Jumat, Maret 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Hawadis Peracik Mesin Balap Kondang, Nih Profil Lengkapnya

by Baghendra Lodra

Moladin  – Penggila motor balap resmi atau liar diseputaran Jakarta era 1997 hingga sekarang, pasti tidak asing dengan sosok Hawadis. Terlebih sejak jaman balap motor 2-tak atau era underbone, pria kelahiran Bangkalan, Madura ini terus menuai prestasi.

Salah satu diantara pembalap yang pernah dibikin melejit adalah Rafid Topan, rider tim Yamaha TDR Yamalube Rafid Poppy, sukses diantar alumnus Aliyah Negeri 1 Bangkalan memimpin klasemen sementara MP1 region Jawa. Itu artinya riset Hawadis di sektor mesin 4-tak terus berkembang, alias nggak mandek di mesin 2 ketuk.

Balap MotorRacikan mesin motor balapnya ditakuti mekanik mancanegara | Foto: Contributor Moladin

 

Ubahan Mesin Tak Banyak Andalkan Komponen Racing

Motor BalapSelalu berpatokan bikin mesin murah dan mudah dirawat | Foto: Contributor Moladin

Ternyata kiat Hawadis meraih sukses berkat ketekunan memahami karakter mesin di semua merek motor. Kebetulan pria yang sedikit bicara itu pernah dikontrak sama Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Sehingga tiap ubahan di mesin semua merek motor yang dilakukan, tidak banyak andalkan komponen racing yang harganya selangit.

Baca juga  Yakin Pasar Meriah, Yamaha Siapkan Aksesori Yamaha MT-15

“Sebetulnya kalau kita paham karakter mesin, untuk ubah performa mesin lebih maksimal tak harus pakai part racing mahal. Pasti ada komponen di mesin standar yang masih bisa dimaksimalkan. Salah satu contoh perkeras pegas kopling atau ganjal per klep pakai ring. Belum lagi bila pintar seting gigi sentrik. Pengapian aftermaket bisa lebih sip lagi,” tegas mekanik HDS (History Driving Speed).

 

[product product=”Honda PCX 150 All New” images=”https://cdn.moladin.com/motor/honda/Honda_PCX_150_All_New_14950_89270_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/honda/honda-pcx-150-facelift” price=”Rp. 1.214.000,-*” description=”*Angsuran mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

 

Selain paham karakter mesin, ternyata semua motor hasil karya bapak 4 anak itu di setting mudah juga murah dalam hal perawatan. Konon katanya, agar konsumen yang motornya pernah diubah tak lagi pusing atau repot bila temui kendala.

Bahkan untuk mencari komponen cadangan pun mudah di dapat dipasaran. Kini mantan mekanik pembalap ‘gaek’ Ahmad Jayadi di tim Suzuki dulu, namanya terus melesat. Terbukti order bikin motor balap resmi dari luar Jawa hingga mancanegara tidak pernah putus.

Baca juga  Wanita Harus Tahu, Kesalahan Umum saat Berkendara

Buat Moladiners yang mau berkonsultasi atau menaikan performa meisn motor kesayangannya bisa langsung datang ke HDS (History Driving Speed), Jl. Swatirta/Bhakti, No.28, RT.17/09, Tanjung Priuk, Jakarta Utara. Telepon (021)4309388 atau HP.081319792999.

Baca juga;

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika