by

Honda City Sedan e-HEV Semakin Dekat Indonesia

Pabrikan mobil Honda tidak mau ketinggalan momen pameran otomotif terbesar di Thailand, Bangkok International Motor Show (BIMS) 2021. Mereka membawa Honda City Sedan e-HEV untuk diperkenalkan kepada publik.

Tidak hanya mengusung tampilan yang dinamis namun sporty, tetapi Honda City sedan e-HEV ini juga hadir dengan nuansa yang sporty berkat desain barunya.

Jika melihat sekilas, memang tidak ada perbedaan antara Honda City sedan e-HEV dengan Honda City Hatchback RS yang belum lama diluncurkan di Indonesia beberapa waktu lalu. Hanya saja, bagian bagasi pada bentuk sedan lebih panjang.

Selain itu, pada bagian samping dekat kaca spion Honda menyematkan identitas City melalui emblem yang bernuansakan krom. Dengan begitu, tampilan sedan ini pun menjadi lebih elegan namun tetap sporty.

Honda City e-HEV yang ditampilkan dalam pameran Bangkok International Motor Show 2021, tidak tampil dengan varian standar. Namun, Honda Thailand menghadirkan model ini dengan bodikit modulo yang sudah dibekali dengan tambahan bodikit sporty.

Spesifikasi Honda City Sedan e-HEV

Honda City sedan e-HEV
Mobil ini dibekali dengan fitur smart hybrid

Secara garis besar, untuk Honda City e-HEV ini merupakan perpaduan teknologi konvensional dengan sistem hybrid di dalamnya. Untuk spesifikasi mesinnya, model ini hadir dengan mesin bensin Atkinson Cycle empat silinder berkapasitas 1.5 liter DOHC i-VTEC dan motor listrik.

Baca juga  Sejarah Honda Odyssey, Sudah 5 Generasi

Dari mesin tersebut, mobil ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 98 PS pada rentang 5.600 – 6.400 rpm dan torsi maksimal 127 Nm pada rentang 4.500 – 5.000 rpm. Lalu motor listriknya bisa menambahkan 109 PS pada 3.500 – 8.000 rpm dan torsi 253 Nm pada 0 – 3.000 rpm.

Kalau dipadukan kompetensi mesin dan motor listriknya, maka, tercipta performa yang sangat luar biasa untuk Honda City. Mesin hybrid tersebut dikawinkan dengan sistem transmisi E-CVT sehingga membuatnya lebih halus dalam pengoperan transmisinya.

Sementara untuk sistem hybridnya, Honda City e-HEV dibekali dengan sistem Sport Hybrid i-MMD yang menggabungkan fungsionalitas yang kuat dari dua motor listrik dengan transmisi automatic.

Honda Thailand juga mengklaim bahwa, berkat pengadopsian teknolgi pada mesin tersebut mampu memberikan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Tercatat, untuk konsumsi bahan bakarnya, mampu mencapai 27,8 Km/liter.

Honda City e-HEV ini juga sudah dibekali dengan teknologi keselamatan terkini yakni Honda Sensing. Beberapa teknologi yang dibenamkan adalah Collision Mitigation Brake System (CMBS), Adaptive Cruise Control (ACC), Road Departure Mitigation System (RDMS) yang terkoneksi dengan Lane Departure Warning (LDW), Lane Keeping Assist System (LKAS), dan Auto High Beam.

Baca juga  Bocoran Honda HR-V Terbaru, Berubah Total

Mengenai harga yang ditawarkan untuk Honda City Sedan e-HEV ini dibanderol dengan harga 839 ribu Baht atau setara dengan Rp 389 jutaan. Lalu apakah mobil hybrid tersebut bakal hadir di Indonesia?

Belum ada informasi resmi dari Honda Prospect Motor (HPM), hanya saja kehadiran Honda City Sedan e-HEV di Thailand bukanlah yang pertama di Asia Tenggara. Sebelumnya Malaysia sudah lebih dulu memiliki produk tersebut. Harusnya Indonesia jadi negara selanjutnya!

Selain menampilkan Honda City sedan e-HEV, Honda juga menampilkan beberapa model lainnya dalam bentuk standar serta bentuk modifikasi. Di antaranya adalah Honda City Hatchback, Honda City sedan Modulo, dan Honda City hatchback Modulo.

Untuk informasi otomotif terkini simak terus moladin.com

Terbaru