oleh

Daftar Harga Toyota Vios Bekas, Murah dan Layak Beli

Jika kamu sedang mencari tahu pasaran harga Toyota Vios bekas. Maka artikel ini adalah bacaan yang tepat.

Sebagaimana diketahui, sedan sejuta umat dari Toyota ini telah memiliki 3 generasi. Awal kemunculannya adalah tahun 2003, eksistensi Vios terus bertahan hingga kini.

Dalam perjalannya, Toyota Vios memiliki dua model mesin. Pada generasi perama Toyota Vios menggunakan mesin 1NZ-FE berkapasitas 1.5L, 4 silinder, DOHC 16 katup. Mesin tersebut dapat mengeluarkan tenaga sebesar 106,5 HP pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi maksimal 142 Nm pada putaran 4.200 rpm.

Sedangkan mesin terbaru, digunakan pada New Vios pada tahun 2016 atau Vios generasi ketiga. Mesin tersebut berkapasitas 1.5L berkode 2NR-FBE berteknologi dual VVT-i dengan tenaga 108 HP dan torsi 140 Nm.

Lalu dari tiga generasi Vios tersebut, mana yang sebaiknya dibeli? Bagaimana spesifikasi serta harga Toyota Vios bekas? Simak bahasan berikut untuk detailnya.

Harga Vios Generasi Pertama 2003 – 2007 Mulai Rp 55 Jutaan

Harga Toyota Vios Bekas
Harga Toyota Vios bekas tahun 2007 dibanderol pada kisaran harga Rp 70 – 85 jutaan

Sebagai sedan terlaris dari Toyota, tentu saja tidak susah dalam menemukan unit Vios bekas di pasaran. Harga Toyota Vios bekas untuk generasi pertama yang rilis 2003 – 2007 sudah sangat terjangkau.

Misal untuk Toyota Vios bekas tahun 2003, unit ini dibanderol pada kisaran harga mulai Rp 55 juta, untuk type E dan G manual, bukan bekas taksi. Untuk bekas taksi, dengan perlengkapan standar harganya tentu saja jauh di bawah itu.

Baca juga  Waktu Peluncuran Toyota Harrier Terbaru Terungkap

Sedangkan untuk tahun yang mudaan, harga Toyota Vios bekas tahun 2007 dibandrol pada kisaran harga Rp 70 – 85 jutaan tergantung kondisi. Pada tahun ini kamu bisa mendapatkan model tertinggi yakni Type G dengan konfigurasi mesin automatic.

Toyota Vios Generasi Kedua 2007 – 2013 Mulai Rp 80 Jutaan

Vios 2012
Beberapa pengujian mencatat Vios generasi kedua memiliki konsumsi bahan bakar hingga 14,7 km/l, Vios menjadi salah satu mobil paling irit saat itu.

Masa edar Toyota Vios generasi pertama dilanjutkan oleh generasi kedua di tahun 2007. Digenerasi kedua Vios mengusung pilihan pelek 15 inci dan varian entry level berdiameter 14 inci.

Vios generasi kedua sudah mengusung lampu depan HID dengan auto leveling yang bergerak vertikal. Fitur Smart Key juga menjadi standar, termasuk tombol di hendel pintu untuk mengunci pintu.

Untuk kamu keluarga kecil, pilihan tepat jika menjatuhkan pilihan pada unit ini. Karena Toyota Vios generasi kedua memiliki dimensi bodi yang lebih panjang 20 mm dan tinggi 25 mm ketimbang generasi sebelumnya.

Memberikan ruang bagasi yang lebih luas dan headroom yang lebih lega. Terkait harga, Vios generasi kedua dibadnrol pada kisaran harga Rp 80 – 85 jutaan. Sedangkan unit yang termuda untuk generasi kedua dibanderol pada kisaran Rp 95 jutaan.

Salah satu hal yang paling menarik dari Vios generasi kedua adalah adanya teknologi Sistem drive by wire ini membuat konsumsi BBM semakin hemat dan performa terjaga. Beberapa pengujian mencatat Vios generasi kedua memiliki konsumsi bahan bakar hingga 14,7 km/l, Vios menjadi salah satu mobil paling irit saat itu.

Baca juga  Menakar Kiprah Mobil Listrik Toyota di Tanah Air, Laku?

Mobil ini juga sudah diperlengkapi dengan sistem keamanan yang lebih komplit seperti ABS, EBD dan BA serta collapsible steering column. Walau pada roda belakang tipe E , tetap mengenakan rem teromol.

Vios Generasi Ketiga 2013 – 2021, Mulai Rp 120 Jutaan

harga toyota Vios bekas
Sedan Toyota Vios generasi ketiga mendapatkan perubahan grille depan memberikan kesan yang lebih elegan.

Untuk kamu yang mengincar sedan tahun muda dengan harga terjangkau, Toyota Vios generasi ketiga bisa jadi pilihan. Mobil ini mulai dipasarkan di Indonesia pada tanggal 7 Mei 2013 dan tersedia dalam dua pilihan type E dan G dalam transmisi manual dan otomatis.

Dibandingkan generasi kedua, mobil sedan Toyota Vios generasi ketiga mendapatkan perubahan grille depan memberikan kesan yang lebih elegan.

Harga Toyota Vios bekas generasi ketiga tahun awal-awal ini ada di kisaran Rp 120-130 jutaan tergantung kondisi. Murah bukan?

Walau begitu tidak semua Vios generasi ketiga semurah itu. Pasalnya pada tanggal 1 November 2016, Toyota memberi pembaruan. Salah satunya lewat penggunaan mesin 1.500cc 2NR-FE dengan Dual VVT-i yang juga digunakan oleh Toyota Sienta generasi kedua dan Yaris Joker.

Kemudian Vios facelift ini sudah pakai head unit layar sentuh 7 inci dengan HD Display, dilengkapi dengan Weblink dan Remote Apps melalui smartphone.

Untuk harga Toyota Vios bekas generasi ketiga versi facelift terebut, kisarannya mulai Rp 160 hingga Rp 195 jutaan. Banderol tersebut ergantung kondisi dan tahun produksi.

Baca juga  Biaya Restorasi Kijang Super 3 Pintu, Capai Rp 65 Jutaan!

Beli Armada Taksi Untuk Harga Toyota Vios Bekas yang Lebih Murah

Harga Toyota Vios Bekas
Ilustrasi Toyota Vios yang digunakan sebagai armada taksi

Nah untuk kamu yang ingin membeli Toyota Vios, waspada bekas taksi. Pasalnya dari sisi kilometer atau jarak tempuh pasti sudah sangat jauh, jadi kemungkinan banyak komponen sudah lelah dan capek. 

Walau demikian, harga Toyota Vios bekas taksi pasti lebih murah. Sebagai contoh Vios generasi ketiga lansiran tahun awal 2013-2015, kalau bekas taksi sudah di bawah Rp 100 juta. Kisarannya Rp 80-90 jutaan.

Alhasil ini tetap bisa dijadikan opsi, jika kamu memang tertarik meminangnya.  Hanya saja yang perlu diperhatikan, belilah dari perusahaan taksi ternama dengan riwayat servis jelas dan lengkap. Ini untuk menjamin kondisinya benar-benar masih baik.

Jika kamu ingin berburu Vios bekas taksi, kenalilah beberapa cirinya. Pertama perhatikan odometer dan lihat jarak tempuhnya.

“Umumnya Vios bekas takni memliki kilometer yang jauh tinggi dibanding Vios seusianya yang bukan bekas taksi. Walaupun hati-hati, karena kilometer bisa direset,” kata Putra mekanik mobil di bilangan Otista Jakarta Timur.

Sebagai gambaran, umumnya mobil pribadi melakoni perjalanan 20 ribu Km per tahun. Kalau bekas taksi tentu lebih jauh dari itu.

Selain itu, coba cek kaki-kaki. Karena untuk Vios tipe G sudah dibekali dengan cakram baik depan dan belakang. Sementara Limo yang notabene sebagai nama lain Vios versi taksi, masih menggunakan teromol untuk roda belakang.

“Nah yang peling kentara adalah surat-surat yang tidak bisa dibohongi.  Pada bagian nama atau tipe, akan tertera nama Limo meskipun sudah berubah wujud jadi Vios,” jelas Putra.

Demikian ulasan terkait harga Toyota Vios bekas. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Terbaru