Kamis, Maret 28, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Honda CB-F, Motor Retro Terbaru yang Meluncur Saat Korona

by Baghendra Lodra
spesifikasi honda cb-f

Spesifikasi Honda CB-F – Wabah virus korona tidak menghentikan Honda meluncurkan motor retro terbarunya, CB-F. Kuda besi ini diperkenalkan pertama kali ke dunia secara virtual lewat laman resmi Honda Jepang.

Jika melihat tampilan, aura retro Honda CB-F tampak lewat penggunaan lampu depan bulat dan lampu belakang besar berbentuk kotak. Ditambah lagi bodinya telanjang. Seolah-olah ini merupakan motor dari masa lalu.

Hanya saja kalau ditilik secara detail, ini merupakan motor retro modern. Tampilannya retro, tapi fiturnya sangat modern. Ingin tahu spesifikasi lengkap Honda CB-F? Simak bahasan berikut:

Desain Terinspirasi Honda CB750F

Honda CB750F 001

salah satu inspirasi Honda CB-F Concept adalah motor lawas, CB750F

Spesifikasi desain Honda CB-F sungguh unik. Inspirasinya datang dari motor lawas Honda CB750F lansiran 1969. Kesamaan tampak dari keseluruhan bodi, bahkan catnya. Kombinasi dasar silver dan dua aksen biru sebagai pemanis jadi ciri khasnya.

Kemudian ada lampu bulat di depan dan di belakang berbentuk kotak besar. Pelek pakai jenis palang. Perbedaan dengan Honda CB750F adalah sektor suspensi. Dulu pakai model ganda dengan tabung, kini berganti monoshock.

Baca juga  3 Kekurangan Honda Scoopy Terbaru, Cek Sebelum Beli!

Suspensi depan juga diubah, versi anyar ini menggunakan upside down. Ditambah lagi lengan ayun mengadopsi gaya satu sisi.

“Honda CB-F Concept mengambil banyak hal dari tonggak peringatan 60 tahun CB, melihat kembali sejarah seri CB dan membahas dengan seksama terkait apa yang perlu dipertahankan dan direvisi dari CB,” seperti dikutip dari laman resmi Honda Jepang.

Baca juga:

Retro tapi Punya Teknologi Modern

spesifikasi honda cb-f

Sistem pencahayaannya sudah dilengkapi full LED


Belum ada spesifikasi lengkap yang diberikan Honda terkait fitur. Meski demikian, kalau dilihat sekilas ada beberap teknologi modern tersemat di motor retro anyar pabrikan berlambang sayap tersebut.

Honda CB-F punya sistem pencahayaan LED di depan dan belakang. Lampu LED mampu memberi visibilitas berkendara lebih baik di malam hari, sekaligus meminimalkan penggunaan daya aki.

Fitur lain yang mungkin hadir, panel instrumen dengan layar TFT. Prediksi ini muncul ketika melihat panel instrumennya yang berbentuk layaknya smartphone.

Baca juga  Honda CRF250L Terbaru Meluncur 13 November 2020

Spesifikasi Mesin Empat Silinder untuk CB-F Concept

Honda CB F 005

Jantung mekanis pakai konfigurasi empat silinder 1.000 cc


Soal jantung mekanis, motor ini menggunakan kapasitas 998 cc dengan konfigurasi empat silinder. Teknologi yang tersemat di sana adalah DOHC dan berpendingin cairan.

Belum jelas soal performanya, meski demikain Honda telah memiliki motor lain dengan model seperti itu. Misalnya saja Honda CB1000R, secara spesifikasi menggendong mesin yang sama persis dengan CB-F.

Jika mengacu pada CB1000R, maka performa mesin CB-F bakal mampu menghasilkan setidaknya torsi 104 Nm pada 8.250 rpm dan tenaga 145 PS pada 10.500 rpm. Padanannya adalah sistem transmisi 6-percepatan manual.

Menarik bukan? Hanya saja ini masih motor konsep. Jadi untuk sementara masih sebatas kebutuhan pameran, belum dijual resmi ke konsumen.

Jika kamu tertarik membeli motor-motor terbaru dengan DP ringan dan berbagai promo menarik lain, langsung klik di sini!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika