Kamis, Maret 28, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Honda CB Electric Sedang Dipersiapkan?

by Baghendra Lodra
honda cb electric

Lini produk motor listrik pabrikan berlogo sayap sepertinya bakal bertambah. Kali ini yang sedang dipersiapkan adalah Honda CB Electric.

Informasi tersebut bocor, setelah gambar paten Honda CB dengan sumber tenaga baterai tersebar di dunia maya. Terlihat kalau sosok motor begitu mirip dengan CB125R.

Ciri-ciri yang jelas tampak adalah lampu depan bulat, suspensi upside down, serta gaya pelek Y. Benar-benar khas Neo Sports Cafe. Hanya saja area mesin tampak lebih padat, layaknya kendaraan listrik.

Motor listrik ini memiliki rangka dan desain yang sama dengan CB125R,” seperti dikutip dari media asal Cina, Chmotor.cn.

Ingin tahu lebih detail soal Honda CB Electric? Simak bahasan berikut:

Gambar Paten Honda CB Electric Cukup Unik

honda cb electric

Gambar paten ini punya desain yang sangat mirip dengan CB125R

Jika melihat dari gambar paten Honda CB Elektrik, maka terlihat jelas bahwa posisi baterai bakal berada di bagian tangki motor. Hal ini sungguh tidak lazim, karena posisinya terlalu tinggi.

Padahal motor listrik pada umumnya memiliki baterai yang terletak di bagian bawah motor atau di area mesin. Kenapa demikian? Alasan paling kuat, karena bobot baterai paling berat. Dengan diletakkan semakin dekat tanah, maka bisa mengoptimalkan center of gravity, sehingga pengendalian jadi lebih mudah.

Baca juga  5 Motor Baru di IMOS 2023, Termahal Rp 99 Jutaan!

“Ini seperti tipuan untuk menutupi bagian dalamnya, sehingga gambar paten ini terlihat seperti motor biasa,” beber media asal Eropa, Visordown.

Sampai sekarang, memang motor Honda CB Electric masih jauh dari kenyataan. Walau demikian, setidaknya kita tahu bahwa pabrikan berlogo sayap mulai menyiapkan motor listrik bergaya sport. Entah nanti bakal bernama CB atau apapun itu.

Tentu ini tetap jadi kabar gembira, terlebih karena motor listrik Honda sampai sekarang cuma PCX Electric yang bergaya skuter bongsor.

Kawasaki Juga Sedang Kembangkan Motor Sport Elektrik

kawasaki endeavor

Kawasaki sedang menggarap Endeavor sebagai motor sport full fairing bertenaga baterai

Sepertinya era motor listrik tidak bisa ditolak lagi. Mau tidak mau, suka tidak suka, inilah masa depan.

Bicara pabrikan asal Jepang, bukan cuma Honda yang sedang mengembangkan motor sport elektrik. Kalau pabrikan berlogo sayap diketahui punya rencana dengan Honda CB Electric, maka Kawasaki memiliki Endeavor EV.

Menariknya Endeavor EV milik geng hijau, bergay full fairing. Sekilas tampilan motor listrik konsep ini mirip sekali dengan Kawasaki Ninja. Hanya saja tidak ada knalpot, dan bahan bakar minyak digantikan oleh baterai sebagai sumber tenaga.

Baca juga  Hadang ZX-25R, Honda CBR250RR Terbaru Meluncur Minggu Depan!

Kehadiran Honda CB Electric dan Kawasaki Endeavor EV mungkin tidak dalam waktu dekat. Walau demikian, suatu saat pasti datang. Entah nanti nama yang dipakai apa, tapi kepastian bakal meluncur sepertinya cukup tinggi. Mari kita tunggu saja sama-sama kehadiran mereka.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika