Thursday, October 6, 2022

Hasil Tes Konsumsi BBM Subaru XV, Irit Banget!

by Baghendra Lodra
konsumsi bbm subaru xv irit

Banyak pecinta otomotif penasaran dengan konsumsi BBM Subaru XV terbaru, irit atau tidak?. Hal ini wajar, karena memang mesin yang digunakan paling kecil yaitu 2.0L.

Di atas kertas, XV adalah Subaru termurah dengan harga mulai Rp 449,5 juta (OTR Jakarta). Ini membuatnya bersaing bersama SUV seperti Honda HR-V Turbo RS, sekaligus menyasar konsumen kelas menengah di Indonesia.

Oleh karenanya, banyak yang tertarik meminang Subaru XV untuk dijadikan kendaraan harian. Hanya saja masih banyak yang kurang yakin, terutama takut konsumsi BBM-nya boros untuk mobilitas sehari-hari.

Kenyataannya tidak demikian, itulah klaim dari pabrikan yang telah melakukan uji internal. Hasil tesnya membuktikan konsumsi BBM Subaru XV irit hingga 18 km/liter. Catatan tersebut diperoleh setelah tim Subaru berkendara dengan XV sejauh 3.000 Km dengan berbagai kondisi jalan, baik di dalam kota dan luar kota.

“Mobil hemat BBM diperlukan sekali saat ini. Dan kami sudah melakukan pengujian dengan fokus fuel efficiency untuk Subaru XV, hasilnya 16-18 Km/liter,” kata Marketing Communication Manager Subaru Indonesia, Ismail Ashlan.

Baca juga  Kia Sonet Mengaspal di Indonesia, Dijual Mulai Rp193 Juta

Angka irit itu dipadukan pula dengan tangki bensin besar. Maka dalam kondisi tangki bensin penuh 63 liter, Subaru XV bisa melaju hingga 1.134 Km dalam satu kali isi BBM atau setara perjalanan Jakarta-Bali.

Mau Irit, Subaru XV Harus Pakai BBM RON 95

First impression Subaru XV

Mesin Subaru XV pakai konfigurasi boxer 4 silinder 2.0L

Menurut Ismail, salah satu penyebab konsumsi BBM Subaru XV sangat irit adalah aerodinamika yang baik. Penggunaan mesin boxer yang bentuknya landai juga berefek menjadikan center of gravity jadi rendah. Kemudian bagian bawah mobil juga mendapat kover supaya rata, sekaligus mudah menembus hambatan udara.

Di samping itu, penggunaan bensin dengan oktan sesuai juga penting untuk membuat XV hemat BBM. Untuk mencapai konsumsi BBM Subaru XV dengan angka irit 18 Km/liter, perlu pakai BBM RON 95 atau setara Shell V-Power, BP 95, dan Revvo 95.

“BBM RON 95, pembakarannya paling sempurna untuk boxer engine ini,” jelas Ismail.

Maklum di atas kertas, mesin Subaru XV memang punya konfigurasi mantap. Pakai kubikasi murni 1.995 cc dengan empat silinder yang punya rasio kompresi 1:12,5. Oleh karena itulah perlu pakai BBM RON 95.

Baca juga  3 Kelebihan Xpander Cross Black Edition Seharga Rp 300 Juta

Jadi kalau mau isi Subaru XV dengan BBM RON 90 seperti Pertalite, tentu sebaiknya tidak dilakukan. Begitu pula dengan RON 92 atau setara Pertamax. Pasalnya ini membuat pembakaran mesin boxer milik XV jadi tidak optimal.

Soal performa, mesin Subaru XV bisa menghasilkan torsi puncak 194 Nm dan tenaga maksimal 196 PS. Kemudian akselerasinya untuk 0-100 Km/jam adalah 10,4 detik.

Itulah tadi bahasan soal konsumsi BBM Subaru XV yang irit banget. Pas kan mobil ini untuk digunakan harian? Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika