertama kali digunakan oleh produk Chrysler Imperial.

Di era modern saat ini kehadiran power window dirasa sangat membantu, karena tanpa memutar tuas di pintu mobil, kaca jendela bisa otomatis terbuka dan menutup dengan mudah.

Power window yang bekerja saat ini mengandalkan sistem motor elektronik. Mekanisme power window bisa dikatakan mirip dengan kaca jendela manual yang menggunakan tuas.

Hanya saja, titik putar tuas dihubungkan ke poros motor listrik yang ketika diaktifkan, maka sistem itu bekerja menaik-turunkan kaca jendela sesuai perintah tombol.

Baca juga  Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil, Ampuh Sob!

Komponen Power Window

Harga Pasang Power Window

Power window terdiri atas beberapa komponen kelistrikan yang saling berkaitan. Ada beberapa komponen yang perlu kamu ketahui.

  • Driver power window motor yang merupakan penggerak kaca jendela yang ada di sisi pengemudi.
  • Passenger power window motor adalah yang terletak pada kaca jendela pintu kiri atau pintu penumpang.
  • Driver power window switch dan motor yang berupa saklar utama yang ada di sisi pengemudi yang berfungsi berfungsi sebagai kontrol utama.
  • Passenger power window switch dan motor yang berupa saklar pada sisi pengemudi. Saklar ini hanya bisa mengontrol power window pada sisi pengemudi saja.

Rangkaian di atas merupakan skema power window untuk mobil empat pintu. Mudahnya, ada empat saklar dan empat motor yang terdapat pada masing-masing pintu mobil.

Terkait jenis, power window berdasarkan mekanisme dapat dibagi menjadi dua yaitu tipe yakni, mekanisme dengan regulator dan tipe mekanisme dengan kabel. 

Power window dengan mekanisme regulator akan berkerja ketika motor listrik memutar regulator yang dihubungkan dengan pengungkit kaca.

Ketika motor berputar pinion akan menggerakkan gigi regulator dan membuat jendela terangkat naik atau turun.

Sedangkan power window mekanisme kabel, bekerja ketika motor listrik mentransfer energi dengan menggunakan kabel yang pada ujungnya di sambung dengan mekanisme pemegang kaca jendela.

Baca juga  Cara Cek Plat Nomor Online Motor dan Mobil, Sangat Mudah!

Sehingga bila motor berputar kabel akan tertarik atau mengendor yang membuat jendela naik atau turun. 

Cara Kerja Power Window

Harga Pasang Power Window
Arus listrik yang mengalir nantinya diubah menjadi energi gerak pada motor power window sehingga kaca jendela bisa naik dan turun.

Adapun cara kerja power window adalah bergantung pada aliran listrik. 

Ketika kunci kontak diputar ke posisi ON, maka arus listrik dari aki akan menuju sekring yang kemudian mengalir ke masing-masing relay yang sudah terpasang pada modul power window di setiap pintu.

Kontrol utama terletak pada pintu pengemudi, dan yang lainnya hanya bisa menurunkan atau menaikkan kaca jendela hanya dari saklar yang ada pada pintu tersebut.

Arus listrik yang mengalir nantinya diubah menjadi energi gerak pada motor power window sehingga kaca jendela bisa naik dan turun.

Biaya Pasang Power window di Mobil

Harga Pasang Power Window
Contoh power window universal. Lebih murah dan bisa diterapkan ke seluruh mobil

Saat ini nyaris seluruh mobil di Indonesia sudah menggunakan power window. Hanya pada mobil-mobil trim terbawah saja power window belum digunakan, itu pun hanya pada beberapa brand. 

Nah kira – kira berapa harga pasang power window jika mobil-mobil trim terbawah ini suatu saat ingin dipasangi pengungkit kaca otomatis ini? Power window biasanya dibanderol dengan harga per set. Ada paket dua pintu hingga empat pintu.

Umumnya memiliki harga yang bervariasi tergantung tipe mobil. Namun yang original biasanya dijual paket 4 pintu.

Baca juga  6 Alasan Mobil Lebih Baik Servis di Bengkel Resmi

Untuk harga pasang power window original misal untuk Toyota Agya dibanderol mulai Rp 3 – 3.5 juta. Paket power window 4 pintu ini sudah termasuk regulator, dinamo, switch saklar beserta soketnya.

Jika kamu ingin harga yang lebih miring, paket power window universal bisa jadi solusi. Power window ini cocok digunakan diberbagai mobil.

Untuk harga power window universal berkisar dari Rp 700 ribuan sampai Rp 1,2 juta untuk dua pintu.

Sedangkan harga power window 4 pintu termurah di tempat jual beli online berkisar Rp 1,5 – 2 jutaan tergantung jenis mobilnya. Harga tersebut belum termasuk biaya pemasangan.

“Untuk biaya pemasangan power window umumnya berkisar dari 200-800 ribu tergantung jenis mobil,” kata Putra mekanik mobil di bilangan Otista Jakarta Timur.

Putra juga mengatakan waktu proses pemasangan power window bisa memakan waktu 2 – 3 jam untuk mobil 4 pintu. Relatif singkat dan tak memakan waktu lama.

Berikut sejumlah informasi terkait power window. Setelah pemasangan, tentu melakukan perawatan rutin pada kebersihan jendela perlu dilakukan.

Misalnya dengan memerhatikan kebersihan jendela hingga pemberian cairan silikon sebagai pembersih kaca pada karetnya agar jendela lancar naik turun.

Demikian ulasan terkait harga pasang power window. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Terbaru