oleh

Kisaran Harga Thermostat Mobil, Murah?

Mungkin saat ini kamu sedang mencari tahu mengenai harga thermostat mobil. Namun sebelumnya tidak ada salahnya untuk kamu mengenal sedikit mengenai thermostat.

Karena bisa saja para pemilik mobil yang sering mendengar istilah thermostat namun masih belum mengetahui dengan pasti fungsi sebenarnya dari komponen tersebut.

Thermostat mobil sendiri berfungsi untuk mengatur sirkulasi udara dingin dengan menahan cairan pendingin sehingga tidak akan sampai ke radiator.

Selain itu, thermostat juga berfungsi untuk mempertahankan temperatur agar suhunya tetap pada temperatur dalam batas, juga untuk membuka saluran pada mesin yang akan menuju radiator.

Ukuran thermostat yang kecil ternyata mampu memberikan dampak yang cukup besar pada mobil kesayangan kamu. Oleh sebab itu, keberadaan thermostat yang sangat penting bisa menyebabkan dampak buruk apabila bermasalah.

“Dalam penggunaan normal, masalah pada thermostat umumnya terjadi pada mobil-mobil yang berusia di atas 10 tahun,” kata Putera mekanik mobil di bilangan Otista Jakarta Timur. 

Biaya Ganti Thermostat Dengan yang Baru

Fungsi thermostat mobil
Selain itu pada bagian thermostat ada komponen yang berbahan karet  berbentuk bulat. Karet ini jika sudah lama akan keras termakan usia.

Terkait Thermostat jika mengalami masalah, kamu bisa menggantinya dengan yang baru. Produk yang ditawarkan beragam. Dari yang original hingga aftermarket atau KW.

Baca juga  7 Rambu Lalu Lintas yang Sering Dilanggar, Kok Bisa?

Terkait harganya, misal untuk harga thermostat mobil Toyota Avanza di banderol pada kisaran Rp 150 – 400 ribu untuk original. Sedangkan produk KWnya dipasarkan mulai harga Rp 60 ribuan.

Sedangkan harga thermostat mobil Xpander original dibandrol mulai harga Rp 200 – 350 ribuan. Sedangkan produk KWnya di market place masih jarang ditemui.

Selain itu pada bagian thermostat ada komponen yang berbahan karet  berbentuk bulat. Karet ini jika sudah lama akan keras termakan usia.

Nah khusus untuk yang satu ini kamu bisa menggantinya dengan yang baru. Untuk Avanza, Terios misalnya, harga karet thermostat mobil dibanderol pada kisaran harga Rp Rp 15 – 20 ribu.

“Untuk komponen yang lain, thermostat harusnya tidak bisa diperbaiki karena komponen ini tidak bisa dibongkar, jadi harus ganti baru agar sistem pendingin kembali normal,” kata Putera mekanik mobil di bilangan Otista jakarta Timur.

Cara Merawat Thermostat

Harga Thermostat Mobil
Melepas Thermostat biasanya dengan harapan sirkulasi coolant akan menjadi lebih lancar dan tidak dibatasi. Padahal, melepas thermostat bukanlah solusi yang tepat dan malah justru bisa membuat mesin lebih mudah mengalami overheat.

Thermostat terdiri dari dua jenis katup logam otomatis dan memiliki fungsi yang berbeda. Katup buka dan tutup pada thermostat dapat mengendalikan air panas pada ruang mesin dengan air dingin yang ada pada radiator.

Baca juga  Cara Memperbaiki Kaca Mobil Retak, Bisa Dilakukan di Rumah?

nah agar bagian-bagaian thermostat selalu bekerja maksimal, komponen ini kudu mengalami perawatannya. Baik dengan cara membersihkan atau dari cara berprilaku berkendara.

Nah agar komponen ini mampu bertahan lama alias tidak cepat rusak dibawah ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan dalam melakukan perawatan thermostat agar berusia panjang :

1. Rajin menguras radiator

Supaya thermostat awet, hal pertama yang kam lakukan adalah adalah dengan rajin menguras air radiator. “Karena dengan mengganti air radiator secara berkala, itu bisa membuat kinerja thermostat menjadi ringan,” kata Putera.

Putera juga menyarankan sebaiknya pemilik kendaraan menguras cairan pendingin radiator dan menggantinya dengan cairan pendingin yang baru dalam jangka waktu yang dianjurkan pabrikan.

“Biasanya per 40.000km sekali sebaiknya dilakukan penggantian cairan pendingin atau water coolant yang baru,” tambahnya.

2. Gunakan water coolant berkualitas

Selanjutnya adalah dengan menggunakan cairan pendingin berkualitas baik. Umunya setiap pabrikan mobil sudah menyediakan cairan pendingin radiator dengan formula yang telah teruji dan sangat cocok dengan mobil yang mereka produksi.

Boleh saja menggunakan cairan pendingin aftermarket tapi harus tahu merk mana saja yang sudah teruji dan kualitasnya tidak diragukan.

3. Melakukan penggantian tutup radiator

Selanjutnya adalah selalu melakukan penggantian tutup radiator jika ada indikasi masalah. Misal sudah tidak menutup sempurna.

Baca juga  6 Cara Mengatasi Rem Mobil Blong di Turunan, Biar Selamat!

Lakukan ini sebaiknya setiap jangka waktu 4 hingga 5 tahun sekali. Kenapa harus diganti ? Sebab pada penutup radiator terdapat sebuah karet seal yang berfungsi sebagai perapat.

Ketika tutup radiator ini dipasangkan sehingga air didalamnya tidak merembes keluar. Bila sampai air yang ada didalam sistem radiator merembes keluar alias bocor, maka secara otomatis lama kelamaan air radiator akan mengering dan terjadi overheat.

4. Rajin memeriksa kipas pendingin radiator

Selanjutnya adalah dengan memastikan kipas pendingin radiator dalam keadaan baik. Karena bila sampai kamu kecolongan ternyata kipas ini rusak, dapat dikhawatirkan mesin akan mengalami overheat ketika terjebak kemacetan di jalan raya.

Jadi intinya kinerja thermostat sangat dipengaruhi oleh kondisi radiator yang sehat. Karena hal ini akan memperingan kerja thermostat mobil, agar bekerja maksimal.

5. Jangan lepas thermostat

Kesalahan fatal bagi mereka yang tidak tahu menahu mengenai mesin dan termakan mitos, mereka akan melepas thermostat.

Biasanya dengan harapan sirkulasi coolant akan menjadi lebih lancar dan tidak dibatasi. Padahal, melepas thermostat bukanlah solusi yang tepat dan malah justru bisa membuat mesin lebih mudah mengalami overheat.

Karena di dalam sistim pendinginan tidak ada katup yang mengatur sirkulasi air, akibatnya mesin tidak akan pernah mencapai titik suhu kerja mesin yang malah akan membuat boros BBM.

Demikian ulasan terkait harga thermostat mobil. Kiranya ulasan ini bisa menjadi bahan pertimbangan kamu sebelum memutuskan mengganti thermostat.

Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Terbaru